Sukses

Ustadz Khalid Basalamah Ungkap 5 Peristiwa Besar di Hari Jumat, Salah Satunya Kiamat

Hari jumat merupakan hari yang memiliki keistimewaan luar biasa, termasuk berbagai peristiwa besar yang terjadi di dalamnya

Liputan6.com, Jakarta - Hari Jumat disebut sebagai penghulu hari (sayyidul ayyam). Bahkan Allah SWT sangat memuliakan hari Jumat.

Kata Jumat berasal dari istilah bahasa Arab yaitu 'jum'ah' yang artinya berkumpul. Hal tersebut merujuk pada sholat Jumat yang dijalankan oleh umat Muslim pada hari jumat tersebut.

Keistimewaan hari jumat ini didasarkan pada banyaknya peristiwa besar dalam sejarah Islam yang terjadi pada hari tersebut. Mulai dari penciptaan Nabi Adam hingga terjadinya hari kiamat.

Ustadz Khalid Basalamah melalui video yang diunggah di kanal Youtube Andi W, mengatakan setidaknya ada 5 peristiwa besar yang terjadi pada hari jumat yang membuat hari tersebut istimewa. 

Lalu, apa saja peristiwa besar lainnya yang terjadi di hari jumat? Berikut ulasan selengkapnya sebagaimana dilansir dari laman merdeka.com.

 

Saksikan Video Pilihan ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Peristiwa Besar di Hari Jumat

Ustadz Khalid menjelaskan jika setidaknya ada lima peristiwa besar terjadi pada hari Jumat yang membuat hari itu menjadi istimewa. Pertama, hari Jumat ialah hari di mana Adam sebagai manusia pertama di bumi diciptakan oleh Allah SWT. Di hari yang sama juga Allah kemudian menurunkan dan mewafatkan Adam. 

"Dan pada hari Jumat itu terjadi 5 kejadian kata Nabi SAW. Yang pertama Allah menciptakan Adam (manusia pertama) pada hari itu. Kedua Allah menurunkan Adam ke dunia pada hari itu. Yang ketiga, pada hari itu (Jumat) Allah mewafatkan Adam," kata Ustadz Khalid.

Hari jumat juga disebut sebagai waktu mustajab untuk berdoa. Mengutip dari dalil yang diriwayatkan Abu Dawud, disebutkan jika di hari Jumat selama 12 jam ada satu waktu apabila seorang muslim berdoa, maka akan Allah berikan. Adapun waktunya disebut ada di penghujung hari setelah Ashar. 

"Yang keempat, pada hari itu (Jumat) tidak ada satu saat di mana seseorang berdoa kepada Allah kecuali Allah akan kabulkan selama ia tidak meminta yang haram," ungkap Ustadz Khalid.

3 dari 3 halaman

Terjadinya Kiamat pada Hari Jumat

Terjadinya kiamat memang hanya Allah SWT yang mengetahuinya. Namun, disebutkan jika kiamat kelak akan terjadi di hari Jumat. Hal itu seperti yang disampaikan juga oleh Ustadz Khalid dalam ceramahnya.

"Dan yang ke lima, pada hari itu (jumat) akan terjadi hari kiamat. Tidak ada malaikat yang dekat dengan Allah, langit, bumi, angin, gunung-gunung, lautan, bahkan seluruh makhluknya Allah kecuali mencintai hari jumat," ungkapnya

Hal ini seperti juga yang diriwayatkan dari Abu Dawud, an-Nasa'i, & Ibnu Majah, "Hari yang paling utama adalah hari Jumat. Pada hari tersebut Adam diciptakan, dicabut nyawanya, ditiup sangkakala, dan terjadi kiamat. Maka, banyaklah bershalawat kepadaku karena selawat kalian disampaikan kepadaku"

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.