Sukses

Tanpa Pakai Cuka, Ini Cara Singkirkan Bau Amis pada Ayam Kampung

Ayam kampung akan terbebas dari bau amis meski tidak memakai cuka. Ikuti caranya.

Liputan6.com, Jakarta Dengan ukuran yang lebih besar, banyak orang lebih memilih untuk menggunakan ayam kampung dari pada ayam broiler meski lebih mahal.

Meski demikian, sayangnya ayam kampung cenderung lebih bau amis. Aroma tidak sedap ini diketahui berasal dari bekas darah ayam yang sudah dipotong.

Beberapa orang akan menggunakan cuka untuk menghilangkan bau amis tersebut. Hal itu tidak salah, karena kandungan asam asetat pada cuka memang dapat mengurangi bau amis hingga 50%.

Namun, seorang pengguna TikTok @mommyandzeva memiliki cara yang lebih efektif untuk hilangkan bau amis tanpa cuka. Tidak tanggung-tanggung, bahkan ia membagikan dua cara sekaligus yang dirangkum pada Jumat (10/05/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 11 halaman

Gunakan Jeruk Nipis dan Garam

Jadi, cara pertama adalah dengan jeruk nipis dan garam. Peraskan tiga buah jeruk nipis dan tambahkan satu sendok teh garam pada satu ekor ayam yang sudah dicuci bersih dan dipotong-potong. Aduk-aduk dengan tangan agar kedua bahan ini tercampur dengan ayam.

3 dari 11 halaman

Bilas dengan Air Bersih

Setelah ayam sudah tercampur rata dengan garam dan perasan jeruk nipis, diamkan sejenak selama satu menit. Sesudah itu, bilas ayam dengan air bersih dan ayam kampung sudah siap untuk diolah. Cara ini cocok untuk ayam goreng atau diolah jadi sop.

4 dari 11 halaman

Blansir Ayam Kampung

Cara kedua yang digunakan di sini adalah dengan memblansir ayam kampung. Jadi, potongan-potongan ayam kampung yang sudah dicuci bersih bisa langsung direbus selama tiga sampai empat menit.

5 dari 11 halaman

Bersihkan Ayam Kampung

Setelah direbus selama tiga sampai empat menit, buang air rebusan dan tiriskan ayam. Cuci bersih lagi potongan ayam kampung tersebut dengan air. Teknik memblansir ini cocok apabila ayam kampung dibuat untuk sop.

6 dari 11 halaman

Beberapa Pertanyaan Warganet Seputar Ayam Kampung

7 dari 11 halaman

Kenapa Ayam Kampung Bau Amis?

Seringkali, daging ayam dapat memiliki aroma amis yang tidak sedap akibat sisa darah dan kotoran yang masih menempel padanya. Aroma tersebut dapat mengganggu kenikmatan saat menyantapnya dan mereduksi cita rasanya.

8 dari 11 halaman

Ayam Biar Tidak Amis Dikasih Apa?

Oleskan campuran tepung terigu dan garam secukupnya ke seluruh bagian daging ayam. Proses ini bertujuan untuk mengurangi bau tidak sedap yang mungkin terdapat pada daging ayam, seperti yang disebutkan dalam laporan dari stale.ru bahwa tepung memiliki kemampuan menyerap aroma tidak sedap dari daging ayam.

9 dari 11 halaman

Apakah Kunyit Bisa Menghilangkan Bau Amis pada Ayam?

Kunir, yang sering kali disebut kunyit, merupakan salah satu jenis tumbuhan herbal yang telah lama digunakan sebagai obat tradisional. Selain dapat mengurangi bau amis pada daging ayam, kunir juga memiliki beragam manfaat kesehatan lainnya.

10 dari 11 halaman

Apakah Garam Bisa Menghilangkan Bau Amis pada Ayam?

Cara termudah untuk mengurangi aroma amis pada ayam adalah dengan menggunakan garam. Cukup taburkan garam pada ayam, tetapi pastikan untuk tidak meninggalkannya terlalu lama karena dapat membuat rasanya menjadi terlalu asin.

11 dari 11 halaman

Benarkah Bawang Putih Efektif untuk Hilangkan Bau Amis pada Ayam?

Apabila aroma jeruk nipis kurang Anda sukai, Anda bisa menggantinya dengan bawang putih yang telah dihaluskan. Oleskan secara merata ke seluruh bagian daging ayam yang hendak dimasak.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.