Sukses

Hanya Setengah Jam, Ini Cara Cepat Rebus Ayam Kampung Tanpa Presto

Dengan cara ini, ayam kampung bisa direbus sampai empuk hanya dalam 30 menit. Ini caranya.

Liputan6.com, Jakarta Daging ayam kampung dinilai lebih gurih dengan ukuran yang lebih besar, membuatnya lebih unggul dari ayam broiler.

Jika diracik dengan berbagai bumbu dan rempah, ayam kampung bisa dijadikan berbagai hidangan lezat seperti opor, gulai hingga sup.

Namun, sayangnya membuat ayam kampung agar empuk tidaklah mudah. Jika direbus pun akan memakan waktu hingga berjam-jam. Karena itulah orang-orang memilih untuk menggunakan alat presto agar ayam kampung bisa lebih cepat empuk.

Meski demikian, ada tutorial yang dibagikan oleh warganet TikTok @dapuratin1 agar ayam kampung cepat empuk dalam setengah jam tanpa alat presto.

Dirangkum pada Rabu (10/04/2024), berikut adalah caranya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 10 halaman

Rebus Ayam Kampung Dengan Soda Kue

Alih-alih menggunakan panci presto, TikToker satu ini justru menggunakan baking soda untuk mengempukkan ayam kampung. Baking soda sendiri memang dapat memecah protein yang dapat membuat daging ayam jadi lebih empuk.

Jadi saat sedang merebus ayam kampung, tambahkan baking soda sekitar 25-30 ml. Setelah itu, tutup panci untuk melanjutkan merebus ayam kampung selama 30 menit.

3 dari 10 halaman

Gunakan Ayam Kampung yang Masih Muda

Ayam kampung yang masih muda cenderung memiliki daging yang kenyal dan empuk. Sedangkan daging ayam kampung tua cenderung lebih alot meskipun lebih besar, sehingga akan memakan waktu lebih lama saat direbus.

4 dari 10 halaman

Tumis Bumbu Sampai Wangi

Setelah direbus selama 30 menit, proses memasak olahan ayam kampung bisa dilanjutkan. Pada contoh kali ini, pemilik akun TikTok @dapuratin1 ini sedang memasak ayam opor.

Jadi, ia menumis bumbu halus untuk opor ayam sampai benar-benar wangi seperti bawang putih, bombay, kemiri, jahe, kunyit, kencur dan ketumbar.

 

5 dari 10 halaman

Masukkan Bumbu ke dalam Rebusan

Selanjutnya, masukkan bumbu yang sudah ditumis tadi ke dalam rebusan lalu aduk sampai merata. Agar semakin nikmat, jangan lupa tambahkan garam dan penyedap rasa.

Cicip sedikit rasa opor. Jika sudah pas, maka kompor bisa dimatikan dan opor bisa langsung diangkat dan disajikan.

6 dari 10 halaman

Berapa Lama Merebus Ayam Kampung?

Menurut Guntur, kepala koki Favehotel ITC Glodok, ayam kampung butuh waktu berjam-jam dalam proses memasaknya agar teksturnya yang keras dapat hilang saat disantap. Berbeda dengan ayam broiler yang hanya perlu waktu kurang dari satu jam untuk dimasak. Menurutnya, minimal ayam kampung harus direbus selama 8-12 jam.

7 dari 10 halaman

Apakah Daging Ayam Kampung Alot?

Beberapa faktor mempengaruhi tekstur daging ayam kampung, seperti usia dan jenis kelamin. Daging ayam kampung yang lebih tua cenderung lebih kenyal daripada yang lebih muda. Biasanya, ayam jantan memiliki tekstur daging yang lebih kenyal dibandingkan ayam betina.

8 dari 10 halaman

Apakah Daging Ayam Kampung Tidak Mudah Hancur Saat Diolah?

Saat diproses, daging itu tidak mudah rusak. Isinya termasuk asam amino (19,96% esensial dan 21,88% non-esensial) serta 19 variasi protein.

9 dari 10 halaman

Apakah Baking Powder Bisa Melembutkan Daging Ayam?

Untuk membuat tekstur ayam lebih lembut, dapat ditambahkan baking powder atau sedikit parutan nanas pada campuran bumbu rendaman. Ingatlah, saat proses pemanggangan, ayam perlu diolesi dengan kecap manis yang sudah diberi tambahan bumbu ungkep atau rendaman agar cita rasa bumbunya semakin kaya.

10 dari 10 halaman

Kenapa Daging Ayam Bisa Alot?

Memanaskan dalam waktu yang berlebihan atau menggunakan suhu pemasakan yang terlalu tinggi dapat mengakibatkan pengerasan pada protein yang terdapat dalam daging, menyebabkannya menjadi keras. Sehingga seringkali, saat memasak daging ayam dengan merebus dalam waktu yang terlalu lama, kita akan merasakan teksturnya sangat kaku.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.