Sukses

Jadi Imam Salat Sebelum Bertanding, Rizky Ridho Disebut Pantas Jadi Kapten Timnas Indonesia di Piala Asia U-23

Rizky Ridho menjadi imam salat berjamaah dengan rekan satu timnya Muhammad Ferrari. Keduanya memakai jaket Timnas Indonesia berwarna merah

Liputan6.com, Jakarta - Tim nasional (timnas) Indonesia harus mengakui keunggulan timnas Uzbekistan di semi final Piala Asia U-23 2024 di Qatar, Senin, 29 April 2024. Meski kalah, prestasi Timnas Indonesia U-23 yang dikapteni Rizky Ridho bisa mencapai semi final banyak mendapat pujian.

Sebelum turnamen berlangsung, mereka hanya ditargetkan bisa lolos babak penyisihan grup,. Tapi setelah melalui perjuangan panjang dan berliku, timnas Indonesia mampu lolos sampai semi final. Di babak penyisihan grup, Indonesia sempat kalah dari tuan rumah Qatar dengan skor 0-2. Tapi kemudian bangkit dengan mengalahkan Australia 1-0 dan Yordania 4-1 sehingga sukses melaju ke babak perempat final.

Pada Jumat, 26 April 2024 waktu Indonesia, timnas berhasil mengalahkan Korea Selatan dengan skor 11-10 lewat adu penalti setelah skor imbang 2-2 dalam laga 90 menit dan perpanjangan waktu 30 menit. Selain kerja keras, doa yang dipanjatkan sebelum pertandingan seakan ikut menjadi penentu kemenangan.

Pasalnya, dalam sebuah video yang viral di media sosial, beberapa anggota Timnas Indonesia terlihat menyempatkan diri untuk salat, bahkan mereka disebut melakukannya secara berjamaah sebelum pertandingan.  Informasi itu diketahui dari unggahan di akun Twitter atau X @KabarMuh_ID.

Dalam video singkat di akun tersebut, terlihat Rizky Ridho menjadi imam salat berjamaah dengan rekan satu timnya di barisan pertahanan yaitu Muhammad Ferrari di depan pintu ruang konferesi pers. Keduanya tampak begitu khusyuk meski salat di tempat seadanya. Mereka memadukan jaket Timnas Indonesia berwarna merah dengan sarung dan celana panjang warna hitam.

"Punggawa Timnas U-23 ini Ternyata Warga Muhammadiyah. Siapa saja mereka? Rizky Ridho dan Muh. Ferrari. Ridho, mahasiswa UM Surabaya. Sebelum pertandingan Piala Asia U-23 mereka menyempatkan salat. Ridho jadi imam, Ferrari makmum," tulis akun tersebut dikutip Senin, 29 April 2024.

Bukan cuma Rizky dan Ferrari, Witan Sulaeman juga melakukan hal yang sama di tempat yang berbeda. Witan terlihat salat di sebuah ruangan dengan alas putih dan juga sarung.

Unggahan itu mendapatkan sorotan hingga pujian dari warganet. Sampai berita ini ditulis, unggahan tersebut sudah dilihat lebih dari 599 ribu kali dan disukai lebih dari 3,2 ribu kali.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Gawang Timnas Susah Dibobol Berkat Rizky Ridho

"Terlihat dari perangainya di lapangan, seringkali tersorot kamera saat Ridho minum air dia minum sambil berlutut. Contoh bagus buat anak² muda," komentar seorang warganet.

"Di tayangan pertandingan sering liat Ridho kalau minum sambil mendudukkan diri. Mungkin memang mengamalkan value islami yang dia pegang. Top ini," sebut warganet lain.

"Pantas susah dibobol, dua bek timnas ini ada malaikat yang menjaga dari belakang," kata warganet lain.

"Klo di Qatar harusnya ga susah cari tempat sholat ya meski di stadion pun," tambah warganet yang lain.

"Alhamdulillah semoga Istiqomah kalau sudah jaya. Nasehat untuk kita semua khususnya sayah;  dimana pun atau apapun kondisinya sholat itu wajib dan nomor satu. Barakallahufik," ujar warganet lainnya.

Rizky Ridho merupakan pemain sepak bola profesional Indonesia yang bermain sebagai bek tengah untuk klub Liga 1, Persija Jakarta, dan Timnas Indonesia. Saat ini dia merupakan salah satu pemain andalan Timnas, baik di kelompok umur maupun tim senior.

Selain memiliki kepribadian yang disiplin dan lugas, dia juga dapat memimpin timnya dengan sangat baik, terutama dalam Piala Asia U-23 yang ada di depan mata ini. Tak hanya kokoh dalam bertahan, dia juga dapat memberikan kontribusi signifikan dalam upaya timnas mencetak gol.

3 dari 4 halaman

Rizky Ridho di Surabaya

Melansir kanal Citizen6 Liputan6.com, 25 April 2024, pemilik nama lengkap Rizky Ridho Ramadhani ini lahir di Surabaya pada 21 November 2001 dan memiliki zodiak Scorpio. Ia memiliki tinggi 183 cm dengan berat 59 kg. Pria dengan nomor punggung 5 di Timnas ini berasal dari Surabaya, tepatnya daerah Gunung Kramat, Kelurahan Putat, Kecamatan Sawahan.

Selain itu, Rizky tercatat sebagai mahasiswa di salah satu kampus di Surabaya, yaitu Universitas Muhammadiyah Surabaya jurusan Manajemen dan terdaftar sebagai penerima beasiswa jalur atlet.

Ketika Rizky Ridho dkk berhasil menjuarai sepak bola SEA Games pada 2023 lalu, sang ayah yang bernama Sutoyo merayakan kemenangan tersebut dengan mengibarkan bendera dan dipasang di atap rumahnya. Saat ini dia memiliki akun Instagram dengan nama @rizkyridhoramadhani dan telah memiliki 1,4 juta pengikut.

Selama kariernya bersama tim senior Persebaya, Rizky Ridho berhasil tampil dalam 38 pertandingan dan mencetak 3 gol hingga musim akhir 2022-2023.Perjalanan kariernya di tim kebanggan masyarakat Surabaya itu harus berakhir tatkala pada April 2023 lalu dia menandatangani kontrak dengan Persija Jakarta. Dia pun resmi hijrah dan akan bersama Persija hingga 2026 mendatang.

Ridho juga mendapat kesempatan untuk bergabung dengan Timnas Indonesia U-23 ini sejak tahun 2021. Kemudian dia mendapat panggilan untuk bergabung dengan Timnas senior pada Mei 2021.

4 dari 4 halaman

Rizky Ridho dan Vespa

Selain berprestasi di lapangan hijau, Ridho juga ternyata hobi otomotif, dan memilih skuter asal Italia, Vespa sebagai tunggangannya. Pemilik nomor punggung 5 di Timnas Indonesia ini, memilih Vespa Primavera 150ie 3V untuk dimodifkkasi.

Tentunya selain menjaga integritas dan kesuksesan dari dirinya dan timnya yang luar biasa di lapangan, pemain yang bertugas menjaga sisi pertahanan timnas Indonesia ini juga selalu ingin menjaga kondisi kuda besinya untuk tetap stabil dan merawatnya dengan baik.  Ridho mempercayakan kendaraan kesayangannya tersebut untuk diservis di bengkel Scooter VIP Surabaya.

Radyan Mahandya Putra, punggawa Scooter VIP mengatakan bahwa bengkelnya telah menjadi langganan Rizky Ridho sejak tahun lalu. "Kebetulan beliau sudah upgrade khusunya di bagian CVT itu ada bagian belt, itu menggunakan belt Polini yang berbahan kevlar dan menggunakan kampas rem depan Polini dan kampas rem belakang Polini agar pakem," jelasnya dalam keterangan resmi, Selasa, 24 April 2024, mengutip kanal Otomotif Liputan6.com.

Vespa Primavera milik Rizky Ridho biasanya sering digunakan untuk berkegiatan sang pemain selama di Surabaya. "Memang beliau punya niatan untuk mengupgrade lagi di bagian CVT. dan kita akan coba untuk memodifikasinya," pungkasnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.