Sukses

Apakah Ada Sabun Mandi Khusus Pria? Ini Bedanya dan Cara Memilihnya

Sabun mandi khusus pria diformulasikan dengan aroma lebih maskulin daripada sabun mandi biasa. Berikut perbedaan sabun mandi khusus pria dan cara untuk memilihnya.

Liputan6.com, Malang Biasanya pria cenderung lebih banyak bergerak dalam aktivitasnya sehari-hari yang menyebabkan tubuhnya lebih banyak berkeringat. Keringat yang berlebih, dapat menyebabkan munculnya jerawat badan, bau badan, hingga biang keringat. Salah satu cara untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan mandi menggunakan sabun mandi yang tepat.

Bagi pria yang banyak beraktivitas, disarankan untuk memakai sabun mandi khusus pria dengan kandungan yang sesuai. Sabun mandi pria biasanya memiliki aroma yang lebih maskulin dan kandungan tambahan untuk mengurangi bau badan. Namun, sebelum membeli sabun mandi pria, perhatikan hal-hal berikut agar tidak salah pilih, karena kandungan dalam sabun mandi pria berbeda-beda pada setiap produk.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 11 halaman

Untuk Kulit Kering, Pilih Sabun Mandi yang Mengandung Pelembab

Meskipun sabun mandi dengan surfaktan dapat membersihkan kulit, namun bisa membuatnya lebih kering. Jika kulit Anda cenderung sangat kering, lebih baik menggunakan sabun dengan pelembab oklusif.

Di bawah ini adalah beberapa bahan yang biasanya terdapat dalam sabun mandi pria yang sesuai dengan jenis kulit tertentu:

Kulit Kering

Lebih baik menggunakan pelembab humektan seperti gliserin atau asam hialuronat untuk menarik kelembaban dari sekitar kulit.

Kulit Kering atau Sensitif

Sebaiknya pilih pelembab emolien atau yang memperbaiki penghalang kulit seperti yang mengandung ceramide, untuk melindungi kulit dari iritasi lingkungan.

3 dari 11 halaman

Jika Memiliki kulit kusam, Gunakan Sabun Manndi dengan Eksfoliating Agent atau Scrub

Untuk kulit yang normal, gunakan eksfoliator kimia seperti AHA (asam glikolat, asam sitrat, asam malat, dan asam mandelat), BHA (asam salisilat), atau PHA (asam laktobionik, glukonolakton).

Sementara itu, bagi kulit sensitif, lebih baik menggunakan metode eksfoliasi fisik seperti scrub. Selain itu, perhatikan juga kandungan agen pencerah seperti niacinamide atau ekstrak licorice untuk mendapatkan kulit yang cerah dan sehat.

4 dari 11 halaman

Gunakan Sabun Mandi dengan Kandungan Ini Jika Memiliki Jerawat Badan

Bahan-bahan seperti AHA, asam salisilat, belerang, allantoin, arang, dan mentol dapat mengurangi keratinisasi, menghambat pertumbuhan bakteri, dan meredakan peradangan jerawat badan.

Berikut adalah manfaat dari bahan-bahan yang terdapat dalam sabun mandi pria.

Bahan antibakteri:

  • Sulfur
  • Benzoyl peroxide

Untuk mengurangi peradangan dan keratinisasi:

  • Salicylic acid: Mengurangi peradangan dan keratinisasi
  • Minyak pohon teh (Melaleuca alternifolia leaf oil): Alami antibakteri dan anti peradangan
  • Lidah buaya: Menenangkan dan meredakan peradangan jerawat
5 dari 11 halaman

Pilih Sabun dengan Kandungan Antiseptik untuk Mengatasi Bau Badan

Jika mengalami bau badan, gunakan sabun dengan kandungan antiseptik untuk membasmi bakteri penyebab bau. Namun, jika kulit Anda kering, aplikasikan sabun antiseptik hanya di area ketiak.

6 dari 11 halaman

Jika Kulit Sensitif Pilih Sabun Mandi dengan Kandungan Soothing Agent

Bagi Anda yang memiliki kulit sensitif, pilihlah sabun mandi yang mengandung soothing agent untuk menenangkan kulit. Hindari sabun dengan kandungan pewangi, mentol, dan propylene glycol yang dapat menyebabkan iritasi.

7 dari 11 halaman

Apa Fungsi dari Sabun Mandi?

Pastikan sabun mandi Anda bisa membersihkan debu, keringat, kotoran, sebum, dan polusi secara menyeluruh.

 

 

8 dari 11 halaman

Apakah Sabun Lifebuoy Bisa untuk Kulit Kering?

Anda bisa memperbaiki kulit kering dengan menggunakan sabun mandi Lifebuoy Mild Care yang mengandung susu dan oat alami untuk menjaga kelembutan kulit Anda.

9 dari 11 halaman

Apa Manfaat Sabun Asepso?

Asepso adalah sabun antiseptik dengan herbal untuk mengurangi biang keringat dan membersihkan kulit dari kuman penyakit kulit.

10 dari 11 halaman

Apakah Sabun Anti Bakteri Bisa Menghilangkan Bau Badan?

Ketika tubuh berkeringat, bau badan bisa muncul karena pertumbuhan bakteri. Mandi rutin dengan sabun antibakteri dapat mengatasi masalah tersebut.

11 dari 11 halaman

Apakah Sabun Mandi Khusus Pria Ada?

Sabun mandi khusus pria biasanya memiliki bau yang cenderung maskulin dan memiliki kandungan tambahan untuk menghilangkan bau badan dan mengurangi keringat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini