Sukses

Sering Merasa Minder? 4 Cara Ini Dapat Bantu Kamu Tingkatkan Rasa Percaya Diri

Seseorang yang berusaha meningkatkan rasa percaya diri itu sama seperti tengah mengakui kelebihan, menerima kekurangan, dan menghargai segala keunikan yang ada pada diri sendiri.

Liputan6.com, Jakarta Kalau diibaratkan, usaha seseorang untuk tingkatkan rasa percaya diri sama halnya dengan menyusun puzzle. Ada kalanya kita merasa bagian-bagian itu pas dan keseluruhan gambarnya terlihat dengan jelas. Tetapi, ada juga saat-saat di mana kita merasa seperti kehilangan kepingan-kepingan yang penting. 

Nah, dalam hidup, kepingan-kepingan yang hilang itu perlu dirangkai dengan tenang dan penuh keyakinan agar mendapatkan hasil yang sempurna. Apabila seseorang berusaha untuk tingkatkan rasa percaya diri, maka sama saja seperti mengakui kelebihan, menerima kekurangan, dan menghargai segala keunikan yang ada pada diri sendiri. 

Kepercayaan diri yang berhasil dibangun akan membuat hidup terasa lebih ringan dan memancarkan aura positif ketika berinteraksi dengan orang lain. Dilansir dari laman lifehack, lakukan 4 langkah ini untuk tingkatkan rasa percaya diri.

1. Cari Tahu Akar Penyebabnya

Kurang percaya diri dapat mempengaruhi berbagai aspek kehidupan, mulai dari hubungan interpersonal hingga karier profesional. Untuk mengatasi rasa kurang percaya diri, coba cari tau hal-hal apa saja yang menyebabkan kepercayaan diri itu hilang.

Mungkin salah satu penyebab kurangnya percaya diri adalah pengalaman masa lalu yang traumatis, seperti pengalaman bullying, kegagalan, atau perlakuan tidak adil. Oleh karena itu, kamu perlu membangun pola pikir positif dan terbiasa untuk tidak membandingkan diri dengan orang lain agar kepercayaan diri meningkat.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Kenali Diri Sendiri

Untuk membangun rasa percaya diri, mulailah untuk menerima fakta bahwa setiap orang memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing. Daripada terus menerus menyalahkan diri sendiri ketika memiliki suatu kekurangan atau melakukan sebuah kesalahan, lebih baik fokus untuk mengembangkan kemampuan yang dimiliki.

Misalnya, saat berhasil menjuarai suatu kompetisi, usahakan untuk memberi penghargaan dan pujian untuk diri sendiri atas segala usaha yang telah dilakukan. Tak disangka, hal-hal sekecil itu justru dapat membantu meningkatkan rasa percaya diri.

3. Rajin Berpose

Mungkin kedengarannya cukup aneh. Tapi siapa sangka kalau berpose di depan kamera dapat meningkatkan kepercayaan diri. Saat kita berpose, tubuh secara nggak langsung akan mengeluarkan hormon testosteron dan kortisol yang dapat meningkatkan rasa percaya diri. Selain itu, ketika berpose tak jarang seseorang  juga berganti gaya untuk memperbaiki postur tubuh yang pas. Nah, hal-hal semacam itu yang akan berdampak pada peningkatan rasa percaya diri.

3 dari 3 halaman

4. Berani Untuk Berkata “Tidak”

Ketika seseorang berani untuk berkata “tidak”, itu artinya ia memiliki keberanian untuk menetapkan kendali dan batasan agar tidak mudah dipengaruhi orang lain. Dengan berani mengatakan “tidak” secara lantang dan tegas, sama saja seperti ia percaya diri dengan segala hal yang dilakukan. Jadi, secara nggak langsung kamu telah menetapkan standar yang dapat memperkuat rasa percaya diri.

Nah, jadi bagi kamu yang masih sering ngerasa minder, nggak perlu khawatir karena sejumlah langkah di atas bisa bantu kamu untuk tingkatkan rasa percaya diri. Dengan mengenali kekuatan dan kelebihan, merawat diri dengan baik, dan mengelilingi diri dengan dukungan positif, kamu bisa meningkatkan rasa percaya diri secara signifikan. Teruslah berusaha dan jangan ragu untuk mencari bantuan jika diperlukan.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini