Sukses

Cara Ampuh Konsumsi Opor Ayam yang Hampir Basi Agar Tetap Aman, Cukup Tambah 1 Bahan

Opor ayam yang hampir basi akan tetap aman dikonsumsi jika ditambah 1 bahan ini. Simak caranya.

Liputan6.com, Jakarta Dari berbagai jenis olahan ayam, opor ayam merupakan salah satu yang paling lezat. Campuran bumbu dan rempah opor ayam benar-benar sangat menggugah selera.

Sayangnya opor ayam hanya bisa bertahan semalaman jika dibiarkan dalam panci dengan keadaan tertutup. Jika disimpan di kulkas, opor ayam hanya bertahan selama 3 hari saja.

Namun jika opor ayam sudah mengeluarkan tanda-tanda akan basi, jangan langsung dibuang. Sebaiknya lakukan cara yang dibagikan oleh seorang warganet Instagram dengan akun Instagram/@amihandmade.

Ia bahkan hanya menggunakan 1 bahan saja, tapi opor ayam yang hampir basi tadi bisa tetap aman digunakan. Temukan bahan yang digunakan tersebut pada ulasan berikut yang dirangkum pada Rabu (17/04/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 10 halaman

Siapkan 3 Siung Bawang Putih

Satu-satunya bahan yang diperlukan di sini adalah bawang putih. Cukup siapkan 3 siung bawang putih saja.

Bawang putih diketahui dapat berperan sebagai antimikroba berkat kandungan senyawa alisin dan ajoene. Senyawa antimikroba itulah yang menghambat pertumbuhan bakteri dan virus, sehingga dapat membuat opor ayam tidak cepat basi.

3 dari 10 halaman

Geprek Bawang Putih

Langkah selanjutnya, kupas 3 siung bawang putih tadi lalu letakkan di atas cobek atau talenan. Geprek ketiga bawang putih tersebut sampai hancur. Perlu diingat, bawang putih cukup digeprek saja, tidak perlu diulek sampai benar-benar halus.

4 dari 10 halaman

Masukkan Bawang Putih ke dalam Opor Ayam

Setelah itu, langsung masukkan ketiga bawang putih yang sudah digeprek tadi ke dalam opor ayam yang hampir basi. Nyalakan kompor untuk memasak opor ayam kembali.

5 dari 10 halaman

Aduk Opor Ayam

Jika kompor sudah dinyalakan, aduk-aduk opor ayam agar ekstrak bawang putih yang mengandung senyawa antimikroba bisa menyebar ke seluruh opor ayam. Jika dirasa sudah cukup panas, segera matikan kompor dan opor ayam sudah aman untuk dikonsumsi.

Cara ini juga bisa ditetapkan ke makanan berkuah lain seperti gulai atau soto.

6 dari 10 halaman

Apakah Bawang Putih Bisa Mengawetkan Makanan?

Menurut penelitian oleh Soeid (2012) yang dikutip oleh Hendra (2017), bawang putih bisa dipakai untuk mempertahankan kesegaran beberapa jenis makanan, seperti tahu putih dan kuning, mie basah, serta ikan segar.

7 dari 10 halaman

Apakah Opor Ayam Cepat Basi?

Kita memiliki kepedulian utama untuk menjaga kualitas dan kelezatan hidangan tersebut agar tetap prima dalam beberapa hari ke depan. Tanpa perlakuan khusus, opor ayam dapat menjadi basi dengan cepat, suatu situasi yang patut dihindari.

8 dari 10 halaman

Apakah Boleh Opor Ayam Dihangatkan?

Menghangatkan kembali opor ayam dan rendang sisa lebaran berulang kali ternyata dapat menimbulkan risiko bagi kesehatan tubuh. Mengolah makanan bersantan secara berulang kali dapat mengakibatkan perubahan menjadi lemak jenuh.

9 dari 10 halaman

Opor Ayam Bisa Bertahan Berapa Lama?

Setelah mencapai titik didih, angkat tutup panci dan biarkan hingga uap panas menguap. Hindari mengaduk opor ayam pada saat ini. Tutup kembali panci dan biarkan opor ayam tersebut terus menyerap bumbu agar bisa awet semalaman hingga esok pagi.

10 dari 10 halaman

Apa Manfaat dari Opor Ayam?

Kalsium yang terdapat dalam opor ayam bermanfaat untuk memperkuat struktur tulang. Walaupun tidak sebaik susu, opor ayam dapat dijadikan alternatif yang lezat untuk menjaga kesehatan tulang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.