Sukses

Jangan Cuma Rendang dan Opor Ayam, Tambah Sayur dan Buah Biar Kolesterol Enggak Naik

Rendang dan opor ayam Lebaran masih ada? Jangan cuma makan itu ya, pastikan juga makan buah dan sayur biar tetap sehat.

Liputan6.com, Jakarta Dokter spesialis penyakit dalam konsultan Profesor Ari Fahrial Syam mengingatkan untuk makan sayur dan buah juga selain menu-menu khas Lebaran seperti rendang dan opor ayam.

"Di satu sisi saya ingatkan harus tetap mengonsumsi sayur dan buah karena ini bisa mengurangi penyerapan kolesterol di usus halus, selain itu serat dari sayur dan buah ini bisa membuat buang air besar lancar,” kata Ari mengutip Antara.

Selain itu, Ari juga mengingatkan masyarakat dengan penyakit kronis seperti hipertensi, diabetes, asam urat, kolesterol, dan mag untuk untuk pandai memilih makanan yang dihidangkan saat Lebaran.

Guru Besar Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia ini juga mengingatkan jangan mengonsumsi makanan secara berlebihan dan menghindari makanan yang terlalu asin.

Upaya di atas dilakukan untuk mencegah kekambuhan penyakit kronis yang rentan datang di minggu-minggu pertama Lebaran. Biasanya kekambuhan muncul karena makan berlebihan dan tidak teratur.

Kelelahan Saat Lebaran Bikin Rentan Kena Penyakit Infeksi

Ari juga mengungkapkan bahwa penyakit lain yang juga bisa timbul saat Lebaran adalah penyakit infeksi karena kelelahan dan daya tahan tubuh yang menurun saat harus beraktivitas, bersilaturahmi atau berekreasi saat libur Lebaran.

Penyakit infeksi tersebut antara lain infeksi saluran pernapasan atas dan infeksi demam berdarah.

Daya tahan tubuh yang menurun juga dapat menimbulkan kecelakaan yang tidak diinginkan saat melakukan perjalanan mudik.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tetap Olahraga

Untuk mencegah daya tahan tubuh menurun, Ari mengingatkan untuk tetap melakukan aktivitas fisik seperti berolahraga dan rutin mengonsumsi air putih untuk mencukupi cairan tubuh.

“Lebaran mestinya lebih bebas melakukan olahraga karena tidak berpuasa. jadi kalau banyak keringat bisa langsung konsumsi air, di masa Lebaran nanti kebetulan juga libur tapi tetap lakukan olahraga,” kata Ari mengingatkan.

 

3 dari 3 halaman

Lakukan Olahraga yang Disukai

Berolahraga minimal 3 kali seminggu dengan durasi 30 -60 menit. Olahraga yang dilakukan Bisa jalan cepat, sepeda, berenang, yoga.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.