Sukses

Hidangan Open House Jokowi di Istana Negara, dari Opor Ayam sampai Jajanan Pasar

Erina Gudono merekam sebagian hidangan lebaran yang disajikan di Istana Negara. Kita bisa melihat beberapa sajian hidangan yang sangat identik di momen lebaran.

Liputan6.com, Jakarta - Acara open house Idulfitri 1445 Hijriah yang digelar Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf bagi masyarakat umum memang sudah berlalu. Namun masih ada berbagai topik menarik dalam acara yang berlangsung di Istana Negara, Jakarta Pusat, Rabu 10 April 2024 itu.

Ada yang ingin diketahui publik dari momen open house tersebut, seperti soal sajian atau makanan apa yang disiapkan pihak Istana Negara bagi yang datang ke acara tersebut. Rasa penasaran itu akhirnya terjawab lewat unggahan menantu Jokowi dan istri dari Kaesang Pangarep, Erina Gudono lewat unggahan di akun Tiktok pribadinya.

Selain menampilkan persiapan hari-h di Hari Raya Iduldfitri, ia juga merekam sebagian hidangan lebaran yang disajikan di istana. Kita bisa melihat beberapa sajian hidangan yang sangat identik di momen lebaran.

Awalnya, Erina menyorot kue dengan hiasan Idulfitri dengan berbagai ornamen ramai seperti jalan layang untuk mudik, hingga penunjuk arah jalan. Setalah itu, ia menyoroti berbagai hidangan berat yang disajikan, seperti lontong opor, opor ayam, sambal goreng, rendang, sampai telur balado.

Selain itu ada juga aneka kue jajanan pasar seperti pastel, bolu kukus dan onde-onde. Ada pula beberapa kue kering yang tersimpan rapat di beberapa stoples.

"Selamat hari raya idul fitri," tulis Erina dalam unggahannya pada Kamis, 11 April 2024. Unggahan video itu menarik banyak perhatian warganet untuk berkomentar.  Baru sehari dibagikan, unggahan itu sudah dilihat lebih dari 723 ribu kali dan disukai lebih dari 76 ribu kali.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tetap Ada Ketupat Lebaran

"Pengen banget datang ikut open house di Istana Negara," komentar seorang warganet.

"Makanannya ternyata gak beda jauh sama kita, ada ketupat sm kue lebaran," kata warganet lain.

"Menunya lengkap bgt, jadi mau coba semua hehehe,” tulis warganet lainnya.

"Mbak erina cantik bgt anggun, mirip ibu iriana 🥰,” ujar warganet lainnya mengomentari penampilan Erina.

Sebelumya, Erina menjalankan salat Id di Masjid Istiqlal Jakarta, Rabu. Ia dan Iriana Jokowi kompak bermukena putih dengan aksen renda di bagian dada. Di sela kegiatan di Masjid Istiqlal Jakarta, wanita 27 tahun itu selfie bareng Ibu Negara. Selain itu, Nyonya Kaesang Pangarep juga selfie bareng mertua di sela perayaan Lebaran 2024.

Diunggah bareng sejumlah foto dan video perayaan Idulfitri di Istana Negara, potret langka Iriana Jokowi bareng Erina Gudono menyita perhatian warganet. Keduanya disebut mirip. "Selamat Hari Raya Idul Fitri. Mohon maaf lahir dan batin. Selamat berkumpul dengan keluarga semua ya," tulis Erina lalu menyematkan emotikon tangan menjura dan hati putih.

 

3 dari 4 halaman

Erina-Kaesang Buka Puasa Bersama Anak Yatim

Unggahan di akun Instagram terverifikasi ini panen pujian warganet. Selain mengucap Selamat Hari Raya Idulfitri, sejumlah warganet menyebut Erina dan Iriana sekilas mirip. “Sekilas senyum Mbak Erina dan Ibu Iriana mirip. Cantik lintas generasi,” kata seorang warganet.

Ada pula beberapa warganet yang malah mempertanyakan mengapa Kaesang dan Erina tak larut dalam tren mode baju shimmer untuk merayakan Lebaran tahun ini.

Beberapa hari sebelum lebaran, Erina mengunggah kebersamaan dirinya dengan Kaesang Pangarep saat berbuka puasa bersama dengan anak panti asuhan di Jakarta. Pasangan itu nampak serasi dengan sama-sama mengenakan pakaian berwarna soft.

Dilihat dari unggahan Erina di Instagram, ia terlihat anggun dan cantik memakai setelan gamis soft pink lengkap dengan selendang untuk sesekali menutupi rambutnya. Sedangkan, Kaesang mengenakan kemeja cokelat muda dan peci hitam. Tak hanya buka puasa bersama, Erina dan Kaesang juga mengajak anak-anak yatim piatu bermain di sebuah playground untuk mencoba aneka permainan.

4 dari 4 halaman

Kaesang Disebut Sudah Pantas Jadi Bapak

"Bermain di playground & buka bersama adik-adik Panti Asuhan Yatim & Dhuafa Cipete di dental & playground @omdc_official . Tempatnya seru banyak mainan adik adik seneng semua sampe pada ngga mau pulang," tulis wanita 27 tahun itu dalam unggahannya pada Sabtu, 6 April 2024.

Finalis Puteri Indonesia 2022 itu merasa tak salah pilih playground karena tempat tersebut cukup luas menjadi arena bermain anak-anak. Ada pula fasilitas tempat periksa gigi.

Tidak sekadar mengantarkan, Erina dan Kaesang juga terlihat akrab saat berinteraksi dengan anak-anak tersebut. "Alhamdullillah semoga kita semua diberikan keberkahan dan keridhoan oleh Allah Subhanahuwwata’ala aamiin," pungkasnya.

Unggahan itu ternyata memantik sejumlah harapan bagi warganet. Melihat kebersamaan Erina dan Kaesang bersama anak-anak panti asuhan, pasangan yang menikah pada Desember 2022 itu didoakan agar segera punya momongan.

Warganet bahkan banyak yang menyorot Kaesang. Putra bungsu Presiden Jokowi (Joko Widodo) itu dianggap sudah cocok jadi seorang bapak dengan gayanya yang kini terkesan lebih kalem.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.