Sukses

Tak Hanya Opor Ayam, 9 Masakan Ini Cocok Disajikan Saat Lebaran

Bagi kamu yang mungkin merasa bosan dengan opor ayam, masih banyak menu lain yang juga cocok disajikan saat hari raya nanti. Beriku 9 rekomendasi masakan untuk lebaran nanti.

Liputan6.com, Jakarta - Setelah sebulan berpuasa Ramadan, umat muslim akan merayakan hari raya Idul Fitri. Pada Ramadan 2024 ini, hari raya akan jatuh pada Rabu, 10 April 2024 mendatang.

Untuk menyambut lebaran, banyak persiapan yang biasanya dilakukan para muslim. Seperti menyiapkan pakaian baru, tunjangan hari raya, hingga masakan yang sudah menjadi tradisi.

Salah satu masakan yang umumnya wajib ada di setiap rumah saat lebaran yakni ketupat dan opor ayam. Bagi banyak orang, rasanya lebaran tidak lengkap tanpa adanya kedua menu ini.

Bagi kamu yang mungkin merasa bosan dengan opor ayam, masih banyak menu lain yang juga cocok disajikan saat hari raya nanti. Tentunya masakan-masakan ini tidak kalah lezat dan menggunakan bahan-bahan yang mudah didapatkan.

Berikut beberapa masakan yang cocok disajikan saat lebaran nanti.

1. Soto Ayam

Selain opor ayam, soto ayam merupakan masakan yang cocok untuk lebaran karena cita rasa soto banyak digemari oleh lidah orang Indonesia. Masakan ini memiliki cita rasa yang gurih dan lezat dari kaldu ayam.

Memakan soto ayam akan lebih nikmat bila dipadukan dengan ketupat. Kuahnya dapat disajikan dengan santan maupun tanpa santan. Apabila dengan santan, rasa soto akan menjadi semakin gurih.

2. Semur Daging

Semur daging merupakan menu yang bisa dicoba, terutama bagi kamu yang menyukai makanan dengan cita rasa manis. Masakan ini mungkin sekilas mirip rendang, namun sebenarnya keduanya sangatlah berbeda.

Semur daging biasanya agak berkuah serta memiliki bumbu yang tidak pekat seperti rendang. Selain itu, cita rasa manis dari masakan ini didapatkan dari kecap sehingga warnanya cenderung gelap.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

3. Ayam Bakar Pedas Manis

Ayam bakar merupakan menu yang sangat mudah untuk dibuat karena menggunakan bahan-bahan yang mudah untuk ditemukan, seperti ayam, kecap, jahe dan rempah-rempah lain.

Memiliki rasa yang pedas dan manis yang dapat memanjakan lidah kamu. Selain itu, masakan ini juga sangat pas untuk dinikmati bersama keluarga besar maupun teman sekitar.

Kamu juga tidak perlu repot memikirkan harus memanggang lewat arang, karena saat ini sudah banyak alat masak yang sangat mudah untuk proses memanggang makanan.

4. Gulai Babat

Bagi kamu yang suka dengan jeroan sapi, olahan yang satu ini mungkin bisa kamu coba. Masakan ini menggunakan babat sapi yang direbus selama satu hingga dua jam agar hasilnya menjadi empuk.

Setelahnya babat bisa didinginkan dan dipotong-potong sesuai selera. Babat siap dimasak dengan bumbu gulai santan yang gurih.

3 dari 5 halaman

5. Bakso

Bakso merupakan menu yang sangat umum dimakan oleh orang Indonesia. Meskipun sering dijadikan makanan sehari-hari, tidak ada salahnya menjadikan bakso sebagai menu lebaran pengganti selain opor.

Kamu bisa membuat bakso sendiri, maupun membeli bakso yang sudah jadi. Sehingga, kamu hanya tinggal menyiapkan kuah bakso serta beberapa tambahan seperti mi, sawi, sambal, dan kecap.

6. Mi Ayam

Sama seperti bakso, mi ayam merupakan makanan yang biasa ditemukan sehari-hari. Mi ini banyak dipengaruhi oleh teknik penyajian kuliner ala hidangan Tionghoa. 

Untuk membuatnya, mi yang sudah direbus akan dicampurkan dengan minyak bawang dan kecap asin. Setelahnya, kamu dapat menambahkan daging ayam yang sudah dimasak dengan kecap dan bumbu lainnya. 

Bagi kamu penggemar mi, menu ini dapat kamu jadikan sebagai pengganti opor selama hari raya lebaran. Meskipun bisa membelinya pada penjual, jika membuat sendiri tentu menjadi lebih hemat dan sehat.

4 dari 5 halaman

7. Rawon

Rawon merupakan menu khas Indonesia yang berasal dari Jawa Timur. Rawon berisi daging yang telah dipotong kecil-kecil dan dicampurkan dengan bumbu kluwek.

Kluwek merupakan bahan yang paling penting karena bisa memberikan rasa serta warna hitam khas Rawon. Menu ini biasanya ditambahkan dengan toge kecil, sambal, dan telur asin. Kamu bisa memakannya dengan nasi agar semakin kenyang.

8. Sate Bumbu Kacang

Sate ayam adalah hidangan lezat yang dapat berbahan dasar daging ayam maupun kambing. Sate ini memiliki cita rasa yang gurih dan manis, sedangkan bagi kamu penyuka pedas bisa menambahkan cabai dalam memakannya.

Selain rasanya yang lezat, masakan ini juga sangat mudah dan cepat untuk dibuat. Biasanya disajikan dengan bahan pelengkap seperti bawang merah atau acar timun dan wortel.

5 dari 5 halaman

9. Empal Gentong

Empal gentong daging sapi merupakan sajian khas Cirebon. Kuahnya memiliki cita rasa yang kaya akan rempah-rempah. Oleh sebab itu, tidak heran jika menu ini juga bisa kamu jadikan pengganti opor ayam saat hari raya nanti.

Dalam resep masakan ini, santan merupakan bahan yang sangat penting. Namun, kamu juga bisa menggantinya dengan  susu rendah lemak agar menu ini bisa menjadi lebih sehat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.