Sukses

Modal 1 Bahan Dapur, Ini Cara Pisahkan Daging Kelapa dengan Mudah

Dengan 1 bahan dapur ini, daging kelapa bisa dilepaskan tanpa harus mengeluarkan tenaga ekstra. Ini dia caranya.

Liputan6.com, Jakarta Ada banyak sekali olahan makanan tradisional yang membutuhkan santan sebagai bahan baku. Karena itu santan jadi sangat penting bagi dunia perkulineran Indonesia.

Saat ini, memang sudah banyak santan yang dijual di pasaran. Namun, beberapa orang memilih untuk mengambil santan langsung dari buah kelapa.

Padahal, mengupas daging kelapa juga tidak bisa dibilang mudah meski dengan pisau atau alat yang tajam sekalipun.

Namun tenang saja, karena ada cara memisahkan daging kelapa yang jauh lebih mudah tanpa mengeluarkan usaha ekstra. Cara ini dibagikan oleh pemilik akun Instagram @sweetycrafting.

Dirangkum pada Kamis (11/04/2024), berikut caranya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 10 halaman

Rebus Kelapa dalam Air Mendidih

Pertama-tama, rebus air dalam panci sampai benar-benar mendidih. Setelah itu, masukkan kelapa yang ingin diambil dagingnya ke dalam panci tersebut.

3 dari 10 halaman

Tambahkan Garam

Bahan dapur yang digunakan di sini adalah garam. Masukkan garam ke dalam rebusan kira-kira sekitar 2 sendok teh. Garam diketahui dapat mempercepat proses pendidihan. Biarkan kelapa direbus selama 15 menit.

4 dari 10 halaman

Potong Kelapa

Jika sudah direbus selama 15 menit, padamkan api lalu tiriskan kelapa. Potong kelapa di bagian ujung bawahnya agar nanti daging kelapa bisa dikupas lebih mudah.

5 dari 10 halaman

Daging Kelapa Jadi Sangat Mudah Dipisahkan

Jika bagian ujung bawah kelapa sudah dipotong, sekarang belah kelapa jadi dua. Sekarang, daging kelapa yang berwarna putih bisa langsung dipisahkan dengan sangat mudah tanpa usaha ekstra.

6 dari 10 halaman

Bagaimana Cara Membuka Kelapa?

Untuk memulai, pegang buah kelapa dengan kuat, kemudian masukkan pisau ke dalamnya dan kupas kulitnya sampai mendekati bagian kerasnya. Setelah itu, putar buah kelapa dan lanjutkan dengan melepaskan kulitnya secara diagonal. Teruskan proses ini sampai bagian keras kelapa terlihat.

7 dari 10 halaman

Apakah Kelapa Muda Ada Dagingnya?

Selain memberikan nilai ekonomis yang tinggi, buah kelapa muda juga memiliki daging yang kaya akan komposisi gizi yang bermanfaat, termasuk kandungan asam lemak dan asam amino esensial yang penting bagi kesehatan tubuh.

8 dari 10 halaman

Bagaimana Cara Menandai Kelapa yang Sudah Tua?

Cara untuk mengetahui usia kelapa adalah dengan mengamati kondisi cangkangnya. Kelapa yang sudah tua umumnya memiliki cangkang yang keras dan berwarna coklat tua.

9 dari 10 halaman

Apa Manfaat Makan Daging Kelapa?

Serat yang terdapat di dalam daging buah kelapa bukan hanya berperan dalam memperpanjang rasa kenyang, tetapi juga membantu dalam meningkatkan kelancaran pencernaan. Ditambah lagi, lemak yang ada dalam buah tersebut juga memiliki peran penting dalam fungsi-fungsi tubuh yang beragam.

10 dari 10 halaman

Apa Perbedaan Daging Kelapa yang Masih Muda dan Sudah Tua?

Di dalam daging buah kelapa muda, kuantitasnya sedikit, tetapi teksturnya empuk dan lembut. Sebaliknya, kelapa muda yang sudah matang memiliki daging buah yang keras dan jumlahnya banyak.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini