Sukses

9 Tips Aman Meninggalkan Rumah Saat Mudik Lebaran, Dijamin Bikin Pikiran Tenang

Mudik merupakan perjalanan yang menyenangkan. Namun di balik itu, seringkali terbesit kekhawatiran tentang keadaan rumah apabila ditinggalkan. Berikut tips yang dapat kamu ikuti agar dapat memastikan rumah sudah ditinggalkan dengan aman.

Liputan6.com, Jakarta - Meninggalkan rumah untuk melakukan mudik lebaran ataupun perjalanan yang jauh adalah hal yang sangat menyenangkan. Dalam hal ini bisa jadi kamu akan menemui keluarga yang jarang ditemui ataupun menghabiskan waktu untuk berlibur dan terlepas dari penat.

Namun di balik rasa senang itu, seringkali terbesit kekhawatiran tentang keadaan rumah apabila ditinggalkan. Bahkan tidak jarang seseorang yang sudah di perjalanan terbesit tentang kondisi rumahnya dan meragukan dirinya apakah telah meninggalkan rumah dalam keadaan baik.

Oleh sebab itu, persiapan yang matang dan pengecekkan berkali-kali sebelum berangkat menjadi sangat diperlukan. Dengan begitu, kamu pun dapat merasa semakin mantap dan tidak lagi memikirkan kemungkinan terburuk tentang rumah yang kamu tinggalkan.

Berikut 9 tips yang dapat kamu ikuti agar dapat memastikan rumah sudah ditinggalkan dengan aman.

1. Kunci Seluruh Pintu dan Jendela

Sebelum meninggalkan rumah, pastikan setiap pintu dan jendela terkunci dengan rapat, termasuk pintu depan, pintu belakang dan semua jendela di rumahmu. 

Selain itu, pastikan juga untuk mengunci pintu akses lainnya seperti pintu garasi atau pintu balkon. Hal ini seringkali luput dari perhatian meskipun penting untuk mencegah akses yang tidak diinginkan ke dalam rumahmu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Matikan Peralatan Elektronik dan Air

Sebelum pergi, pastikan kamu sudah mematikan semua peralatan elektronik yang tidak perlu, seperti televisi, komputer, oven, dan peralatan lainnya. Tidak lupa, pastikan juga kamu telah mematikan penggunaan air di seluruh rumah.

Selain dapat membantu menghemat energi dan biaya, hal ini juga dapat mencegah terjadinya kebakaran atau kerusakan yang disebabkan oleh peralatan yang ditinggalkan dalam keadaan menyala.

3. Simpan Barang Berharga dengan Aman

Simpan barang berharga kamu seperti perhiasan, dokumen penting, hingga uang tunai di tempat yang aman. Kamu bisa meletakkannya di brankas atau tempat penyimpanan tersembunyi.

4. Jangan Ada Benda yang Terlihat dari Luar

Pastikan bahwa tidak ada barang berharga kamu yang bisa terlihat dari luar rumah. Sebab apabila iya, hal ini dapat mengundang pencuri untuk menjadikan rumahmu sebagai target mereka.

3 dari 4 halaman

5. Lapor kepada RT/RW setempat

Melapor kepada RT/RW setempat mengenai kepergianmu merupakan hal yang tepat. Dengan demikian, rumahmu dapat selalu diawasi dan dipantau oleh petugas setempat. Hal ini guna mengantisipasi kejahatan pencurian rumah kosong serta kejadian lain yang tidak diinginkan.

6. Minta Seseorang Memeriksa Rumah Sesekali

Jika memungkinkan, kamu bisa minta orang yang kamu percaya untuk sesekali mengecek rumahmu. Orang itu bisa saja teman, tetangga, atau anggota keluarga yang datang memeriksa rumah kamu secara berkala selama Anda pergi. Mereka dapat melihat apakah ada tanda-tanda aneh atau tidak.

7. Pasang CCTV atau Sistem Keamanan

Jika Anda memiliki sistem keamanan rumah atau CCTV, pastikan alat tersebut diaktifkan dan berfungsi dengan baik sebelum kamu meninggalkan rumah. Periksa juga bahwa sensor dan kamera berfungsi dengan baik.

Kamu bisa menghubungkannya dengan ponsel kamu sehingga pemantauan dapat dilakukan kapan saja dan di mana saja.

4 dari 4 halaman

8. Sisakan Informasi Kontak Darurat

Kamu bisa memberikan informasi kontak darurat, seperti nomor telepon tetangga terdekat atau anggota keluarga lain. Letakkan informasi tersebut di tempat yang mudah dijangkau apabila ada keadaan darurat.

9. Jangan Memberi Tahu banyak Orang tentang Rencana Kamu

Hindari memberi tahu banyak orang hingga orang asing mengenai rencana kepergian kamu, termasuk memamerkannya di media sosial. Dengan demikian, hal ini dapat mengurangi risiko terjadinya kejahatan. 

Sebaiknya simpan rencana perjalanan kamu dan hanya ceritakan kepada mereka baik itu teman atau keluarga yang Anda percaya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.