Sukses

4 Bahan Alami yang Efektif Mengusir Nyamuk di Rumah

Ketahui cara sederhana, efektif dan alami untuk melindungi diri dari nyamuk, dengan menggunakan bahan-bahan yang mudah didapat di rumah.

Liputan6.com, Jakarta - Ketika suhu meningkat, masalah nyamuk yang mengganggu juga meningkat. Pengisap darah berukuran kecil ini tidak hanya menyebabkan gigitan gatal, tapi juga berisiko menyebarkan penyakit seperti demam berdarah dan malaria.

Oleh karena itu, ketahui cara sederhana, efektif dan alami untuk melindungi diri dari nyamuk, dengan menggunakan bahan-bahan yang mudah didapat di rumah, seperti melansir dari Times of India, Rabu (3/4/2024).

1. Minyak kayu putih

Minyak kayu putih atau eucalyptus, yang berasal dari daun pohon kayu putih, juga merupakan pengusir nyamuk yang ampuh. Banyak tersedia di apotek atau toko kelontong, minyak kayu putih bisa dengan mudah dimasukkan ke dalam rutinitas harianmu. 

Campurkan beberapa tetes minyak kayu putih dengan minyak kelapa atau minyak zaitun. Oleskan campuran tersebut ke area kulit seperti lengan dan kaki, sebelum keluar rumah.

Aroma eucalyptus yang menyegarkan tidak hanya mengusir nyamuk, tapi juga memberikan sensasi sejuk sehingga cocok untuk digunakan dalam rutinitas harian.

2. Bawang putih

Selain sebagai penambah cita rasa masakan, bawang putih juga berfungsi sebagai pengusir nyamuk. Untuk memanfaatkan khasiat bawang putih dalam mengusir nyamuk, cukup hancurkan beberapa suing bawang putih dan rebus dalam air.

Setelah air tersebut dingin, pindahkan ke dalam botol semprot. Semprotkan air yang mengandung bawang putih di sekitar rumahmu, dengan fokus pada area yang rawan berkembang biak nyamuk, seperti genangan air dan sudut gelap. 

Aroma bawang putih yang menyengat berfungsi sebagai pencegah, mengusir nyamuk dan mencegahnya memasuki tempat tinggalmu.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Lavender oil

Lavender oil atau minyak lavender, yang berasal dari bunga tanaman lavender, terkenal dengan aromanya yang menyejukkan dan khasiatnya yang menenangkan. 

Selain digunakan dalam aromaterapi dan perawatan kulit, minyak lavender juga berfungsi sebagai obat nyamuk alami.

Untuk memanfaatkan minyak lavender sebagai perlindungan nyamuk, campurkan beberapa tetes minyak lavender dengan air dalam botol semprot.

Kocok botol dengan baik untuk memastikan tercampur rata, lalu semprotkan air infus lavender ke area kulit seperti tangan dan kaki atau di sekitar ruang tamu Anda.

Aroma lavender yang menyejukkan tidak hanya mengusir nyamuk, tetapi juga menciptakan suasna tenteram dan menenangkan, meningkatkan rasa ketenangan dan kesejateraan.

 

3 dari 3 halaman

4. Dupa

Dupa telah digunakan selama berabad-abad karena khasiat aromatik dan obatnya. Selain digunakan untuk beribadah dan aromaterapi, dupa juga berfungsi sebagai pengusir nyamuk yang efektif. 

Untuk memanfaatkan dupa sebagai pengusir nyamuk, cukup dengan menyalakan sepotong dupa dan meletakkannya di ruang tertutup.

Biarkan dupa menyala selama kurang lebih 15-20 menit, sehingga asapnya menyebar ke seluruh ruangan. Aroma dupa yang kuat berperan sebagai pengusir nyamuk alami, mengusir nyamuk dan menciptakan lingkungan bebas nyamuk.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.