Sukses

5 Buku Terbaik Tahun 2024 untuk Meningkatkan Harga Diri dan Kepercayaan Diri

Berikut ini rekomendasi buku yang dapat Anda baca untuk meningkatkan harga diri dan kepercayaan diri Anda

Liputan6.com, Jakarta Di era di mana kepercayaan diri dan komunikasi adalah kunci kesuksesan, individu yang merasa tidak aman dan tidak mementingkan diri sendiri sulit mendapatkan peluang. Meskipun kita semua memiliki saat-saat keraguan pada diri sendiri, terus-menerus berkubang dalam kesengsaraan dan mengasihani diri sendiri tanpa mengambil tindakan perbaikan apa pun, adalah tindakan yang tidak sehat.

Baik Anda menyalahkan diri sendiri karena tidak menghasilkan cukup uang, berjuang dengan citra tubuh yang negatif, atau merasa diri Anda tidak layak dicintai – menemukan alat yang tepat atau sekelompok orang yang tepat di sekitar Anda dapat membantu memutus lingkaran setan ini.

Apa itu harga diri dan bagaimana cara meningkatkannya?

Kita semua masih dalam proses, masih banyak yang harus dipelajari. Namun, ketika rasa rendah diri menjadi masalah jangka panjang, hal itu dapat sangat memengaruhi kesehatan mental kita dan menghambat aktivitas sehari-hari.

Sederhananya, harga diri adalah opini yang kita miliki tentang diri kita sendiri. Ini mengacu pada tingkat seberapa besar kita menyukai/menghargai diri kita sendiri, sering kali didasarkan pada perbandingan dengan orang lain. Harga diri, kepercayaan diri, dan citra diri semuanya merupakan bagian dari istilah umum 'cinta diri'.

Konstruksi ini menunjukkan bagaimana Anda mempraktikkan self-talk dan perasaan tentang diri sendiri dan kehidupan secara umum. Berikut beberapa tip cepat untuk meningkatkan harga diri Anda:

  • Bersikap baik kepada diri sendiri
  • Cobalah untuk mengenali sisi positifnya
  • Bangun jaringan dukungan keluarga dan teman yang sehat
  • Cobalah pergi ke terapi
  • Beri diri Anda tantangan
  • Jagalah dirimu sendiri

 

Berkat kemajuan dalam bidang sastra, ada banyak sekali buku pengembangan diri yang dapat kita gunakan. Berikut ini daftar buku yang baik Anda baca untuk meningkatkan harga diri dan kepercayaan diri seperti dihimpun dari Lifestyle Asia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. 'The Six Pillars of Self-Esteem' oleh Nathaniel Branden

Bagi siapa pun yang memiliki minat pribadi atau profesional terhadap harga diri, buku ini adalah bacaan yang penting. Nathaniel Branden mencurahkan praktik dan studi klinis seumur hidupnya dalam buku ini, yang dengan jelas menunjukkan mengapa harga diri sangat penting bagi kesehatan psikologis, prestasi, kebahagiaan pribadi, dan hubungan positif.

Dia memperkenalkan pembaca pada enam pilar atau enam praktik berbasis tindakan yang menjadi landasan harga diri. Dia lebih jauh mengeksplorasi pentingnya harga diri dalam lima bidang utama: tempat kerja, pengasuhan anak, pendidikan, psikoterapi, dan budaya.

Buku ini sangat direkomendasikan bagi para profesional kesehatan mental, guru, dan orang tua yang tidak hanya ingin memberdayakan diri mereka sendiri tetapi juga membantu orang lain dalam perjalanan cinta diri mereka secara luas.

 

3 dari 6 halaman

2. 'The Gifts of Imperfection' oleh Brené Brown

Buku ini adalah panduan untuk menjalani hidup sepenuh hati. Anda akan menyukai suara Brené Brown yang kuat, kata-katanya, dan segala sesuatu yang dia berikan kepada dunia lewat buku ini. Sering kali, buku-buku pengembangan diri dan pengembangan pribadi tampak bersifat mendidik, sehingga membuat Anda kehilangan minat dan kehilangan minat di tengah jalan. Namun, yang ini berbeda.

The Gift of Imperfection adalah kisah jujur yang memilukan, ditulis dari sudut pandang seorang ibu. Buku terlaris New York Times menekankan bahwa jika Anda benar-benar ingin merasa berharga bagi diri sendiri, Anda harus berhenti mendengarkan budaya saat ini “yang menganggap harga diri Anda terikat dengan kekayaan bersih Anda” dan yang menganggap kelayakan Anda tergantung pada seberapa produktif Anda.

Ini menawarkan strategi yang bermakna dan ilmiah untuk berdamai dengan kritik batin Anda dan menerima ketidaksempurnaan Anda.

 

4 dari 6 halaman

3. 'The Power of Your Subconscious Mind' oleh Joseph Murphy

Kita semua tahu bahwa alam bawah sadar kita adalah kekuatan pendorong di balik apa yang kita tarik dalam hidup. Jadi, mengapa tidak memahami cara kerjanya untuk mengungkap dunia energi positif yang baru? Dalam buku ini, Joseph Murphy menggabungkan kebijaksanaan spiritual dan penelitian ilmiah untuk menunjukkan bagaimana pikiran bawah sadar memberikan pengaruh besar dalam kehidupan Anda sehari-hari.

Buku ini memadukan bagian-bagian agama, budaya, sastra, dan sains untuk menjelaskan apa arti kebahagiaan dan menentukan cara untuk mengembangkannya dalam diri Anda. Dipenuhi dengan teknik sederhana dan praktis, buku ini dapat membantu Anda meningkatkan hubungan, keuangan, dan kesejahteraan fisik Anda.

 

5 dari 6 halaman

4. 'The Self Confidence Workbook' oleh Barbara Markway

Daripada menenggelamkan Anda dalam ide dan tip yang mengubah hidup, buku ini langsung menyelami strategi, latihan, dan panduan langkah demi langkah yang praktis dan mudah diakses untuk membantu Anda menampilkan diri terbaik Anda. Ini akan membantu Anda dengan mudah menavigasi ranjau kepercayaan diri dalam hubungan, kesehatan, dan profesi.

Buku ini membawa Anda melalui 'program 5 langkah' yang dimulai dengan menetapkan tujuan. Ini menggunakan strategi berbasis bukti untuk menumbuhkan penerimaan diri, perhatian dan kasih sayang pada diri sendiri. Selain itu, ada banyak refleksi, daftar periksa, dan kuis untuk membantu Anda menginternalisasi pelajaran.

Meskipun merupakan buku kerja (yang mungkin dianggap melelahkan dan kering oleh banyak dari Anda), buku ini sebenarnya memberi semangat dan positif.

 

6 dari 6 halaman

5. 'Ten Days to Self-Esteem' oleh David D. Burns

Berjuang untuk menumbuhkan produktivitas dalam aktivitas sehari-hari Anda? Atau masih tidak puas dengan apa yang telah Anda capai dalam hidup? Buku ini akan membawa Anda melalui perjalanan pengakuan dan penemuan diri yang menyegarkan. Yang Anda butuhkan hanyalah akal sehat dan metode yang mudah diikuti dalam buku ini untuk mencerahkan suasana hati dan citra diri Anda.

Dengan cara yang jelas dan inovatif, David D. Burns akan membantu Anda mengidentifikasi penyebab penurunan suasana hati dan mengembangkan pandangan hidup yang lebih positif. Buku ini memiliki kekuatan untuk mengubah cara Anda berpikir dan merasakan.

Ini membantu Anda menyadari bahwa perasaan negatif seperti kemarahan dan frustrasi bukan disebabkan oleh hal-hal buruk yang terjadi pada Anda, tetapi dari cara Anda berpikir tentang peristiwa tersebut. Selanjutnya, Anda akan mengetahui mengapa Anda merasa lemah lembut dan tertekan, serta mempelajari cara membangun sistem kepercayaan diri yang aman dalam diri sendiri dengan contoh dan metode yang mendetail.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.