Sukses

Fakta Unik Keanu Reeves, Aktor Kaya yang Memilih Hidup Sederhana

Tidak perlu diragukan lagi kemampuan akting Keanu Reeves.

Liputan6.com, Jakarta Selain dikenal sebagai seorang aktor yang berbakat, Keanu Reeves juga terkenal akan kesederhanaan dan rendah hatinya. Dilahirkan di Lebanon pada tanggal 2 September 1964, Reeves mulai menapaki karier di dunia film dan teater sejak tahun 1985, dengan peran dalam sebuah film pendek berjudul One Step Away, pada saat itu usianya baru 21 tahun.

Meskipun jarang membicarakan keuangan pribadinya, Reeves terkenal sebagai seorang yang amat dermawan. Meski memiliki kekayaan yang diperkirakan mencapai sekitar 1,5 triliun, mantan kekasih Alexandra Grant ini tetap hidup dengan pola hidup yang sederhana.

Jika ingin mengetahui lebih lanjut tentang Keanu Reeves, berikut adalah beberapa fakta menarik mengenai dirinya. Dirangkum Rabu (27/03/2024). 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 16 halaman

Memiliki Campuran Darah dari Berbagai Etnis

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, bintang 'John Wick' ini lahir di Beirut, Lebanon pada 2 September 1964. Dia adalah anak dari Samuel Nowlin dan Patricia Taylor. Yang menarik, dia memiliki keturunan dari berbagai bangsa karena ayahnya berasal dari Hawaii, Cina, Inggris, Irlandia, dan Portugal. Sementara ibunya adalah orang asli Essex, Inggris. Hal ini menjadikan Keanu memiliki darah campuran. Dia sendiri memiliki kewarganegaraan Kanada dan aktif di Amerika Serikat.

3 dari 16 halaman

Ayahnya Menjadi Pengedar Narkoba

Orangtua Keanu bertemu di sebuah kasino di Beirut. Ibunya pada saat itu adalah seorang guru Bahasa Inggris, kemudian pindah ke Beirut dan beralih profesi menjadi perancang busana. Namun, sedikit yang mengetahui bahwa ayah Keanu terlibat dalam perdagangan narkoba. Akhirnya, ia ditangkap dan dipenjarakan karena menjual obat-obatan terlarang. Pertemuan terakhir Keanu dengan ayahnya terjadi ketika ia berusia 13 tahun. Setelah itu, mereka kehilangan kontak dan Keanu hanya tinggal bersama ibunya.

4 dari 16 halaman

Seorang Atlet dan Anak Band

Masa remaja Keanu juga diisi dengan berbagai pencapaian, salah satunya sebagai pemain hoki es nasional Kanada. Dia hampir mewakili sekolahnya dalam Olimpiade dan beralih menjadi pemain profesional. Namun, takdir mengarahkan Keanu ke dunia akting. Selain itu, pada awal tahun 90-an, Keanu juga mengejar karier musik sebagai bassist untuk band grunge Dogstar dan merilis dua album berjudul "Our Little Visionary" dan "Happy Ending".

5 dari 16 halaman

Gemar Menulis Buku

Selain memiliki bakat akting yang luar biasa, keahlian dalam bermain hoki es, dan menjadi bassist yang keren, Keanu ternyata tidak berhenti sampai di situ. Ternyata, Keanu juga pernah menulis sebuah buku yang berjudul An Ode to Happiness. Buku tersebut berisi kumpulan puisi sedih yang terinspirasi dari pengalaman hidupnya sendiri.

6 dari 16 halaman

Aktor dengan Bayaran Termahal

Hingga kini, belum ada yang dapat menandingi Keanu Reeves sebagai aktor dengan bayaran tertinggi. Keanu sendiri meraih gelar tersebut dalam satu produksi film yang sama, yakni pada film The Matrix, dengan total bayaran sebesar 156 juta dolar atau sekitar 2 miliar rupiah.

7 dari 16 halaman

Hidup Sederhana Walaupun Bergelimang Harta

Telah disebutkan bahwa Reeves memiliki kekayaan sekitar 1,5 triliun, namun meskipun memiliki harta sebanyak itu, mantan kekasih Alexandra Grant ini dapat dikatakan hidup dengan gaya sederhana. Berbeda dengan selebriti Hollywood lainnya, Keanu menghindari gaya hidup glamor. Dia lebih memilih tinggal di rumah sederhana dengan 2 kamar tidur. Bahkan, dia tidak terlihat mengumpulkan mobil mewah dan seringkali terlihat menggunakan transportasi umum.

8 dari 16 halaman

Mengalami Kehidupan yang Kelam

Setiap orang memiliki tragedi masing-masing, begitu pula dengan Reeves yang berhasil bertahan dan melewatinya. 1993 Reeves kehilangan teman baiknya, aktor River Phoenix lantaran overdosis. 1999 menjalin hubungan dengan kekasihnya, Jennifer Syme hingga dikaruniai seorang putri bernama Ava yang meninggal pada usia 8 bulan. Belum berhenti di situ, 2001 sehari setelah Jennifer Syme makan siang bersama Reeves, tragedi kecelakaan itu terjadi.

Jennifer menemui pencipta dengan mobil Jeep Grand Cherokee yang remuk di Cahuenga Boulevard, Los Angeles. Adik Keanu Reeves, Kim divonis menderita kanker darah putih atau leukimia. Sebanyak 70 persen honor dari The Matrix (sekitar 452 miliar rupiah) digunakan olehnya untuk berdonasi dalam penelitian tentang kanker tersebut. Hampir sepuluh tahun keluar masuk rumah sakit untuk kesembuhan adiknya, akhirnya pada 2001 Kim mendapat remisi dan kesembuhan.

Namun, pria yang kini berusia 58 tahun itu tetap melanjutkan beramalnya bahkan dikabarkan mendirikan yayasan kanker tanpa menuliskan namanya. Ketekunan Keanu Reeves dalam menahan serta mengatasi tragedi kehidupan, sekaligus mempertahankan dedikasinya pada pekerjaan menjadi bukti kekuatan karakternya.

9 dari 16 halaman

Broken Home Sejak Kecil

Masa kecil Reeves dipenuhi dengan gejolak, di mana tidak ada stabilitas dalam kehidupan keluarganya. Ibunya, Patricia Taylor, bercerai dari ayahnya, Samuel Nowlin Reeves Jr., ketika John Wick masih berusia tiga tahun. Sebagai seorang anak kecil, John Wick tidak memiliki figur ayah yang kuat di sisinya.

10 dari 16 halaman

Membangun Bengkel Motor Custom

Sepertinya, aktor dalam film John Wick 3 ini sungguh memiliki banyak bakat. Pada tahun 2011 yang lalu, Reeves menunjukkan ketertarikannya dalam dunia sepeda motor dengan mendirikan pabrik sepeda motor kustom yang bernama Arch Motorcycle.

11 dari 16 halaman

Pernah Berprofesi sebagai Sutradara

Pada tahun 2013, Keanu Reeves, pemeran utama dalam John Wick 3, menjabat sebagai sutradara dalam film yang berjudul Man of Tai Chi. Ia juga memainkan peran utama di dalamnya. Pengalaman ini membuka wawasan baru baginya dalam dunia bela diri dan industri film.

12 dari 16 halaman

Apakah Keanu Reeves Memiliki Akun Instagram?

Keanu tidak memiliki akun medsos,” kata Winter yang juga terkenal sebagai sutradara dan penulis naskah film.

13 dari 16 halaman

Berapa usia Keanu Reeves?

Keanu Reeves Berusia 59 tahun

14 dari 16 halaman

Apakah Keanu Reeves memiliki saudara kandung?

Ya, ada 3 saudara, termasuk Kim Reeves, Karina Miller (saudara tiri), dan Emma Reeves (saudara tiri).

15 dari 16 halaman

Siapakah orang tua Keanu Reeves?

Orang tua Keanu Reeves adalah Patric Reeves dan Samuel Nowlin Reeves.

16 dari 16 halaman

Apa yang dikenal dari Keanu Reeves?

Point Break, Speed, The Matrix, dan The Matrix Reloaded

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.