Sukses

7 Kegiatan Mudah dan Bermanfaat untuk Mengisi Waktu Luang di Bulan Ramadan

Ramadan adalah waktu terbaik untuk mencari pahala sebanyak-banyaknya lewat aktivitas baik yang bermanfaat.

Liputan6.com, Jakarta Bulan Ramadan merupakan waktunya bagi umat Islam untuk melakukan puasa sejak terbit hingga terbenamnya matahari. Di Indonesia, puasa memakan waktu sekitar 13 jam lamanya.

Hal ini membuat kebanyakan orang berpikir puasa adalah suatu hal yang melelahkan sebab harus melakukan berbagai aktivitas tanpa bisa mengisi energi. Oleh sebab itu, tidur sering kali menjadi pilihan terbaik karena dapat membuat waktu terasa berlalu begitu cepat tanpa perlu memikirkan lapar dan haus yang dirasakannya.

Padahal, ramadan adalah waktu terbaik untuk mencari pahala sebanyak-banyaknya lewat aktivitas baik yang bermanfaat. Tidak harus dengan aktivitas yang melelahkan dan menguras energi, banyak sekali aktivitas ringan yang bermanfaat yang dapat kamu lakukan ketika memiliki waktu luang di bulan Ramadan.

Berikut 7 rekomendasi kegiatan yang mudah dan bermanfaat untuk kamu lakukan di bulan Ramadan.

1. Membaca Alquran

Seperti yang sudah diketahui, membaca Al-Quran memiliki keutamaan tersendiri di sisi Allah Swt. Terlebih membaca Alquran dilakukan saat bulan Ramadan, tentu akan diganjar pahala yang berlipat-lipat kali lebih besar.

Beberapa keutamaan membaca Alquran di bulan Ramadan, yaitu:

  1. Memperoleh ketenangan dan dinaungi malaikat
  2. Satu huruf diganjar 10 pahala kebaikan
  3. Diharamkan dari sifat dengki
  4. Ditempatkan di surga oleh Allah Swt.
  5. Mendapatkan syafaat di hari kiamat

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Memasak

Selain membaca Al-Quran, memasak juga dapat menjadi kegiatan yang mudah dan bermanfaat. Dengan memasak sendiri, kamu bisa menjadi lebih hemat serta dapat mengontrol asupan gizi yang masuk ke tubuh kamu. Selain itu, aktivitas ini juga bisa menjadi nilai ibadah ketika kamu menyiapkan makanan untuk mereka yang menjalankan ibadah puasa. 

Tidak hanya itu, memasak juga dapat memberikan manfaat lain, seperti meningkatkan fokus, mengasah kreativitas, merangsang kepekaan indera perasa, dan mengurangi tingkat stres serta emosi negatif.

3. Menulis Jurnal Ramadan

Hanya bermodalkan sebuah buku dan pena, kamu bisa mengembangkan kreativitas serta melatih konsistensi dengan melakukan journaling terkait bulan Ramadan. Bahkan jika kamu tidak terbiasa menulis tangan, kegiatan ini dapat dilakukan melalui gadget yang kamu miliki.

Dengan menulis jurnal di bulan Ramadan, kamu dapat menuangkan ide, pikiran, serta perasaan dalam bentuk tulisan atau gambaran dengan jelas. Selain itu, ini juga dapat membangun motivasi agar tetap on the track pada tujuan yang ingin kamu di bulan Ramadan.

3 dari 4 halaman

4. Olahraga Ringan

Olahraga ringan bukanlah ide yang buruk untuk dilakukan meskipun sedang dalam berpuasa. Meskipun tidak mendapatkan asupan makanan, olahraga dengan waktu dan jenis yang tepat dapat membantu tubuh lebih bugar.

Beberapa olahraga ringan yang dapat kamu lakukan ketika berpuasa yaitu yoga, jalan santai, bersepeda, jogging, dan sit-up serta push-up. Untuk waktu berolahraga, kamu dapat mempertimbangkannya saat sebelum sahur, sebelum berbuka, setelah berbuka, dan sebelum tidur.

5. Mendengarkan Ceramah Online

Di zaman digital seperti sekarang, banyak hal dapat dilakukan hanya melalui handphone, termasuk mengikuti kajian. Hal ini juga telah disadari oleh para ustadz, sehingga mereka turut membuat konten ceramah khusus untuk sosial media.

Kamu bisa mengisi waktu luang dengan santai namun bermanfaat dengan mendengarkan ceramah secara online melalui berbagai sosial media seperti YouTube dan Instagram. Dengan melakukan hal ini, kamu dapat menambah wawasan keislaman dari mana saja.

4 dari 4 halaman

6. Membaca Buku

Membaca buku merupakan kegiatan yang mudah dan dapat membuat waktu berjalan lebih cepat. Aktivitas ini tidak memerlukan banyak tenaga, namun tetap memiliki manfaat yang sangat banyak.

Dengan membaca buku, kamu dapat memperoleh pengetahuan serta mendapat hiburan yang mengasyikan. Selain itu, membaca buku juga memiliki dampak untuk psikologis seperti mengurangi stres, melatih konsentrasi, dan meningkatkan kecerdasan.

7. Mencoba Hobi Baru

Terakhir, kamu dapat mengeksplorasi diri untuk mencoba berbagai hobi baru. Bagi kamu yang memiliki banyak waktu luang namun bosan dengan aktivitas biasanya, mencoba hobi baru bisa menjadi jawaban.

Banyak sekali kegiatan menyenangkan hingga dapat menghasilkan uang, yang dapat kamu jadikan hobi. Beberapa hobi yang dapat kamu coba seperti merajut, desain, membuat DIY, berkebun, dan belajar bahasa.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.