Sukses

10 Fakta Perplexity, AI yang Bakal Jadi Saingan Google sebagai Mesin Pencari

Berikut ini beberapa fakta Perplexity AI yang bakal jadi saingan Google

Liputan6.com, Jakarta Dalam lanskap kecerdasan buatan (artificial intelligence) dan teknologi penelusuran yang berkembang pesat, Perplexity AI muncul sebagai pemain baru yang kuat, dengan perpaduan antara AI percakapan dan kemampuan penelusuran web.

Dengan suntikan dana baru-baru ini sebesar 73,6 juta dolar AS dari investor terkemuka seperti Nvidia dan Jeff Bezos, startup yang berbasis di San Francisco ini siap menantang raksasa industri Google dengan pendekatan inovatifnya.

Berikut adalah 10 aspek utama yang perlu dipahami tentang Perplexity AI, mulai dari fitur-fitur canggihnya hingga dampak pasar dan rencana masa depan. Dihimpun dari Livemint, ini dia.

1. Apa Itu Perplexity AI?

Mesin pencarian Perplexity memberi pengguna kemampuan untuk mendapatkan jawaban langsung atas pertanyaan bersama dengan sumber dan kutipan yang relevan.

Fungsionalitas ini didukung oleh beragam model bahasa besar (LLM), termasuk model dari OpenAI dan model sumber terbuka Meta, Llama. Model-model ini mampu merangkum dan menghasilkan informasi secara efisien.

2. Bagaimana Cara Kerja Perplexity AI?

Menurut Deepgram.com, Perplexity AI beroperasi melalui pemahaman bahasa alami, memungkinkan pengguna berinteraksi dalam percakapan. Sistem mengindeks konten internet dan mengurutkannya berdasarkan relevansi. Memberikan jawaban kontekstual, Perplexity AI menyesuaikan respons dengan kebutuhan pengguna.

3. Perplexity AI vs ChatGPT

Perplexity AI, berdasarkan GPT-3.5, membedakan dirinya dari ChatGPT, yang menggunakan GPT-4 yang lebih baru. Khususnya, Perplexity AI diklaim mengintegrasikan AI percakapan dengan pencarian web, memberikan perpaduan kemampuan AI dan presisi mesin pencari.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

4. Fitur Utama Perplexity AI

Perplexity AI menggunakan pencarian dengan antarmuka chatbot yang didukung oleh GPT-3.5 OpenAI. Pemahaman Bahasa Alaminya menawarkan tanggapan, menyajikan jawaban terkait sumber untuk kredibilitas. Akun Pro menawarkan opsi model AI, termasuk GPT-4. Desain bebas iklan diklaim mengutamakan fokus pengguna, dan kutipan sumber untuk meningkatkan kepercayaan dan transparansi.

5. Kasus Penggunaan dan Potensi Penerapan untuk Perplexity AI

Perplexity AI bermanfaat bagi penelitian akademis, membantu siswa menavigasi database. Jurnalis juga bisa mendapatkan keuntungan dari kehebatan mereka dalam memeriksa fakta, sehingga memastikan laporan yang akurat. 

Dalam pemasaran konten, Perplexity AI memvalidasi ide, menyelaraskan strategi dengan tren saat ini. Terintegrasi ke dalam aplikasi seperti Boring Report, ini merangkum berita. Bisnis dapat memanfaatkan Perplexity AI untuk riset pasar.

6. Harga untuk Perplexity AI

Perplexity AI, yang didirikan oleh Aravind Srinivas menawarkan pengalaman pencarian gratis. Untuk kemampuan tingkat lanjut, akun Pro Perplexity mulai dari 20 dolar AS per bulan, menyediakan model AI yang ditingkatkan seperti GPT-3.5 dan Claude-2, dengan pengguna Pro mengakses GPT-4. 

Fitur tambahan melayani pengguna yang menginginkan perangkat komprehensif, yang melampaui penawaran standar.

 

3 dari 4 halaman

7. Pendanaan

Perplexity AI, startup pencarian yang berbasis di San Francisco, telah mendapatkan pendanaan 73,6 juta dolar AS dari investor termasuk Nvidia dan Jeff Bezos. Dipimpin oleh IVP, putaran ini memberi nilai bagi perusahaan sekitar 520 juta dolar AS. 

Perplexity AI, setelah mengumpulkan 25,6 juta dolar AS pada putaran sebelumnya tahun lalu, melaporkan lebih dari 500 juta kueri dilayani pada tahun 2023 dengan biaya pemasaran minimal.

8. Rencana masa depan perusahaan

Aravind Srinivas, CEO Perplexity, menekankan kekuatan startup ini dalam berkonsentrasi dan mengoptimalkan berbagai model AI berperforma tinggi dibandingkan mengandalkan satu model saja. Dia berpendapat bahwa Google mungkin dianggap ketinggalan jaman, dan menyebut Perplexity sebagai generasi berikutnya dan masa depan jika dibandingkan.

Pendanaan tersebut akan digunakan perusahaan untuk menambah tenaga kerja dan mengembangkan produk baru. Saat ini mempekerjakan 38 orang, perusahaan bertujuan untuk meningkatkan jumlah timnya menjadi sekitar 60 orang pada akhir tahun ini.

 

4 dari 4 halaman

9. Saham

Menurut laporan data Sameweb, situs web dan web seluler Perplexity AI memperoleh 45 juta kunjungan pada bulan Desember, berkisar antara hingga 2,2 juta, ketika layanan pencarian tersedia pada bulan Desember 2022.

Meskipun mengalami ekspansi pesat, perusahaan ini tetap tidak menghasilkan keuntungan dan menghasilkan pendapatan tahunan dalam jutaan satu digit. Diposisikan sebagai perusahaan yang unggul dalam pasar pencarian online, perusahaan ini menghadapi tantangan berat mengingat pangsa pasar Google yang dominan adalah 90%.

10. Integrasi untuk meningkatkan kemampuan Perplexity AI

Perplexity AI mendukung ekstensi Chrome dengan menyematkannya langsung ke browser, sementara integrasi dengan klien email menawarkan ringkasan rangkaian pesan yang panjang. Bekerja sama dengan aplikasi berita, Perplexity AI memadatkan artikel menjadi ringkasan singkat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.