Sukses

Mudah Dicoba, Begini Cara Bikin Kolak Pisang Agar Rasanya Tidak Asam atau Sepat

Tanpa tambahan pemanis buatan, kolak bisa dibuat dengan mudah agar tidak asam atau sepat. Ini caranya.

Liputan6.com, Jakarta Di bulan Ramadan ini, salah satu hidangan takjil yang paling banyak dicari dan dibeli adalah kolak.

Kolak sendiri dikenal memiliki cita rasa manis yang khas hingga membuat banyak orang ketagihan.

Ada beragam jenis kolak, tapi yang paling umum dijual adalah kolak pisang karena cenderung mudah dibuat.

Meskipun mudah, sayangnya tidak sedikit orang yang tidak berhasil membuat kolak sehingga rasanya malah asam dan sepat. Bahkan, tak sedikit yang menambahkan pemanis buatan untuk mengakali hal tersebut.

Padahal, pemanis buatan tidak diperlukan, seperti yang dilakukan pemilik kanal YouTube Amih Kitchen. Pada salah satu tutorial masak yang diunggah, ia hanya menggunakan daun pandan dan relatif sedikit bahan dapur.

Bahan apa sajakah itu? Dirangkum pada Selasa (19/03/2024), cari tahu jawabannya pada langkah-langkah berikut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 10 halaman

Kupas dan Potong Pisang

Siapkan beberapa buah pisang, lalu kupas dan potong setiap pisang di atas talenan jadi beberapa bagian dengan ukuran sedang. Taruh pisang yang sudah dipotong ke dalam mangkuk untuk direbus nanti.

Untuk jenis pisang yang digunakan bebas sesuai selera. Namun, banyak orang yang merekomendasikan pisang tanduk karena memiliki tekstur yang agak keras dengan cita rasa manis yang pas.

3 dari 10 halaman

Rebus Daun Pandan dan Bahan Dapur

Rebus air hingga mendidih dalam panci, lalu masukkan bahan dapur yang meliputi 100 gram gula merah, ¼ sdt garam dan 100 gram gula pasir. Peran garam di sini yaitu untuk membuat kolak agar lebih awet saat disimpan.

Setelah itu, baru masukkan daun pandan ke dalam rebusan. Diketahui daun pandan dapat memberikan aroma wangi pada makanan, terutama kolak.

Jangan lupa untuk aduk-aduk sedikit rebusannya agar rasa bahan dapur bisa menyebar.

4 dari 10 halaman

Saring Rebusan Bahan Dapur

Jika rebusan bahan dapur dirasa sudah cukup matang, segera matikan kompor. Saring rebusan tersebut untuk mengeluarkan semua ampas yang tersisa. Sesudah disaring, masukkan lagi rebusan tersebut ke dalam panci untuk direbus kembali.

5 dari 10 halaman

Rebus Kolak Pisang

Masukkan semua potongan pisang ke dalam panci untuk direbus. Agar kolak pisang semakin gurih, tambahkan satu bungkus kecil santan instan ke dalam rebusan.

Aduk terus kolak pisang sambil direbus hingga benar-benar matang dan cukup kental. Jika sudah matang, tuang kolak pisang ke dalam mangkuk untuk disajikan sebagai takjil yang manis dan lezat.

6 dari 10 halaman

Jenis Pisang Apa yang Cocok untuk Kolak?

Pisang tanduk, dengan rasa yang manis dan legit, sempurna untuk dinikmati bersama kuah kolak pisang yang gurih dari santan. Selain kelezatannya, pisang tanduk memiliki tekstur yang kokoh dan tidak mudah rapuh. Ketika sudah matang, kulit pisang tanduk akan memiliki warna agak kemerahan dengan bintik-bintik hitam yang banyak.

7 dari 10 halaman

Apakah Kolak Bisa Dipanaskan?

Lebih baik memanaskan bahan-bahan kolak yang telah tercampur ke dalam kuah santannya secara bersamaan. Anda dapat memanaskan kolak pisang dengan api sedang tanpa perlu memisahkan isinya.

8 dari 10 halaman

Berapa Lama Kolak Bertahan?

Letakkan kolak dalam wadah kedap udara, lalu simpan di dalam lemari es. Kolak dapat disimpan selama tiga hari.

9 dari 10 halaman

Apa Manfaat dari Kolak Pisang?

Diketahui kolak memiliki beberapa manfaat seperti mengurangi kemungkinan terjadinya anemia, penting untuk menjaga rasa kenyang lebih lama, serta meningkatkan kadar kalium.

10 dari 10 halaman

Kolak Isinya Apa Saja?

Kolak merupakan salah satu camilan manis yang populer di kalangan penduduk Indonesia dan seringkali dijadikan sebagai hidangan pembuka saat berbuka puasa. Bahan-bahan yang digunakan dalam pembuatan kolak sangat beragam, termasuk ubi, kolang-kaling, dan pisang yang menjadi favorit banyak orang. Santan dan gula biasanya ditambahkan ke dalam kolak untuk meningkatkan rasa gurihnya yang lezat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini