Sukses

Resep Kolak Pisang untuk Takjil yang Segar, Manis dan Praktis

Salah satu menu yang banyak diburu orang untuk takjil buka puasa Ramadhan adalah kolak terutama kolak pisang.

Liputan6.com, Jakarta Bagi orang Jndonesia, berbuka puasa di bulan Ramadhan rasanya memang tak lengkap tanpa takjil. Biasanya takjil berupa camilan, makanan, atau minuman manis. Salah satu yang banyak diburu orang untuk takjil buka puasa Ramadhan adalah kolak.

Ada banyak bahan yang bisa dipakai untuk membuat kolak, salah satunya adalah pisang. Pisang menjadi bahan utama dalam pembuatan kolak karena rasanya manis dan teksturnya pun lembut. Kuah kolak pisang pada umumnya terbuat dari santan yang dicampur dengan gula merah. Namun ada juga yang menambahkan bahan lain seperti daun pandan atau vanili agar aromanya semakin harum.

Selain pisang, kamu bisa menambahkan ubi, singkong, tape, hingga kentan. Jika ingin membuat kolak pisang untuk takjil, kamu bisa meniru resep dari pemilik akun Instagram @ dessivilast, Rabu, 6 Maret 2024.

Kolak Pisang Ubi

Bahan:

- Buah pisang

- Ubi

- 1000 ml santan

- Gula merah, sisir

- 2-3 sdm gula pasir

- 1/4 sdt garam- Daun pandan.

 

Langkah Pembuatan:

1. Rebus ubi sampai 3/4 matang. Lalu buang airnya dan masukkan santan, daun pandan, gula, dan garamnya.

2. Masukkan pisang yang sudah dipotong-potong. Aduk-aduk sesekali agar santan tidak pecah.

3. Tunggu pisang sampai matang dan matikan kompor. Kolak pisang siap disajikan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini