Sukses

Merasa Hidung Tersumbat? Ini Dia Daftar Makanan dan Minuman yang Bisa Jadi Penyebabnya

Makanan tertentu justru bisa menghasilkan lebih banyak mucus (lendir). Inilah yang harus dihindari saat Anda merasa tidak enak badan dan mengalami hidung tersumbat.

Liputan6.com, Jakarta - Anda pasti pernah mengalami perasaan yang tidak nyaman akibat hidung tersumbat. Mulai dari hidung terasa pengap, sinus terasa sakit, hingga kesulitan bernapas. 

Entah Anda sedang melawan flu, berjuang untuk melawan alergi, atau menghirup polusi udara, memang ada banyak sekali alasan dan penyebab kenapa hidung bisa tersumbat. Namun, mengapa hal itu bisa terjadi?

Selain karena alasan-alasan di atas, bisa jadi Anda akan terkejut dengan fakta bahwa makanan dan minuman ternyata bisa memengaruhi hal tersebut. Sebab, ketika sesuatu (seperti infeksi atau alergen) mengiritasi lapisan saluran hidung, hal itu menyebabkan peradangan dan pembengkakan, dan tubuh Anda memproduksi lebih banyak lendir untuk mencoba membersihkannya.

“Saat mucus (lendir) terperangkap, lendir menjadi lebih kental dan lengket. Lendir itu kemudian akan diam di sana dan menjadi seperti tempat berkembang biaknya bakteri,” jelas Dr. Sam Huh, asisten profesor di departemen Otolaryngology di Mount Sinai, seperti dikutip dari Huffpost. “Untuk menghindari hidung tersumbat dan sinusitis, Anda memerlukan aliran lendir yang baik, aliran udara yang baik, dan sistem kekebalan tubuh yang baik.”

Nah, rupaya ada makanan dan minuman penyebab hidung tersumbat sehingga kondisi Anda semakin parah. Akibatnya hal ini dapat memengaruhi penumpukan dan aliran lendir serta sistem kekebalan tubuh Anda. Untuk itu, ketahui beberapa pencetusnya supaya Anda tidak mengalami kesulitan saat bernapas dan bisa mengurangi konsumsinya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Makanan dan Minuman yang Memperparah Hidung Tersumbat

Ini dia beberapa makanan dan minuman yang bisa memperparah hidung tersumbat Anda, antara lain:

1. Produk susu

“Meskipun banyak orang secara anekdot melaporkan bahwa makanan dan minuman yang mengandung susu sapi memperburuk kemacetan dan produksi lendir, hal ini belum dibuktikan oleh studi klinis,” kata Dr. Jyothi Tirumalasetty, asisten profesor klinis yang berspesialisasi dalam alergi dan imunologi di Stanford Medicine.

Namun demikian, Huh mencatat bahwa beberapa orang merasa lebih “berdahak” setelah mengonsumsi produk susu, dan hal ini tampaknya berbeda-beda pada setiap orang.

Jika Anda alergi terhadap kasein, protein dalam susu yang dapat meningkatkan produksi lendir dan hidung tersumbat, tambahnya. Kasein tidak hanya terdapat pada produk susu lainnya seperti yogurt dan keju, tetapi juga dapat ditemukan pada makanan yang mungkin tidak Anda duga, seperti tuna kalengan atau coklat.

3 dari 5 halaman

2. Makanan Tinggi Histamin

Jadi apa itu histamin? Ini adalah bahan kimia yang diproduksi oleh sistem kekebalan kita ketika mengalami ancaman, seperti potensi alergen.

“Ketika histamin menumpuk dan Anda tidak memiliki cukup enzim yang memecahnya, Anda akan mengalami intoleransi terhadap histamin,” jelas Sue-Ellen Anderson-Haynes, ahli diet terdaftar, juru bicara Academy of Nutrition and Dietetics, dan pendiri 360Girls&Women.

Intoleransi histamin dapat menyebabkan banyak gejala. Termasuk masalah pencernaan, sakit kepala, iritasi kulit, dan hidung tersumbat.

Ada beberapa makanan dan minuman yang secara alami mengandung histamin dalam jumlah tinggi. Selain itu, menurut Amy Kimberlain, ahli diet terdaftar dan juru bicara Academy of Nutrition and Dietetics, jika Anda mengonsumsinya saat Anda sudah memiliki intoleransi histamin, gejala Anda bisa bertambah buruk.

Makanan yang tinggi histamin meliputi: sebagian besar daging olahan (seperti sosis dan bacon), aged cheeses, makanan fermentasi (seperti asinan kubis dan kimchi), minuman fermentasi (seperti alkohol dan kombucha), buah-buahan kering (seperti kismis dan aprikot) dan beberapa sayuran. dan buah-buahan (seperti tomat dan buah jeruk).

4 dari 5 halaman

3. Makanan yang Digoreng

Beberapa minyak nabati (seperti minyak jagung dan minyak kedelai) yang digunakan untuk memasak gorengan mengandung asam lemak omega-6 yang tinggi, dan terlalu banyak asam lemak omega-6 dapat menyebabkan peradangan, menurut WebMD. Saat Anda mengalami hidung tersumbat, jaringan yang melapisi sinus Anda sudah meradang.

“Tubuh Anda mencoba melawan peradangan. Anda tidak ingin memperburuk cedera dengan mengonsumsi banyak makanan yang digoreng,” jelas Anderson-Haynes.

4. Makanan Tinggi Salisilat

Beberapa orang mungkin lebih sensitif terhadap salisilat (bahan kimia alami yang dibuat oleh tumbuhan), yang dapat memicu hidung tersumbat, menurut Kimberlain. Sebuah penelitian mengamati bagaimana diet bebas salisilat menunjukkan perbaikan positif pada gejala sinusitis.

Makanan yang mengandung salisilat dalam jumlah tinggi termasuk kacang-kacangan tertentu (seperti lentil dan kacang-kacangan), sayuran dan buah-buahan (seperti kembang kol dan stroberi), sereal (seperti soba atau jagung), serta bumbu dan rempah (seperti rosemary dan thyme).

5 dari 5 halaman

5. Gula Rafinasi atau Gula Tambahan

Terakhir yang bisa menjadi penyebab hidung tersumbat adalah gula tambahan atau gula rafinasi. Gula rafinasi yang bukan merupakan gula alami dalam buah, bisa memberi sinyal pada tubuh Anda untuk melepaskan sitokin, yang dapat menyebabkan peradangan.

Gula tambahan ini sering ditemukan dalam soda, makanan penutup, jus, saus, saus salad, sereal, dan makanan lainnya.

Sebuah penelitian menemukan bahwa pola makan tinggi gula rafinasi dapat memperburuk sinusitis dengan meningkatkan peradangan.

“Penelitian mengenai hal ini terbatas. Namun mengurangi gula tambahan bermanfaat bagi kesehatan secara keseluruhan, dan jika hal ini membantu memperbaiki gejala Anda, maka hal ini akan memberikan manfaat,” kata Kimberlain.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.