Sukses

Bukan Dimasukkan Freezer, Ini Cara Mengawetkan Jeruk Nipis Agar Tetap Segar Sampai Sebulan

Hanya perlu dibungkus dan tidak harus dimasukkan freezer, jeruk nipis dapat tetap awet dan segar selama sebulan. Begini caranya.

Liputan6.com, Jakarta Jeruk nipis dikenal memiliki cita rasa asam yang dapat memperkaya rasa berbagai hidangan seperti siomay, soto, atau mie rebus.

Jeruk nipis juga mengandung vitamin C dan antioksidan yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh, mengurangi risiko penyakit jantung, hingga mencegah batu ginjal

Terlebih lagi, jeruk nipis diketahui dapat bertahan hingga 1-2 bulan, terutama jika disimpan di freezer.

Meskipun begitu, ada cara alternatif agar jeruk nipis bisa awet segar hingga sebulan, seperti yang dijelaskan pada video YouTube dari kanal Dapur Leony

Dirangkum pada Senin (18/03/2024), berikut ini langkah-langkah mengawetkan jeruk nipis tanpa dimasukkan freezer.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 10 halaman

Siapkan Plastik

Ternyata, konten kreator satu ini menggunakan plastik untuk mengawetkan jeruk nipis. Plastik sendiri diketahui masih lebih aman untuk mengawetkan makanan dibanding kertas, terutama kertas koran

Namun, usahakan untuk gunakan plastik PE atau PP yang menurut para ahli dinilai lebih aman untuk menyimpan makanan.

3 dari 10 halaman

Bungkus Jeruk Nipis dalam Plastik

Masukkan semua jeruk nipis ke dalam plastik untuk dibungkus rapat-rapat. Pastikan tidak ada celah udara sedikitpun pada plastik untuk mencegah paparan udara.

4 dari 10 halaman

Masukkan ke Kulkas

Masukkan jeruk nipis yang sudah terbungkus rapat dengan plastik ke dalam kulkas. Letakkan di bagian tengah kulkas agar lebih awet. Pastikan juga pendingin kulkas masih berfungsi dengan baik.

5 dari 10 halaman

Jeruk Nipis Tetap Awet dan Segar

Setelah disimpan selama satu bulan, jeruk nipis bisa dikeluarkan dari kulkas untuk dilihat hasilnya.

Terlihat jeruk nipis yang disimpan di kulkas masih terlihat hijau, dibandingkan yang tidak disimpan di kulkas dan sudah berwarna kekuningan.

6 dari 10 halaman

Berapa Lama Jeruk Nipis Bertahan?

Menjaga jeruk nipis agar tetap segar dan tidak menguning selama dua bulan sangat mudah dilakukan, bahkan bisa dilakukan dengan memanfaatkan kulkas di rumah.

7 dari 10 halaman

Apakah Jeruk Nipis Boleh Dimakan?

Walau kecil, penambahan perasan jeruk nipis pada hidangan ataupun minuman dapat membantu memenuhi asupan harian akan vitamin dan mineral. Buah ini kaya akan vitamin C serta nutrisi lain yang berguna bagi kesehatan.

8 dari 10 halaman

Apakah Jeruk Nipis Bisa Disimpan di Freezer?

Untuk menambah durasi penyimpanannya, banyak yang cenderung menyimpan jeruk nipis di dalam freezer. Saat beku, jeruk nipis akan tetap segar dan dapat dipertahankan dalam jangka waktu yang lebih lama.

9 dari 10 halaman

Apa Manfaat Jeruk Nipis Dicampur Air Hangat?

Mengonsumsi jeruk nipis pada waktu pagi secara teratur dapat memberikan manfaat positif bagi tubuh, terutama jika dicampur dengan air hangat. Perasan jeruk nipis yang dicampur dengan air hangat dapat mendukung program diet dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

10 dari 10 halaman

Jeruk Nipis Bisa Mengobati Penyakit Apa Saja?

Jeruk nipis, sebagai tumbuhan obat tradisional, memiliki manfaat dalam mengatasi penyumbatan energi vital, meredakan batuk, mengencerkan dahak (mukolitik), merangsang buang air kecil (diuretik) dan keringat, serta memfasilitasi proses pencernaan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini