Sukses

Ini Makna Pin Merah yang Dipakai Billie Eilish, Mark Ruffalo, dan Artis Lainnya di Oscar 2024

Ternyata ini makna pin merah yang dipakai oleh Billie Eilish, Mark Ruffalo, dan beberapa artis lainnya di Oscar 2024

Liputan6.com, Jakarta Selebriti, termasuk musisi Billie Eilish dan Finneas O’Connell, bintang Poor Things Mark Ruffalo, dan komedian Ramy Youssef, mengenakan pin merah di Academy Awards ke-96 atau Oscar 2024 untuk menyerukan gencatan senjata di Gaza. Tapi tahukah Anda apa makna pin merah tersebut?

Apa arti pin merah di Oscar?

Pin merah tersebut didistribusikan oleh Artists4Ceasefire, sekelompok selebriti dan anggota industri hiburan yang secara kolektif menandatangani surat pada akhir Oktober yang meminta Presiden Amerika Serikat Joe Biden untuk menuntut gencatan senjata serta pembebasan tawanan yang aman di Gaza. Desain pin menunjukkan lingkaran merah mengilap dengan tangan dan hati hitam.

“Pin tersebut melambangkan dukungan kolektif untuk gencatan senjata segera dan permanen, pembebasan semua sandera dan pengiriman bantuan kemanusiaan yang mendesak kepada warga sipil di Gaza,” kata Artists4Ceasefire dalam siaran persnya seperti dilaporkan oleh Al Jazeera.

“Kasih sayang harus menang,” tambahnya. Lebih dari 380 artis menandatangani surat meminta gencatan senjata tersebut termasuk Cate Blanchett, Ben Affleck, Jennifer Lopez dan Bradley Cooper.

“Kami meminta gencatan senjata segera dan permanen di Gaza,” kata aktor dan komedian Ramy Youssef kepada media AS. “Kami meminta keadilan dan perdamaian bagi rakyat Palestina dan juga Anda tahu, pesan yang sangat universal, yaitu mari kita berhenti membunuh anak-anak,” tambahnya.

Sebelum tampak dikenakan oleh beberapa artis di acara Oscar 2024, pin merah itu juga terlihat di Grammy dan Directors Guild of America (DGA) Awards pada bulan Februari. Saat itu, Ruffalo juga terlihat memakai pin tersebut.

“Kami tidak akan mengebom jalan menuju perdamaian, dan yang kami katakan hanyalah, apa salahnya memberi kesempatan pada gencatan senjata?” ucap Ruffalo di karpet merah DGA.

Secara terpisah, selama Golden Globe Awards pada bulan Januari, beberapa bintang terlihat mengenakan pita kuning yang digunakan untuk menunjukkan dukungan terhadap para tawanan yang ditahan oleh Hamas.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Bagaimana lagi perang Israel di Gaza muncul dalam perbincangan Oscar?

Di luar Teater Dolby, kelompok-kelompok seperti Suara Yahudi untuk Perdamaian cabang Los Angeles mengangkat plakat dan meneriakkan gencatan senjata di Gaza, memblokir beberapa jalur lalu lintas.

Di antara para pengunjuk rasa adalah Anggota SAG-AFTRA untuk Gencatan Senjata, sekelompok aktor pekerja.

Para pengunjuk rasa mengatakan mereka berusaha memastikan bahwa serangan Israel terhadap kota Rafah di Gaza selatan tidak diabaikan, bahkan di tengah kemewahan dan kemewahan malam itu.

Lebih dari 31.000 warga Palestina telah terbunuh sejauh ini dalam lima bulan serangan militer Israel, yang telah memicu kekhawatiran akan risiko genosida dan kelaparan.

Menurut sebuah postingan di X atau Twitter oleh Nicole Sperling, seorang reporter New York Times, protes tersebut “menutup persimpangan jalan Highland dan Fountain, sebuah jalan raya utama”.

“Akademi mengirimkan kereta golf untuk menyelamatkan para selebriti yang terjebak,” tambahnya.

Sutradara drama Holocaust yang mengerikan, The Zone of Interest, juga memberikan suaranya untuk tujuan tersebut, sambil menerima Oscar untuk Film Internasional Terbaik.

“Semua pilihan kita dibuat untuk mencerminkan dan menghadapi kita saat ini – bukan untuk mengatakan, ‘Lihat apa yang mereka lakukan saat itu’, melainkan ‘lihat apa yang kita lakukan sekarang’,” kata sutradara film Jonathan Glazer yang berdarah Yahudi. “Film kami menunjukkan arah terburuk dari dehumanisasi. Itu membentuk masa lalu dan masa kini kita.”

“Saat ini, kami berdiri di sini sebagai orang-orang yang menyangkal ke-Yahudi-an mereka dan Holocaust yang dibajak oleh pendudukan yang telah menyebabkan konflik bagi banyak orang yang tidak bersalah, baik para korban 7 Oktober di Israel atau serangan yang sedang berlangsung di Gaza,” katanya yang membuat para undangan bertepuk tangan.

3 dari 4 halaman

6 Artis Pakai Pin Serukan Gencatan Senjata Palestina - Israel di Piala Oscar 2024, Ada Billie Eilish hingga Mark Ruffalo

Sebuah benda kecil yang dikenakan sejumlah bintang ke Piala Oscar 2024, mampu mencuri perhatian publik. Barang tersebut tak lain adalah pin Artists4Ceasefire.

Pin ini sekilas pandang tampak sederhana. Bentuknya kecil, bergambar telapak tangan berhias simbol jantung hitam, dengan latar belakang merah. Namun pesan yang terkandung di dalamnya sungguh bermakna.

Dilansir dari CNN, Senin (11/3/2024), Artists4Ceasefire adalah kampanye yang dimulai sejak Oktober tahun lalu, berisi desakan agar Kongres Amerika Serikat dan Presiden Joe Biden ikut segera menyerukan gencatan senjata di Gaza Palestina dan Israel.

“Pin tersebut melambangkan dukungan kolektif untuk gencatan senjata permanen dan secepatnya, pembebasan semua sandera dan pengiriman bantuan kemanusiaan kepada warga sipil di Gaza,” begitu isi pernyataan media mengenai gerakan ini.

Selengkapnya...

4 dari 4 halaman

Sutradara Yahudi Jonathan Glazer Kritik Serangan Israel ke Gaza Saat Beri Pidato Kemenangan di Piala Oscar 2024

Salah satu sineas yang membawa puang trofi dalam perhelatan Piala Oscar 2024 yang digelar Senin (11/3/2024) kemarin adalah Jonathan Glazer. Film yang ia tulis dan arahkan, The Zone of Interest, meraih dua piala yakni Film Panjang Internasional Terbaik dan Tata Suara Terbaik.

Sebuah kejadian menarik terjadi saat ia naik panggung untuk menerima piala di kategori Film Panjang Internasional Terbaik. Dilansir dari BBC, Jonathan Glazer mengkritisi serangan yang terjadi Palestina maupun Israel.

Saat naik ke atas panggung, sineas Yahudi ini pertama-tama mengucap terima kasih kepada The Academy, partnernya A24, serta sejumlah pihak yang membantunya dalam film ini. Selanjutnya, ia menyampaikan pernyataan yang ia tulis dalam secarik kertas.

Selengkapnya...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.