Sukses

Bolehkah Konsumsi Vitamin Saat Perut Kosong, Ini Kata Pakar

Bolehkah mengonsumsi vitamin saat perut dalam keadaan kosong? Ini kata pakar

Liputan6.com, Jakarta Kebanyakan orang dewasa yang sehat bisa mendapatkan semua vitamin dan mineral yang mereka perlukan melalui makanan bergizi, yang berarti Anda mungkin tidak perlu mengonsumsi suplemen vitamin untuk memenuhi kebutuhan tubuh Anda. Namun, faktanya tidak semua orang mampu memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral lewat makanan yang mereka konsumsi. 

Tak heran, banyak yang memilih untuk mengonsumsi suplemen vitamin, baik untuk mengatasi kekurangan vitamin atau untuk memastikan mereka memenuhi kuota. Jika Anda mengonsumsi suplemen vitamin, Anda mungkin bertanya-tanya bagaimana pola makan Anda dapat memengaruhi kemanjuran dan efek sampingnya. 

Secara khusus, banyak orang tidak yakin apakah boleh mengonsumsi vitamin saat perut kosong.

Christa Brown, MS, RDN, LD, ahli diet diabetes di New Jersey, mengatakan bahwa Anda tidak akan menyebabkan kerusakan jangka panjang dengan melakukan hal tersebut. “Tidak ada salahnya mengonsumsi vitamin saat perut kosong,” katanya kepada Best Life.

Namun, ada beberapa pengecualian terhadap aturan tersebut. Jenis vitamin tertentu—khususnya vitamin yang larut dalam lemak seperti vitamin A, D, E, dan K—"bisa menjadi sangat keras saat perut kosong dan dapat menyebabkan masalah pencernaan," kata ahli diet tersebut. 

“Secara umum dianjurkan untuk mengonsumsi jenis vitamin tersebut dengan makanan untuk membantu mengurangi potensi efek samping dan meningkatkan penyerapan.”

Brown mengatakan bahwa beberapa orang yang mengonsumsi vitamin jenis ini sebelum makan mengalami mual, sakit perut atau kram, atau bahkan muntah. "Jika Anda sudah menderita penyakit gastroesophageal reflux, maag, maag, sindrom iritasi usus besar (IBS), atau kondisi pencernaan lainnya, mengonsumsi vitamin saat perut kosong dapat menyebabkan kondisi Anda kambuh," tambah Cleveland Clinic.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Membantu penyerapan vitamin

Selain membantu Anda menghindari efek samping yang tidak menyenangkan, mengonsumsi vitamin jenis tersebut dengan makanan juga akan membantu meningkatkan penyerapannya. Meskipun vitamin yang larut dalam air hanya membutuhkan air untuk dipecah dan diserap ke dalam aliran darah, vitamin yang larut dalam lemak harus diserap bersama dengan lemak makanan yang Anda makan.

Brown merekomendasikan makan segenggam kacang untuk membantu "menyiapkan sistem pencernaan Anda" dan menyediakan penyangga vitamin. “Sepotong roti panggang dengan sedikit mentega juga bisa membantu,” katanya.

Stacy Roberts-Davis, RD, ahli diet dengan pengalaman lebih dari satu dekade, merekomendasikan makan setidaknya 30 menit sebelum mengonsumsi vitamin apa pun yang dapat menyebabkan gangguan pencernaan. Ini akan membantu melancarkan sistem pencernaan Anda, yang selanjutnya dapat membantu penyerapan. Ia menekankan bahwa penting untuk selalu membaca label vitamin Anda.

Dan tentu saja, pastikan untuk mendengarkan tubuh Anda setiap kali Anda mengonsumsi vitamin, suplemen, atau obat-obatan. Jika ada sesuatu yang menyebabkan kesusahan atau ketidaknyamanan, pastikan untuk mendiskusikan dengan dokter Anda apa yang Anda pakai dan berapa dosisnya.

3 dari 4 halaman

Apa Itu Respons Trauma? Kenali 4 Jenisnya, Tanda-tanda, dan Cara Mengatasinya

Situasi stres dan traumatis memang tidak bisa dihindari. Namun sayangnya, kedua hal ini termasuk bahaya yang dirasakan, dan ancaman terhadap keselamatan Anda semuanya memicu respons stres alami tubuh Anda.

Mekanisme pertahanan bawaan ini menyebabkan reaksi biologis dan psikologis yang dimaksudkan untuk membantu Anda merespons berbagai ancaman dengan cara yang paling efektif. Inilah yang bisa memengaruhi kesehatan mental Anda.

Berdasarkan informasi yang dirangkum dari Health, Senin (4/3/2024), pengalaman masa lalu, kepribadian Anda, dan jenis ancaman memengaruhi cara tubuh Anda terpicu dan merespons situasi yang membuat stres atau menakutkan.

Selengkapnya...

4 dari 4 halaman

Rekomendasi 11 Jenis Meditasi Ampuh Atasi Depresi

Berbagai jenis meditasi yang berbeda bekerja di dalam tubuh dengan tujuan mencapai tingkat kesadaran yang lebih tinggi. Menurut pandangan Dr. Schwartz, tingkat kesadaran yang lebih tinggi dapat memberikan manfaat yang signifikan bagi individu yang mengalami kecemasan atau depresi.

Bukti-bukti telah menunjukkan bahwa meditasi efektif dalam membantu individu yang menderita dari gangguan depresi klinis hingga depresi berat. Dr. Schwartz juga merujuk pada keyakinan yang kuat dalam bidang ilmu saraf dan psikologi bahwa meditasi memiliki kemampuan untuk mengubah fisiologi otak seseorang.

Berikut ini 11 jenis meditasi yang dapat digunakan untuk membantu mengatasi meditasi dikutip dari Health.com (4/3/2024).

Selengkapnya...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.