Sukses

Ranking 6 Universitas Elite yang Bersaing di University War Versi QS WUR 2024

Survival show terbaru asal Korea Selatan yang berjudul University War telah berhasil menarik perhatian publik. Kontes ini diikuti oleh kampus-kampus ternama di Korea Selatan yang telah diakui secara global. Berdasarkan QS World University Ranking 2024, berikut peringkat kampus yang mengikuti ajang University War.

Liputan6.com, Jakarta - Survival show terbaru asal Korea Selatan yang berjudul University War telah berhasil menarik perhatian publik, termasuk penggemar dari Indonesia. Kejeniusan para pemain yang mengikuti kontes ini tentu menimbulkan kekaguman bagi penonton, sebab mereka dapat menyelesaikan soal-soal sulit yang diberikan.

Para peserta itu ditantang untuk menyelesaikan berbagai soal yang mengandalkan kekuatan berpikir, mulai dari soal matematika, memori, geometri, hingga permainan strategi. Kemudian, permainan akan berlangsung dalam beberapa babak, dengan setiap babak menggugurkan salah satu dari tim yang bertanding.

Kontes ini diikuti oleh kampus-kampus ternama di Korea Selatan yang telah diakui secara global. Berdasarkan QS World University Ranking 2024, berikut peringkat kampus yang mengikuti ajang University War.

6. Pohang University of Science and Technology (Postech)

Peringkat dunia: 100

Pohang University of Science and Technology atau biasa disingkat Postech merupakan salah satu institusi pendidikan Korea Selatan yang fokus meneliti bidang sains dan teknologi. Hingga saat ini, Postech banyak menghasilkan talenta berprestasi di bidang saintek.

Postech memiliki kampus seluas 1,6 juta meter persegi di kota Pohang. Terdiri dari 81 departemen dan 15 fakultas, universitas ini membuka pendidikan untuk program sarjana, magister, maupun doktor. Selain itu, Postech juga membuka program percepatan magister-doktor sehingga dapat menempuh kedua jenjang pendidikan dengan waktu yang lebih singkat.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

5. Korea University (KU)

Peringkat dunia: 79

Didirikan pada 1905, Korea University merupakan salah satu universitas swasta terbaik di Korea Selatan. Memiliki total mahasiswa mencapai 30 ribu orang, universitas ini terdiri dari 81 departemen, 15 sekolah tinggi, serta 57 lembaga penelitian. Program yang dibuka terdiri atas program sarjana, magister, hingga doktor. 

Bersama Seoul National University dan Yonsei University, Korea University termasuk ke dalam ‘universitas SKY’, tiga universitas paling baik dan paling selektif di Korea Selatan.

Oleh sebab itu, tidak heran universitas ini memiliki seleksi yang sangat ketat pada saat penerimaan mahasiswa baru. Masyarakat korea percaya memasuki ‘universitas SKY’ adalah sebuah kehormatan karena mendapatkan tiket menuju kesuksesan.

4. Yonsei University

Peringkat dunia: 76

Yonsei University didirikan pada tahun 1885 sehingga menjadikannya sebagai salah satu universitas tertua di Korea Selatan. Berlokasi di Seoul, Yonsei University turut menjadi universitas swasta favorit. Oleh sebab itu, tidak heran bila universitas ini memiliki standar yang tinggi dalam pengajaran hingga fasilitas yang disediakan.

Salah satu hal menarik dari Yonsei University yaitu termasuk ke dalam universitas Korea Selatan yang mencetuskan program pertukaran mahasiswa ke luar negeri. Sehingga, Yonsei memiliki jaringan yang paling luas di Korea Selatan dengan lebih dari 700 institusi partner di 77 negara.

Selain itu, universitas ini juga telah mendidik lebih dari 4500 mahasiswa internasional pada tahun 2015. Ini merupakan jumlah terbesar daripada seluruh universitas di Korea Selatan.

3 dari 4 halaman

3. Korea Advanced Institute of Science and Technology (KAIST)

Peringkat dunia: 56

Sejak awal didirikan pada tahun 1971, Korea Advanced Institute of Science and Technology atau yang biasa disingkat KAIST ini sudah berorientasi penuh pada penelitian. Sebagai universitas pertama berbasis penelitian di Korea Selatan, KAIST berhasil mendapatkan perhatian khusus secara global.

Institut pendidikan ini semakin berkembang dan sering dijadikan acuan dari beberapa universitas ternama di dunia.

Seperti namanya, KAIST memiliki fokus untuk melakukan penelitian di bidang pengetahuan dan teknologi. Untuk itu, KAIST berkomitmen untuk memecahkan permasalahan global dan turut membangun kerja sama dengan 232 institusi di 55 negara. Mereka banyak bergerak pada bidang fisika, matematika, teknik, hingga ilmu bisnis dan manajemen.

2. Seoul National University (SNU)

Peringkat dunia: 41

Tidak hanya bersinar di kancah nasional, Seoul National University atau SNU juga memiliki lulusan yang banyak diakui dalam lingkup global. SNU selalu menjadi institut pendidikan nomor satu di Korea Selatan sejak pendiriannya pada tahun 1946.

Mahasiswa yang berhasil menuntut ilmu di SNU merupakan orang-orang pilihan sebab hanya 2,5% dari total pendaftar yang dapat diterima. Selain memiliki seleksi mahasiswa yang ketat, tenaga pengajar di SNU juga memiliki kualitas yang sangat mumpuni dan prestisius. Sebanyak lebih dari 95% pengajar di SNU telah mendapatkan gelar doktor.

Selanjutnya, SNU berkomitmen untuk terus mengembangkan penelitian secara produktif agar riset yang dihasilkan terus mendapat pengakuan secara global. Selain itu, sebuah indeks kualitas penelitian (NSCI) menilai angka sitasi yang merujuk pada penelitian SNU setara dengan 10 hingga 30 universitas top di Amerika Serikat.

4 dari 4 halaman

1. Harvard University

Peringkat dunia: 4

Meskipun bukan tergolong sebagai universitas di Korea Selatan, namun Universitas Harvard memiliki perwakilan yang ditandingkan dalam ajang University War. Harvard University merupakan universitas bergengsi yang selalu ada di posisi atas dalam pemeringkatan universitas secara global.

Harvard University didirikan pada tahun 1636 sehingga menjadikannya sebagai universitas tertua di Amerika Serikat. Hingga saat ini, Universitas ini memiliki pendapatan terbesar di antara universitas lain di seluruh dunia.

Terdiri dari 14 sekolah, salah satu di antaranya yaitu Undergraduate Harvard College yang memiliki 58 departemen untuk program sarjana. Sedangkan 13 sekolah lainnya ditujukan untuk program pascasarjana dan profesional.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini