Sukses

Profil dan Agama Komedian Komeng, Calon Kuat Pemegang Kursi DPD RI

Munculnya nama komedian Komeng dalam surat suara Caleg DPD RI pada pemilu (14/2/2024) lalu rupanya berhasil menyita banyak perhatian publik. Yuk intip profilnya!

Liputan6.com, Jakarta Muncul dalam surat suara dengan gaya foto paling nyentrik di antara yang lain, Alfiansyah Bustami atau yang lebih dikenal sebagai Komeng, kini tengah ramai menjadi perbincangan masyarakat. 

Bagaimana tidak, selain foto pencalonannya yang unik dengan gaya jenaka, namanya yang terdaftar dalam surat suara DPD RI membuat banyak orang terkejut. Pasalnya, sebelumnya ia tidak pernah terdengar melakukan kampanye sama sekali.

Namun demikian, serba-serbi unik tentang pencalonannya sebagai dewan legislatif ini nyatanya disambut baik oleh publik. Hal ini terbukti dengan pencapaian suaranya yang tembus angka 1,7 juta suara. 

Agar tidak terkejut lagi, mari kenali lebih dalam tentang komedian satu ini. Berikut profil lengkapnya, dirangkum dari berbagai sumber, Rabu (28/2/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 10 halaman

Profil Singkat Komeng

  • Nama Lengkap: Alfiansyah Bustami
  • Nama Panggung: Komeng
  • Tempat Lahir: Jakarta
  • Tanggal Lahir: 25 Agustus 1970
  • Usia: 51 tahun
  • Profesi: Komedian, Aktor, dan Pembawa acara
  • Keturunan: Sunda-Betawi

Pria yang kerap disapa Komeng ini memiliki nama asli Alfiansyah Bustami. Berdarah Sunda-Betawi, ia lahir di Jakarta, 25 Agustus 1970 dari pasangan Mursyod Bustami dan Richana. 

Pada 29 September 1999 ia memutuskan untuk memulai lembaran baru dengan menikahi Aprillia Indra Dewi. Dari pernikahan tersebut, Komeng dan istri dikarunia tiga anak kembar bernama Bagus Athallah Aldi, Ganteng Maritza Aldi, dan Cantika Alhayu Aldi.

3 dari 10 halaman

Latar Belakang Pendidikan Komeng

Karena kesibukannya di dunia hiburan, Komeng pernah beberapa kali pindah kampus dan tidak menamatkan kuliahnya, salah satunya di Akademi Bisnis Indonesia pada tahun 1990. Namun demikian, selama menjadi mahasiswa ABI, ia aktif berpartisipasi sebagai anggota Himpunan Mahasiswa Islam Komisariat ABA-ABI.

Nyatanya, komedian yang terkenal dengan slogan “uhuyy…” ini tidak putus asa dalam mengejar pendidikannya yang tertinggal. Terbukti, ia akhirnya lulus sebagai Sarjana Ekonomi di Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Tribuana Bekasi pada April 2018 lalu.

4 dari 10 halaman

Perjalanan Karir Komeng

Komeng dikenal khalayak sebagai seorang komedian semenjak ia bergabung dalam sebuah grup lawak bernama Diamor. Bersama ketiga kawannya, Jarwo Kuat, Mamo, dan Rudi Sipit, grup lawak tersebut cukup eksis dengan ditayangkan di TPI pada tahun 1993-1996.

Dalam perjalanan karirnya, ia juga pernah menggeluti beberapa profesi seperti pengisi suara, presenter, dan penyiar radio di SK Jakarta pada tahun 1993-1996 dan di Bens Radio pada 1996.

Selama terjun di dunia hiburan, ia sudah membintangi banyak acara TV seperti Kompor Diamor (1991), Akal-Akalan (1996), Otak-Otak Kuda (1996), Malioboro (1996), Putri Duyung (2001-2002), Gokil (sekarang), dan lainnya.

Komeng nampaknya juga memiliki ketertarikan untuk melebarkan karirnya ke ranah politik. Terbukti dengan pencalonannya sebagai DPD RI Jawa Barat Periode 2024-2029 pada pemilu tahun ini.

5 dari 10 halaman

Agama yang Dianut Komeng

Sebagai seorang public figure rupanya agama menjadi salah satu informasi yang banyak dicari warganet. Dilansir dari lyceum.id, disebutkan bahwa komeng memeluk agama Islam. Dalam akun Instagram-nya pun, Komeng pernah membagikan momen perayaan Idul Fitri tahun lalu (22/4/2023) bersama keluarganya.

6 dari 10 halaman

Akun Sosial Media Komeng

Mengikuti jejak para public figure lain yang tak hanya bergantung dengan TV, rupanya Komeng pun melihat peluang yang tak kalah menguntungkan melalui sosial media. Kini, ia tampak cukup rajin membuat konten untuk akun YouTube pribadinya yaitu KOMENG Info. 

Selain itu, ia juga kerap kali membagikan momen di Instagram pribadinya yang unik dengan username @komeng.original.

7 dari 10 halaman

Apakah Komeng Calon DPD?

Pada tanggal 13 Mei 2023, Komeng mendaftarkan dirinya di kantor KPU Provinsi Jawa Barat sebagai calon anggota DPD RI untuk daerah pemilihan Jabar melalui jalur independen.

8 dari 10 halaman

Komeng Calon Legislatif Apa?

Alfiansyah Bustami, yang dikenal sebagai seorang komedian, telah mencalonkan diri sebagai kandidat untuk menjadi anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) dari wilayah pemilihan Jawa Barat.

9 dari 10 halaman

Komeng DPD dari Dapil Mana?

Pada tanggal 15 Februari 2024 jam 08.00 WIB, Komeng mendominasi dalam perhitungan suara pemilihan DPD di Jawa Barat.

10 dari 10 halaman

Rumah Komeng Dimana?

Berada di Bukit Golf Hills Sentul, rumah itu sebelumnya jarang menjadi sorotan, tetapi sekarang menarik perhatian sebagai pusat perhatian.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.