Sukses

Intip Keseruan Komunitas GUA Edukasi Praktik Guna Ulang di TK Aisyiyah 83 Bambu Apus

Komunitas GUA memberi edukasi terkait praktik guna ulang

Liputan6.com, Jakarta Sebanyak 60 siswa hadir dalam edukasi metode 3R (reduce reuse recycle) dalam pengelolaan sampah yang diadakan oleh Komunitas Guna Ulang Aja (GUA) di TK Aisyiyah 83, Bambu Apus, Pamulang, Tangerang Selatan, pada Senin, 19 Februari 2024.

Penyampaian materi yang riang gembira oleh mentor GUA membuat suasana menjadi seru. Seluruh siswa tampak antusias mengikuti acara sampai selesai. Apalagi ketika ada games berhadiah, mereka semakin semangat untuk bisa menjawab. Dan itu terbukti ketika para siswa berhasil menjawab dengan benar pertanyaan diajukan.

Salah satu materi yang disampaikan mentor GUA adalah ajakan untuk memakai barang yang bisa dipakai berulang-ulang agar tidak menimbulkan sampah. Contohnya seperti membawa botol minum (tumbler) dan tas jinjing (totebag). Yang menarik, ternyata semua siswa sudah membawa tumbler dan tempat makan ke sekolah.

Selain pemahaman tentang praktik guna ulang dalam keseharian, para siswa juga diberikan materi tentang pemilahan sampah. Dengan tampilan slide yang menarik dan lengkap dengan contohnya membuat para siswa mengerti dan paham tentang jenis-jenis sampah yang disampaikan oleh mentor GUA.

“Semua sampah harus dipilah berdasarkan jenisnya, selanjutnya sampah anorganik disetor ke bank sampah, terus dibawa ke pabrik daur ulang untuk diolah menjadi barang baru “ kata Rizka Ayu Febrianti, salah seorang mentor di depan para siswa.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Akan diberi praktik pemilahan sampah

Rencananya usai mendapat pemahaman tentang praktik guna ulang dan pemilahan sampah, adik-adik dari TK Aisyiyah 83 Bambu Apus akan diajak ke Bank Sampah terdekat di Rt 003/06 Villa Pamulang Mas, Bambu Apus. Di sana mereka akan melihat langsung sekaligus praktik memilah sampah sesuai dengan ketegotinya.

Kepala Sekolah TK’ Aisyiyah, Maryam S.Ag, mengaku sangat senang karena murid-murid di sekolah yang dipimpinnya diberi pelatihan tentang cara mengelola sampah. Ia berharap kegiatan tersebut dapat berkelanjutan agar anak-anak dapat memahami kemudian mempraktikkan dalam kehidupan sehari-hari.

“Mengelola sampah harus jadi pembiasaan sejak dini, karena kelak mereka yang akan merawat bumi ini,” kata Maryam dengan sumringah. Ia mengapresiasi Komunitas GUA yang telah mengedukasi siswa TK’ Aisyiyah 83.

 

3 dari 3 halaman

Harapan dapat menjadi program berkelanjutan

“Kami berharap kerja sama inii dapat berkelanjutan, saya berharap Komunitas GUA kembali lagi ke sekolah kami nanti pada tahun ajaran baru untuk mengedukasi murid-murid baru ,” kata Maryam.

Koordinator GUA, Ardianto Prabowo, mengatakan dengan edukasi 3R ini diharapkan para siswa mendapatkan pengetahuan tentang pengelolaan sampah sejak dini. “Hari ini kami senang bisa hadir di TK’ Aisyiyah 83. Bisa berbagi pengetahuan kepada adik-adik di sini.” kata Bowo, sapaan akrab Ardianto Prabowo.

 

Penulis:

Suray

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.