Sukses

5 Cara Mudah Kembalikan Warna Bibir Agar Merah Alami

Berikut cara mudah untuk menjaga bibir agar tampak merah alami.

Liputan6.com, Jakarta Membuat bibir terlihat merah alami bisa menjadi alternatif untuk mengatasi masalah bibir yang terlihat kusam dan gelap. Masalah ini sering kali mengganggu penampilan serta mengurangi tingkat kepercayaan diri seseorang.

Salah satu cara untuk mengatasinya adalah dengan melakukan eksfoliasi pada bibir. Selain itu, menjaga kelembaban bibir juga menjadi hal yang krusial agar bibir tampak merah alami.

Setiap orang memiliki kondisi bibir yang berbeda-beda. Namun, warna bibir yang merah cerah sering dianggap sebagai yang paling diidamkan. Hal ini mendorong sebagian orang untuk mencari metode alami dalam memerahkan bibir.

Berikut 5 cara untuk mengembalikan warna bibir secara alami yang dirangkum dari berbagai sumber, pada Senin, (19/02/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 9 halaman

Eksfoliasi Bibir

Aplikasikan sedikit gula atau sedikit madu pada bibir, lalu gosok perlahan. Selanjutnya, keringkan bibir dengan handuk atau kain bersih dan gunakan pelembab bibir.

Meskipun cara ini cukup berhasil, disarankan untuk tidak melakukan eksfoliasi lebih dari dua kali seminggu agar bibir tidak teriritasi.

3 dari 9 halaman

Hindari Menggigit Bibir

Seringkali, orang cenderung menggigit bibir agar terlihat merah alami.

Meskipun demikian, perilaku semacam itu berpotensi membuat bibir menjadi kering, pecah-pecah, bahkan berdarah.

Maka dari itu, disarankan untuk menghindari kebiasaan tersebut sebagai langkah alami untuk mempercantik warna bibir.

4 dari 9 halaman

Hindari Kebiasaan Merokok

Penelitian telah mengungkapkan bahwa kebiasaan merokok berpotensi memberikan dampak buruk terhadap kesehatan kulit, termasuk pada bagian bibir.

Efek dari kebiasaan tersebut dapat menyebabkan penggelapan pada bibir karena merokok mendorong peningkatan produksi melanin, yakni pigmen yang terdapat pada kulit, terutama di area bibir.

5 dari 9 halaman

Konsumsi Air Mineral yang Cukup

Untuk mendapatkan bibir merah alami, salah satu cara alternatifnya adalah menjaga tubuh tetap terhidrasi dengan cukup, yaitu dengan minum minimal 2 liter air putih setiap hari atau setara dengan 8 gelas.

Dengan menjaga kadar cairan tubuh, bibir akan tampak merah segar, tetap dalam keadaan sehat, dan terhindar dari kekeringan.

6 dari 9 halaman

Melindungi Bibir dengan Pelembab yang Mengandung SPF

Paparan sinar matahari berpotensi mengubah warna bibir. Agar terhindar dari dampak tersebut, dianjurkan untuk menggunakan lip balm dengan SPF minimal 15 atau lebih.

7 dari 9 halaman

Apakah Odol Baik untuk Bibir?

Dikutip dari sumber lain, Anda bisa memanfaatkan sikat gigi untuk eksfoliasi kulit bibir selain scrub bibir. Tetapi jangan langsung disikat tanpa perantara apa-apa.

8 dari 9 halaman

Bibir Hitam Disebabkan Apa?

Dikutip dari sumber lain, Ada beberapa kondisi yang bisa menjadi pemicu bibir hitam. Misalnya, keturunan atau genetik, kehamilan, perubahan hormon, iritasi maupun alergi terhadap produk kecantikan pada bibir. 

9 dari 9 halaman

Apakah Gula dan Odol Bisa Memerahkan Bibir?

Dikutip dari sumber lain, Cara memerahkan bibir dengan odol yang ketiga adalah menambahkan gula pasir. 

Gula pasir ditambahkan dengan tujuan sebagai scrub alami yang bisa mengangkat sel kulit mati pada bibir sehingga tampilan bibir bisa menjadi lebih cerah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini