Sukses

Gunung Ruang Bergejolak Lagi, Semburan Abu Vulkanik Capai 5.000 Meter

Gunung Ruang mengalami erupsi dahsyat pada Selasa pagi (30/4/2024), pukul 08.35 Wita.

 

Liputan6.com, Jakarta - Gunung Ruang mengalami erupsi dahsyat pada Selasa pagi (30/4/2024), pukul 08.35 Wita. Laporan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) menyebutkan, tinggi kolom letusan Gunung Ruang mencapai 5.000 meter di atas puncak, atau sekitar 2.725 meter di atas permukaan laut. 

Kolom abu erupsi Gunung Ruang kali ini teramati berwarna kelabu hingga hitam dengan intensitas tebal ke arah timur dan selatan. Saat laporan ini dibuat, erupsi masih berlangsung.

Masyarakat dan wisatawan di sekitar Gunung Ruang dilarang memasuki wilayah radius 6 km dari pusat kawah aktif Gunung Ruang.

Masyarakat yang bermukim pada wilayah P. Tagulandang yang masuk dalam radius 6 km agar segera dievakuasi ke tempat aman di luar radius 6 km.

Sedangkan masyarakat di Pulau Tagulandang, khususnya yang bermukim di dekat pantai, agar mewaspadai potensi lontaran batuan pijar, luruhan awan panas (surge), dan dan tsunami akibat material erupsi yang masuk kelaut/runtuhnya tubuh gunungapi ke dalam laut.

Masyarakat diimbau untuk selalu menggunakan masker, untuk menghindari paparan abu vulkanik yang dapat mengganggu sistem pernapasan. Pastikan informasi yang didapat soal Gunung Ruang terkonfirmasi, bukan berita bohong alias hoaks.

Gunung Ruang pada Rabu 17 April statusnya meningkat dari Siaga menjadi Awas usai mengalami erupsi hebat. Sepanjang 2024 Gunung Ruang tercatat sudah meletus sebanyak 10 kali. Hingga berita ini diturunkan, Gunung Ruang masih berstatus Siaga (Level III).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.