Sukses

5 Amalan Isra Miraj yang Datangkan Banyak Pahala

Liputan6.com, Jakarta - Rajab merupakan bulan ketujuh dalam kalender Islam. Di bulan ini, ada banyak peristiwa penting yang terjadi dalam sejarah perjalanan umat Islam, salah satunya Isra Miraj.

Isra Miraj adalah peristiwa penting, yakni Allah SWT memberikan keistimewaan pada Nabi Muhammad SAW untuk melakukan perjalanan mulia bersama malaikat Jibril, mulai dari Masjidil Haram Makkah menuju Masjidil Aqsa. Kemudian menuju Sidratul Muntaha untuk menghadap Allah SWT.

Melansir dari Nu Online, Kamis (8/2/2024), peristiwa tersebut sebagai firman Allah dalam surat Isra' ayat 1, yang berbunyi:

سُبْحَانَ الَّذِي أَسْرَىٰ بِعَبْدِهِ لَيْلًا مِّنَ الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ إِلَى الْمَسْجِدِ الْأَقْصَى الَّذِي بَارَكْنَا حَوْلَهُ لِنُرِيَهُ مِنْ آيَاتِنَا إِنَّهُ هُوَ السَّمِيعُ الْبَصِيرُ

Artinya,

Maha Suci Allah, yang telah memperjalankan hamba-Nya pada suatu malam dari Al Masjidil Haram ke Al Masjidil Aqsha yang telah Kami berkahi sekelilingnya agar Kami perlihatkan kepadanya sebagian dari tanda-tanda (kebesaran) Kami. Sesungguhnya dia adalah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.

Dalam ayat tersebut ditegaskan bahwa di antara tujuan dari Isra Mikraj Nabi Muhammad adalah Allah memperlihatkan kepada Nabi Muhammad tanda-tanda kebesaran dan keagungan-Nya.

Karena itu, dalam peristiwa tersebut Nabi Muhammad melihat berbagai macam tanda-tanda keagungan Allah dalam alam semesta ini, termasuk segala rahasia-rahasia angkasa luar dan rahasia-rahasia alam ghaib.

Amalan Isra Miraj tentu memiliki keistimewaan tersendiri. Berikut beberapa amalan yang datangkan banyak pahala.

1. Membaca Doa dan Salawat

Memperbanyak bacaan salawat dan doa adalah amalan-amalan yang disunahkan Rasulullah SAW di bulan Rajab, seperti Isra Miraj. Salawat adalah amalan yang baik ditunaikan pada pagi, siang, sore, maupun malam hari.

Allah SWT berfirman dalam Alquran surat Al-Ahzab ayat 56 yang artinya:

“Sesungguhnya Allah dan para malaikat-Nya bersalawat untuk Nabi. Wahai orang-orang yang beriman! Bersalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam dengan penuh penghormatan kepadanya.”

2. Perbanyak Istighfar

Memperbanyak istighfar adalah amalan-amalan yang disunahkan Rasulullah SAW di bulan Rajab. Dalam buku berjudul Menggapai Berkah di Bulan-Bulan Hijriyah oleh Sa’adah, diungkap bulan ini diberi nama Rajab karena para malaikat memuliakan bulan ini dengan membaca tasbih dan tahmid.

3. Memperbanyak Sedekah

mengeluarkan zakat khusus pada bulan Rajab adalah amalan-amalan yang disunahkan Rasulullah SAW di bulan Rajab. Para ulama mengungkap, bersedekah di bulan Rajab membebaskan seorang muslim dari siksa api neraka.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

4. Puasa Sunah

Rajab adalah bulan yang baik untuk berpuasa. Ini sebabnya sangat dianjurkan untuk melakukan puasa Rajab.

Pada dasarnya puasa sunah memang dianjurkan dilaksanakan untuk memperoleh kemuliaan Allah. Berpuasa di bulan Rajab juga bisa menjadi persiapan menyambut bulan Ramadhan.

5. Sholat Sunah

Sholat malam adalah amalan-amalan yang disunahkan Rasulullah SAW di bulan Rajab. Amalan memperbanyak sholat malam di bulan Rajab dahulu dilakukan oleh Sayyidina Ali. Hal ini diungkap dalam kitab al-Ghun-yah oleh Syekh Abdul Qadir Jaelani. Dikisahkan, Sayyidina Ali fokus menjalankan ibadah pada empat malam dalam satu tahunnya.

Di mana salah satunya adalah pada malam pertama bulan Rajab, jangan ragukan amalan-amalan yang disunnahkan Rasulullah SAW di bulan Rajab ini. Maka sholat malam di bulan Rajab baik ditunaikan untuk menyucikan diri sebelum bulan Ramadan tiba. Apalagi amalan sholat malam amat dicintai oleh Allah SWT terlepas dilakukan pada bulan apa sholat malam itu.

 

3 dari 3 halaman

20 Ucapan Isra Miraj 2024

Isra Miraj merupakan salah satu peristiwa penting yang berlangsung pada bulan Rajab. Momen ini merupakan salah satu peristiwa penting bagi umat Islam. Sebab, pada peristiwa ini Nabi Muhammad SAW mendapat perintah untuk menunaikan sholat lima waktu sehari semalam.

Saat Isra Miraj, Allah SWT memperjalankan Nabi Muhamad dari Masjidilharam Makkah, menuju Masjidil Aqsha Paletina, kemudian nabi pergi melintasi lapisan-lapisan langit tertinggi sampai batas yang tidak dapat dijangkau pengetahuan malaikat, manusia, maupun jin, dengan mengendarai Buraq.

Isra Miraj diperingati setiap tanggal 27 Rajab di kalender Hijriah. Tahun 2024 ini, Isra Miraj jatuh pada Kamis, 8 Februari 2024.

Namun, tak lengkap rasanya jika tidak mengirimkan ucapan Isra Miraj melalui pesan singkat atau pun dibagikan ke media sosial.

Berikut kumpulan ucapan Isra Miraj 2024 yang bisa Anda pilih untuk dikirim ke orang terkasih hingga dibagikan ke media sosial.

Ucapan Isra Miraj 2024:

1. Selamat memperingati hari Isra Miraj. Mari kita jadikan sholat lima waktu sebagai fondasi iman dan takwa untuk kita lebih memiliki sifat tawadu, kesabaran, kejujuran, dan menyayangi sesama, seperti sunnah Rasulullah SAW.

2. Selamat hari raya Isra Wal Mi’raj. Mari kita tanamkan kekuatan yang lebih dalam dan kebijaksanaan keyakinan tidak hanya untuk diri kita sendiri tetapi untuk seluruh umat. 

3. Mari kita mengambil kesempatan pada hari yang mulia ini dan membuat harapan untuk masa depan kita yang sejahtera dari Allah SWT.

4. Peringatan Isra Miraj Baginda Rasulullah SAW makin mengingatkan kita untuk lebih melafalkan kitab suci Al-Qur'an agar menggema di setiap telinga dan menyejukkan hati setiap kaum Muslim yang mendengarnya.

5. Selamat hari raya Isra Miraj 2024. Mari kita tanamkan kekuatan yang lebih dalam dan kebijaksanaan keyakinan tidak hanya untuk diri kita sendiri tetapi untuk seluruh umat. 

Selengkapnya...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.