Sukses

4 Alasan Mengapa Sentuhan Fisik Penting dalam Hubungan Cinta

Keintiman fisik menjadi sarana komunikasi yang kuat yang melampaui kapasitas kata-kata. Oleh karena itu, ketahui pentingnya sentuhan fisik dalam hubungan cinta.

Liputan6.com, Jakarta - Keintiman fisik menjadi sarana komunikasi yang kuat yang melampaui kapasitas kata-kata. Baik itu berpegangan tangan atau mencium kening dengan lembut, ikatan fisik memperdalam hubungan cinta.

Dalam bukunya yang terkenal "The Five Love Languages," Dr. Gary Chapman menyatakan lima cara individu mengekspresikan cinta dalam hubungan cinta.

Ini adalah kata-kata penegasan, waktu berkualitas, menerima hadiah, tindakan pelayanan dan sentuhan fisik.

Cara kita mengekspresikan cinta kita dalam hubungan cinta menentukan kedalaman keintiman emosional dalam hubungan tersebut dan dalam hal ini sentuhan fisik adalah isyarat yang sangat ampuh untuk mengungkapkan hasrat dan cinta kepada pasangan.

Oleh karena itu, ketahui pentingnya sentuhan fisik dalam hubungan cinta, seperti melansir dari Times of India, Selasa (6/2/2024).

1. Sentuhan fisik terkait dengan otakmu

Penelitian ilmiah menunjukkan bahwa terdapat manfaat emosional dan fisiologis yang terkait dengan sentuhan fisik dalam hubungan cinta.

Saat kita mencium atau memeluk hangat pasangan kita dengan lembut, tubuh memicu pelepasan 'oksitosin' yang mengurangi stres dengan memberikan perasaan didukung dan diperhatikan dalam suatu hubungan.

Respons fisiologis tubuh kita yang dirangsang oleh sentuhan fisik berkontribusi pada rasa sejahtera dan peningkatan suasana hati.

Hal ini dikarenakan sentuhan fisik menumbuhkan rasa saling percaya antar pasangan dan memberikan efek menenangkan pikiran dengan mengaktifkan pelepasan zat kimia tertentu di otak seperti dopamin, oksitosin dan serotonin.

2. Keintiman emosional yang dalam

Tindakan mendekati diri dengan pasangan merupakan ekspresi cinta, perhatian dan ikatan. Keintiman fisik membantu membangun ikatan emosional yang lebih dalam di antara pasangan.

Ini adalah ekspresi cinta yang nyata yang menumbuhkan rasa kepercayaan dan dukungan dalam hubungan.

Ini adalah obat alami untuk kecemasan, ketakutan dan stres. Misalnya, ciuman di kening yang mengandung kehangan cinta yang bisa membuat pasanganmu merasa didukung di masa-masa sulit. Singkatnya, kedekatan fisik dengan pasanganmu menunjukkan rasa berdiri di sisinya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Sentuhan fisik membangun kepercayaan dan membentuk hubungan cinta yang aman

Sentuhan fisik memberikan rasa nyaman di saat ketidakpastian atau tekanan. Kedekatan fisik menciptakan gaya keterikatan yang aman dalam hubungan cinta.

Berpelukan atau berpegangan tangan mengkomunikasikan rasa aman dalam hubungan. Kekuatan sentuhan fisik akan memupuk kepercayaan dan menyisakan sedikit ruangan untuk keraguan dalam hubungan.

Ketika kedua pasangan dekat satu sama lain, keyakinan akan cinta mereka semakin kuat.

 

 

3 dari 3 halaman

4. Kedekatan fisik dan komunikasi adalah konsep yang berkaitan

Baik itu ciuman lembut atau pelukan hangat, sentuhan fisik mengomunikasikan emosi yang terpendam jauh di dalam hati.

Kedekatan fisik adalah sikap manis yang tidak membutuhkan kata-kata untuk mengomunikasikan cinta. Hal ini memberi ruang bagi kedua pasangan untuk menjadi rentan dalam hubungan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.