Sukses

Patut Dicoba, 5 Cara Efektif Mengatasi Stres dengan Sederhana

Ketahui beberapa cara mudah dan efektif untuk mengatasi stres untuk mendorong gaya hidup yang lebih seimbang dan sehat.

Liputan6.com, Jakarta - Stres seringkali menjadi teman tetap dalam simfoni kacau kehidupan kita sehari-hari. Di sisi lain, pengenalan stres dan strategi manajemen stres proaktif sangat penting untuk kesehatan kita secara umum.

Oleh karena itu, ketahui beberapa cara mudah dan efektif untuk mengatasi stres untuk mendorong gaya hidup yang lebih seimbang dan sehat, seperti melansir dari Times of India, Senin (5/2/2024).

1. Akui stresmu

Mulailah dengan meluangkan waktu sejenank untuk mengakui dan menerima stresmu. Daripada menganggapnya sebagai penghalang, pandanglah itu sebagai peluang untuk pertumbuhan pribadi.

Tindakan mengakui stres bukanlah tanda kelemahan, melainkan langkah pertama menuju mencari bantuan atau menemukan solusi konstruktif.

Menghadapi stres secara langsung bisa menjadi katalisator yang kuat untuk perubahan positif dan pengembangan pribadi.

2. Kunyah permen karet

Untuk teknik pengurangan stres yang tidak terduga, ambilah permen karet, terutama yang memiliki aroma harum.

Sebuah penelitian yang diterbitkan secara online di US National Library of Medicine menunjukkan bahwa mengunyah permen karet selama tiga menit saja bisa menurunkan tingkat stres secara signifikan.

Tindakan mengunyah yang berirama melibatkan pikiran dan inderamu, menawarkan cara yang cepat dan mudah untuk mengurangi stres. Jadi, jika suatu saat stres menyerangmu, masukkan permen karet dan biarkan hal itu bekerja dengan baik.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Tutup matamu dan pindai tubuhmu

Ciptakan ruang yang menenangkan, pejamkan mata, dan mulai pemindaian tubuh secara sadar dari ujung kepala hingga ujung kaki.

Perhatikan sensasi atau ketegangan fisik apa pun. Latihan kesadaran yang sederhana namun kuat ini meningkatkan kedasaran tubuh, membantumu melepaskan akumulasi stres.

Luangkan waktu sejenak untuk terhubung kembali dengan dirimu sendiri, menghargai masa kini dan melepaskan beban yang membebanimu.

4. Tidur siang

Di hari yang sibuk, tidur siang singkat selama 10 menit bisa menjadi solusi untuk mengatur ulang pikiranmu. Kurang tidur bisa meningkatkan stres, sehingga tidur siang singkat menjadi solusi yang menyengarkan.

Temukan tempat yang tenang, pejamkan mata, dan biarkan dirimu melarikan diri sejenak untuk mengisi ulang baterai mentalmu. Anda akan terkejut betapa jeda singkat bisa meningkatkan ketahananmu terhadap tantangan hari ini.

 

3 dari 3 halaman

5. Latih pernapasan dalam

Tambahkan teknik pernapasan 4-7-8 ke dalam rutinitasmu untuk mengaktifkan respons relaksasi. Tarik napas selama 4 detik, tahan selama 7 detik dan buang napas selama 8 detik.

Bernapas dalam-dalam tidak hanya menenangkan sistem saraf, tetapi juga memberikan rasa ketenangan secara langsung.

Jadikan teknik sederhana namun efektif ini sebagai bagian rutin dari harimu untuk meningkatkan manajemen stres dan kesejahteraan mental.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.