Sukses

Anies Baswedan Buka Debat Capres Pakai Bahasa Isyarat, Banjir Pujian Warganet

Anies Baswedan membuka pemaparan visi misi di debat kelima atau terakhir capres Pemilihan Presiden atau Pilpres 2024 dengan menggunakan bahasa isyarat.

Liputan6.com, Jakarta - Calon presiden (capres) nomor urut 1, Anies Baswedan membuka pemaparan visi misi di debat kelima atau terakhir capres Pemilihan Presiden atau Pilpres 2024 dengan menggunakan bahasa isyarat.

Anies terlihat menunjuk ke arah jam yang digunakannya di tangan bagian kiri. Lalu ia menggerakan kedua jarinya seperti memutar.

Bahasa isyarat yang digunakan Anies Baswedan sebelum memulai pemaran visi dan misinya memiliki arti "Waktunya perubahan."

Publik, khususnya para pengguna jejaring sosial sontak menyoroti pembukaan yang dilakukan Anies Baswedan saat debat capres 2024 tersebut. Pantauan tim Citizen6-Liputan6.com, di linimasa X---yang sebelumnya Twiiter, Minggu (4/2/2024), banyak warganet memberikan pujian pada capres nomor urut 1 tersebut. 

Warganet menganggap bahasa isyarat yang digunakan Anies untuk menghormati kaum disabilitas. Berikut beberapa respons warganet di X:

"Pembukaan yg keren dari anies adalah dia menggunakan bahasa isyarat demi menghormati kaum disabilitas," tulis akun @hercule***.

"Appreciate untuk pak anies pake bahasa isyarat tadi," sahut akun @tantik***.

"Pak anies buka debat dengan bahasa isyarat (emot icon hati)," kata akun @_Hr***.

"Keren banget pak anies mulai bicara pake bahasa isyarat," komentar akun @mirebus***.

"Aduh gak habis pikir bgt abah bisa pake bahasa isyarat untuk pembukanya YA ALLAHHH KEREN BGTTT," ucap akun @aigooasy***.

"Pak anies buka pake bahasa isyarat karena salah satu panelis kita hari ini adalah aktivis disabilitas," tulis akun @pistau***.

"Dan arti dari bahasa isyarat dari Pak Anies di pembukaan tadi: Waktunya perubahan. Terharu banget asli," komentar akun @ringof***.

"Wuoooo keren banget pak anies mukadimah bahasa isyarat," sahut warganet @kukamil***.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Profil Dwi Anggia, Moderator Debat Kelima Capres Pilpres 2024

Dua orang jurnalis terpilih menjadi moderator untuk memandu jalannya debat calon presiden (Capres) Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 yang berlangsung pada Minggu (4/2/2024).

Dwi Anggia menjadi salah satu jurnalis yang dipilih Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU RI) untuk menjadi moderator dalam debat kelima atau terakhir capres Pilpres 2024 ini.

Pada debat ketiga capres ini hanya menampilkan capres dari tiga kandidat yakni Anies Baswedan, Ganjar Pranowo dan Prabowo Subianto.

Debat capres 2024 kali ini akan digelar Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta Pusat. Dengan mengusung tema Kesejahteraan Sosial, Kebudayaan, Pendidikan, Teknologi Informasi, Kesehatan, Ketenagakerjaan, Sumber Daya Manusia dan Inklusi.

Lantas, siapa sosok Dwi Anggia yang menjadi salah satu moderator dalam debat kelima capres 2024 ini? Ini dia profil Dwi Anggia.

Profil Dwi Anggia

Dwi Anggia merupakan seorang jurnalis senior dengan pengalaman lebih dari 15 tahun di bidang penyiaran dan pembawa acara. Perempuan kelahiran Padang, 19 Januari 1983 ini lulusan Universitas Andalas Sumatera Barat (Sumbar).

Sebelum terjun ke dunia jurnalis, ia memulai karier dengan bekerja di Radio Arbes fm Padang sebagai penyiar dan penulis naskah pada 2002-2004.

Namun, ia memutuskan memulai karier jurnalisnya dengan menjadi reporter dan pembawa berita di TVRI Sumbar pada tahun 2004-2005.

Lalu ia memutuskan bergabung di stasiun SCTV pada tahun 2005-2009, sebagai reporter dan pembawa berita Liputan 6 News dan Liputan 6 Siang.

Pada 2009 lalu, ia menanggalkan seragam SCTV dan beralih menjadi pembawa berita dan produser purnawaktu di ANTV hingga tahun 2011.

Setelah 2 tahun, Dwi Anggia memutuskan untuk bergabung ke Lativi-- yang saat ini tvOne sebagai pembawa berita. Hingga saat ini, ia telah menjabat sebagai executive producer, supervisor in talent dan associate producer di tvOne.

Selengkapnya...

3 dari 3 halaman

Profil Andromeda Mercury, Moderator Debat Terakhir Capres Pilpres 2024

Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU RI) telah menetapkan Andromeda Mercury dan Dwi Anggia sebagai moderator untuk memandu jalannya debat calon presiden (Capres) Pemilihan Presiden/Pilpres 2024 yang berlangsung pada Minggu (4/2/2024).

Pada debat kelima atau terakhir capres ini tiga calon presiden, yakni Anies Baswedan, Ganjar Pranowo dan Prabowo Subianto bakal beradu gagasan dengan tema yang sudah ditentukan.

Debat capres 2024 kali ini akan digelar Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta Pusat. Dengan mengusung tema Kesejahteraan Sosial, Kebudayaan, Pendidikan, Teknologi Informasi, Kesehatan, Ketenagakerjaan, Sumber Daya Manusia dan Inklusi.

Lantas, siapa sosok Andromeda Mercury yang menjadi salah satu moderator dalam debat kelima capres 2024 ini? Ini dia profil Andromeda Mercury.

Profil Andromeda Mercury

Andromeda Mercury merupakan seorang jurnalis dari TV One. Sebelum bergabung di TV One, Andromeda mengawali kariernya menjadi penyiar berita di TVRI Jawa Barat pada tahun 2007. Ia membawakan program Jabar Dalam Berita.

Namun, ia menanggalkan seragam TVRI dan bergabung menjadi penyiar berita di TV One sejak Agustus 2010 silam hingga saat ini.

Pria kelahiran 18 Mei 1988 ini merupakan lulusan FISIP Universitas Padjadjaran Bandung. Melansir dari lama resmi TV One, nama Andromeda Mercury dipilih sang ayah karena terobsesi dengan dunia astronomi. Jadi, nama Andromeda Mercury merupakan perpaduan antara galaksi dan planet.

Pria berdarah Palembang dan Salatiga ini juga aktif di jejaring sosial. Ia sering membagikan berbagai momen saat bekerja atau travelling ke berbagai daerah di Tanah Air hingga ke luar negeri melalui akun Instagram pribadinya @andromeda_mercury.

Selengkapnya...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.