Sukses

Diperingati Setiap 22 Desember, Ini Tema Hari Ibu 2023 dan Cara Merayakannya

Hari Ibu Nasional diperingati setiap tahun pada tanggal 22 Desember. Hari Ibu di Indonesia memiliki sejarah yang berakar pada perjuangan perempuan untuk terus bergerak dan memberi arti untuk bangsa Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Hari Ibu Nasional diperingati setiap tahun pada tanggal 22 Desember. Hari Ibu di Indonesia memiliki sejarah yang berakar pada perjuangan perempuan untuk terus bergerak dan memberi arti untuk bangsa Indonesia.

Hari Ibu pertama kali dirayakan pada 22 Desember 1928 dalam Kongres Perempuan Pertama yang diadakan di Yogyakarta. Melalui kongres ini, perempuan tidak hanya menegaskan eksistensinya, tetapi juga menunjukkan kekuatannya dalam memajukan kehidupan bangsa dengan cara mengisi ruang-ruang pembangunan Indonesia.

Oleh karena itu, Hari Ibu dirayakan untuk menghormati peran dan kontribusi perempuan dalam pembangunan bangsa. Peringatan Hari Ibu menjadi momen penting untuk memberikan penghargaan terhadap seluruh perempuan Indonesia atas peran, kontribusi, dan dedikasinya bagi keluarga, masyarakat, bangsa, dan negara.

Dikutip dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia, pada Rabu (20/12/2023), peringatan Hari Ibu selalu menjadi momen khusus. Peringatan ini tidak hanya mengucapkan terima kasih atas jasa seorang ibu, namun peringatan Hari Ibu juga bertujuan untuk mendorong semua pemangku kepentingan dan masyarakat luas untuk memberikan perhatian dan pengakuan akan pentingnya eksistensi perempuan dalam berbagai sektor pembangunan.

Peringatan Hari Ibu 2023 menjadi tonggak sejarah baru bagi perjalanan perempuan Indonesia dalam berkontribusi memajukan kehidupan bangsa. Selama perayaan ini, berbagai acara dan kegiatan dilakukan untuk memberikan penghargaan kepada seluruh perempuan dan ibu di Indonesia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tema dan Subtema Hari Ibu 2023

Tema utama Peringatan Hari Ibu ke-95 adalah Perempuan Berdaya, Indonesia Maju. Adapun subtema untuk mendukung tema utama dalam Peringatan Hari Ibu ke095 adalah sebagai berikut:

Subtema 1: Perempuan Bersuara. Sub tema ini bermakna bahwa perempuan harus memiliki keberanian untuk menyampaikan aspirasi, gagasan, dan ide-ide untuk kemajuan bangsa.

Subtema 2: Perempuan Berdaya dan Berkarya. Subtema ini bermakna bahwa perempuan tidak hanya berdaya secara ekonomi namun juga secara sosial budaya, dan kemampuan untuk mengambil peran dalam pengambilan keputusan melalui karya-karya yang nyata.

Subtema 3: Perempuan Peduli. Subtema ini bermakna bahwa perempuan memiliki kepedulian dalam berbagai isu dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.

Subtema 4: Perempuan dan Revolusi. Subtema ini bermakna bahwa perempuan telah mengambil peran dan kontribusi dalam setiap perubahan dinamika untuk kemajuan bangsa.

3 dari 3 halaman

Cara Merayakan Hari Ibu

Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk memperingati Hari Ibu. Selain memberikan hadiah, ada cara lain yang dapat kamu lakukan untuk mengekspresikan rasa terima kasih dan kasih sayang.

1. Habiskan Waktu Bersama Seharian

Merayakan Hari Ibu menjadi lebih berkesan jika kamu menghabiskan waktu bersama dengannya. Tak perlu hal sulit, kamu bisa lakukan hal sederhana seperti mengajak ibu jalan-jalan keliling kota atau makan di tempat favorit bersamanya.

2. Mengadakan Piknik Bersama

Kamu dapat libatkan seluruh anggota keluarga untuk merayakan Hari Ibu. Buatlah kejutan kecil dengan cara membuat piknik bersama di belakang rumah atau taman bermain. Dengan sebuah piknik sederhana, kamu akan menghabiskan waktu penuh bersama keluarga dengan lontaran canda dan tawa yang tiada henti.

3. Memasak Untuknya

Memasak untuk ibu di Hari Ibu menjadi cara yang istimewa untuk mengekspresikan rasa cinta dan kasih sayang. Kamu dapat membuat hidangan yang menjadi favoritnya atau makanan yang ia sukai.

Tinggalkan catatan yang berisi ucapan terima kasih atau apresiasi kepadanya, Jika mungkin, beritahu ibu kamu bahwa kamu memasak dengan hati untuknya.  

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.