Sukses

Army, Ini 5 Novel Rekomendasi RM BTS yang Wajib Kamu Baca

RM BTS kerap dijadikan panutan oleh penggemarnya. Tak jarang, di berbagai kesempatan ia membagikan pengetahuannya serta memberi beberapa rekomendasi novel yang wajib dibaca semua orang.

Liputan6.com, Jakarta - Bukan hanya seorang bintang idola, Kim Nam-joon--atau lebih dikenal RM BTS kerap menjadi panutan penggemarnya dalam segala hal, termasuk buku bacaan. Ia sering terlihat membawa buku ke mana pun untuk mengisi waktu senggangnya.

Leader BTS ini sangat menyukai alam dan seni, serta gemar membaca. Bahkan, ia memiliki perpustakaan pribadi di rumahnya. Beberapa toko buku di seluruh dunia, memiliki sudut khusus yang berisi buku-buku bacaan RM BTS demi memudahkan Army---penggemar BTS-- untuk menemukannya.

Di beberapa waktu dalam siaran V-Live, RM BTS membicarakan tentang buku dan musik favoritnya, sekaligus memberi rekomendasi kepada Army. Ia menyebutkan beberapa judul novel yang menurutnya wajib untuk dibaca.

Berikut beberapa novel rekomendasi RM BTS, seperti melansir dari SportsKeeda, Jumat (15/12/2023).

1. Kim Ji Yeong, Born 1982 oleh Cho Nam Joo

RM berbicara tentang buku ini di V-Live dan menyatakan bahwa buku ini memiliki implikasi yang berbeda dari buku lainnya. Dia sangat terkesan dengan buku yang menggugah pikiran ini.

Kim Ji Yeong, Born 1982 adalah buku terlaris internasional, yang diterjemahkan dalam bahasa Inggris oleh Jamie Chang. Ini adalah literatur feminis terkenal yang menggambarkan kehidupan seorang wanita biasa bernama Kim Ji Yeong dan kehidupan wanita yang dia kenal, kesulitan mereka, dan kehidupan di Korea Selatan.

Mengikuti kisah seorang anak perempuan bernama Kim Ji Yeong, ia terlahir dalam keluarga yang mengharapkan anak laki-laki, dan menjadi bulan-bulanan para guru pria di sekolah. Ia disalahkan ayahnya ketika diganggu anak laki-laki dalam perjalanan pulang dari sekolah di malam hari.

Kim Ji Yeong adalah mahasiswi yang tidak pernah direkomendasikan dosen untuk pekerjaan magang di perusahaan ternama, karyawan teladan yang tidak pernah mendapat promosi, dan istri yang melepaskan karier serta kebebasannya demi mengasuh anak.

Banyak orang, terutama para idola KPop yang pernah membaca buku ini, mendapat banyak kritik dari para troll internet karena dianggap feminis. Tak satu pun dari hal itu yang benar-benar menghalangi RM untuk secara terbuka memuji dan merekomendasikannya kepada jutaan orang.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

2. Almond oleh Won Pyung Sohn

Novel yang ditulis oleh Sohn Won Pyung ini mengisahkan tentang seorang anak yang mempunyai kelainan pada bagian otaknya, sehingga tidak bisa merasakan sakit meski dipukul atau digigit sekalipun, serta tidak mampu mengungkapkan emosi atau ekspresi terhadap lawan bicaranya.

Di usianya yang masih belia, anak tersebut dianggap memiliki “keanehan” oleh orang-orang di sekitarnya. Meskipun dianggap “aneh” oleh orang banyak, tetapi anak bernama Yoon Jae itu tetap tak bisa memberikan reaksi apapun.

Buku ini diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris oleh Sandy Joosun Lee, novel tersebut menunjukkan kontras antara anak laki-laki yang tidak merasa cukup dan seorang laki-laki yang merasa terlalu banyak.

Lebih jauh lagi, ini mencerminkan persahabatan antara keduanya. Salah satu dari dua protagonis memiliki kelainan yang disebut Alexithymia yang mencegahnya merasakan emosi seperti empati, ketakutan, dan kemarahan.

Ketiga member BTS, RM, J-Hope, dan Suga terlihat membaca buku ini. Karena pengaruhnya, buku ini bahkan naik ke tangga lagu buku terlaris di Korea.

3 dari 5 halaman

3. Soul of A Tree: A Woodworker's Reflections oleh George Nakashima

Di sebuah kompleks pertanian dekat New Hope, Pennsylvania, George Nakashima, keluarganya, dan rekan-rekan pekerja kayunya membuat furnitur indah dari kayu langka yang berbutir kaya. Meja, meja, kursi, dan lemari dari bengkel sederhana ini, menghiasi rumah-rumah mewah serta ruang rapat eksekutif dari orang-orang yang menghargai keunggulan tersebut.

Dalam volume ilustrasi yang mewah ini, George Nakashima memungkinkan kita melihat lebih dekat seninya, filosofinya, serta kehidupannya. Ini adalah potret seorang seniman yang berusaha menemukan kegunaan ideal untuk setiap papan untuk "menciptakan objek yang berguna bagi manusia dan, jika alam tersenyum, objek keindahan abadi."

RM BTS terlihat membaca buku ini dalam video di balik layar episode RUN BTS. Buku ini adalah perjalanan Nakashima untuk memahami makna hidup dan bagaimana ia akhirnya menemukan minatnya dalam pertukangan kayu.

George Nakashima adalah tukang kayu favorit RM, dan ia bahkan memiliki meja kopi buatannya serta lampu buatan putrinya, Mira Nakashima. Ini dirancang khusus untuk RM dan dia secara pribadi pergi ke bengkel Nakashima untuk memilih jenis kayu yang dia inginkan.

4 dari 5 halaman

4. Me Before You oleh Jojo Moyes

Novel Me Before You menceritakan tentang Louisa (Lou) Clark yang mengetahui banyak hal. Ia tahu berapa langkah atau jarak yang dibutuhkan di antara halte bus dengan rumahnya. Lou tahu bahwa dirinya suka sekali bekerja di kedai kopi yang bernama Buttered Bun, serta dirinya juga tahu bahwa mungkin ia tidak begitu mencintai pacarnya yang bernama Patrick.

Di lain sisi, setelah mengalami kecelakaan yang parah, William (Will) Traynor tahu bahwasanya dirinya sudah tidak berminat lagi untuk melanjutkan hidupnya. Rasanya, dunianya kini menyusut dan tidak ada lagi perasaan suka cita. Will juga tahu betul bagaimana dirinya mesti menghentikannya.

Akan tetapi, Will Traynor tidak pernah tahu bahwa sebentar lagi, Lou Clark akan masuk ke dalam dunianya dengan membawa warna-warni yang cerita. Keduanya sama-sama tidak menyadari betapa mereka akan membawa perubahan yang besar ke dalam kehidupan satu sama lain.

RM menyukai berbagai genre buku seperti halnya musiknya, dan buku ini menunjukkan bahwa dia adalah seorang yang romantis. Dalam sebuah wawancara pada tahun 2015, dia menyebutkan membaca Me Before You dan melanjutkan dengan berbicara tentang seberapa besar pengaruhnya terhadap dirinya.

5 dari 5 halaman

5. 1984 oleh George Orwell

1984 adalah buku yang direkomendasikan RM berkali-kali dan juga merupakan salah satu buku yang cukup sering ia baca ulang. Dia mengatakan dalam sebuah wawancara bahwa setiap kali dia membacanya, itu memberinya perspektif baru dan berbeda tentang buku tersebut.

Buku ini bercerita tentang kehidupan seorang pria di dunia distopia, dilanda perang, dan totaliter di mana pemerintah mengawasi semua orang. Ini adalah narasi pengalaman pria di bawah pengawasan massal dan kehilangan makanan.

Pengaruh RM sangat dihargai di industri buku. Dia sendirian menghidupkan kembali pencetakan Cho Young-Hoon's Early Death, sebuah buku yang sudah tidak dicetak lagi selama satu dekade, ketika ia merekomendasikan buku tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.