Sukses

Kemenangan NCT Dream di Melon Music Awards 2023 Tuai Perdebatan

Kemenangan NCT Dream atas penghargaan Best Record of the Year di Melon Music Awards 2023, menuai perdebatan netizen. Sebagian besar dari mereka mempertanyakan prestasi apa yang dilakukan NCT Dream selama ini?

Liputan6.com, Jakarta - Kemenangan NCT Dream di Melon Music Awards (MMA) 2023 tampaknya menuai perdebatan para netizen. Banyak dari mereka yang menilai bahwa boy group SM tersebut kurang pantas mendapatkannya.

Melon Music Awards 2023 telah digelar pada Sabtu (3/12/2023) lalu, dan memunculkan perdebatan netizen dalam sebuah forum online. Mereka menyuarakan pendapatnya terkait penerima penghargaan bergengsi Best Record of the Year di tahun ini yang menurutnya kurang tepat.

Para netizen memperdebatkan kemenangan yang diraih NCT Dream sebagai pemenang Best Record of the Year 2023, serta mendapat kesempatan untuk memberi pidato penutup acara. Penghargaan ini menjadi salah satu Daesang yang didambakan bersama dengan Best Artist of the Year, Best Album of the Year, dan Best Song of the Year.

Atas pencapaiannya ini, banyak netizen tidak terima dan menggunakan sistem pemungutan suara “suka” versus “tidak suka” pada Nate Pann untuk mengungkapkan pandangannya. Mereka sangat yakin bahwa NCT Dream tidak pantas menerima Daesang tersebut dan berpikir ada grup lain yang lebih pantas.

Melansir laman Allkpop, hingga update terbaru pada Minggu (3/12/2023), terdapat 944 total pengguna yang telah memberikan suaranya sebagai penentang untuk kemenangan yang diperoleh NCT Dream, sementara sejumlah 121 suara menunjukkan persetujuannya.

Sedangkan di kolom komentar pada forum tersebut, perdebatan terus berlanjut yang fokus utamanya mengarah pada New Jeans dan IVE. Netizen terus memperdebatkan penghargaan Daesang dan berpendapat bahwa kedua girl grup itu lebih pantas mendapatkannya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kekecewaan Netizen terhadap Melon Music Awards

“Apa yang dilakukan NCT Dream tahun ini sehingga membuat mereka pantas mendapatkan pidato penutup atas NewJeans dan IVE?

“Pencapaian signifikan apa yang dicapai NCT Dream tahun ini hingga pantas menjadi Daesang penutup?”

"Yah, sudah waktunya untuk menghapus Melon"

"Ini terasa seperti contoh lain di mana pengaruh SM mempengaruhi acara penghargaan."

"Saya tidak pernah mengantisipasi hasil ini; kekuatan SM Entertainment benar-benar berbeda."

“Sejujurnya, bukankah Stray Kids layak mendapatkan penghargaan itu lebih dari NCT Dream?”

"Saya bahkan skeptis tentang IVE yang memenangkan Album Terbaik atas NewJeans, tapi ini yang sulit."

"Dulu aku percaya pada MelOn Music Awards, tapi sekarang aku berubah pikiran."

"Kemenangan NCT Dream tampaknya berasal dari fakta bahwa lagu mereka 'Candy' adalah lagu boy grup pertama yang mencapai #1 di chart Top 100"

"Bukan hanya SM saja...Kakao Entertainment juga punya banyak andil di Melon Awards ini"

3 dari 3 halaman

Seputar Melon Music Awards

Melon Music Awards atau biasa disebut MMA adalah sebuah acara penghargaan musik bergengsi Korea Selatan yang diadakan setiap tahun oleh Kakao Entertainment, melalui platform musik online bernama Melon.

Acara ini awalnya merupakan penghargaan yang dipilih oleh penggemar dan dilakukan sepenuhnya secara online mulai tahun 2005 hingga 2008. Seiring keberhasilannya, mereka menggelar acara resmi yang diadakan secara offline di Seoul sejak tahun 2009.

Akan tetapi, saat MMA tahun 2020 yang diadakan selama 4 hari dan memiliki julukan sebagai "pekan MMA", harus disiarkan secara online kembali akibat pemberlakuan karantina yang disebabkan oleh pandemi Covid-19.

MMA diadakan setiap tahun yang biasanya jatuh di bulan terakhir antara Desember atau November. Acara penghargaan ini akan mengundang sejumlah penyanyi idola dan memberikan kemenangan untuk mereka lewat beragam nominasi yang diputuskan, mulai dari artis terbaik, album terbaik, soundtrack terbaik, dan lain sebagainya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.