Sukses

7 Tips Menjaga Kesehatan Jantung untuk Pria, Penting Dilakukan

Menjaga kesehatan jantung yang optimal sangat penting untuk kesejahteraan secara keseluruhan, dan pria, khususnya, harus memperhatikan kesehatan jantung untuk mengurangi risiko penyakit jantung dan masalah terkait lainnya.

Liputan6.com, Jakarta - Menjaga kesehatan jantung yang optimal sangat penting untuk kesejahteraan secara keseluruhan, dan pria, khususnya, harus memperhatikan kesehatan jantung untuk mengurangi risiko penyakit jantung dan masalah terkait lainnya.

Berikut beberapa tip penting untuk meningkatkan kesehatan jantung pada pria, melansir dari Times of India, Rabu (29/11/2023).

1. Olahraga rutin

Melakukan aktivitas fisik secara teratur adalah landasan kesehatan jantung. Usahakan untuk berolahraga setidaknya 150 menit dengan intensitas sedang per minggu, seperti jalan cepat, jogging, atau bersepeda. 

Kombinasikan latihan kekuatan untuk meningkatkan kebugaran secara keseluruhan dan meningkatkan kesehatan jantung. 

2. Diet sehat jantung

Menerapkan pola makan yang sehat untuk jantung adalah hal yang terpenting. Tekankan buah-buahan, sayur-sayuran, biji-bijian, dan protein tanpa lemak sambil membatasi lemak jenuh dan lemak trans, kolesterol dan natrium.

Makanan kaya asam lemak omega-3, seperti ikan berlemak, bisa lebih mendukung kesehatan jantung.

3. Pertahankan berat badan yang sehat

Kelebihan berat badan memberi tekanan pada jantung dan meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular. Mencapai dan mempertahankan berat badan yang sehat melalui kombinasi olahraga teratur dan pola makan seimbang.

Konsultasikan dengan profesional kesehatan untuk menentukan target berat badan yang realistis. 

4. Mengontrol tekanan darah

Tekanan darah tinggi merupakan faktor risiko penyakit jantung yang signifikan. Pantau tekanan darah secara teratur dan lakukan tindakan untuk menjaganya dalam kisaran yang sehat. 

Hal ini melibatkan perubahan gaya hidup, pengobatan, atau kombinasi keduanya, seperti yang disarankan oleh dokter.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

5. Kelola stres

Stres kronis bisa berkontribusi terhadap masalah jantung. Gunakan teknik pengelolaan stres seperti pernapasan dalam, meditasi, atau yoga untuk meningkatkan relaksasi dan kesejahteraan emosional.

Membangun keseimbangan kehidupan kerja dan kehidupan yang sehat dan melakukan aktivitas yang mendatangkan kegembiraan juga bisa membantu mengelola stres.

6. Berhenti merokok

Merokok merupakan salah satu penyebab utama penyakit jantung. Berhenti merokok adalah salah satu langkah paling berdampak dalam meningkatkan kesehatan jantung.

Carilah dukungan dari profesional kesehatan, kelompok pendukung, atau layanan berhenti merokok untuk meningkatkan keberhasilan dalam berhenti merokok.

 

3 dari 3 halaman

7. Batasi asupan minuman alkohol

Meskipun konsumsi alkohol dalam jumlah sedang mungkin memiliki manfaat kardiovaskular, asupan berlebihan bisa menyebabkan masalah jantung.

Batasi asupan alkohol hingga tingkat sedang, yang umumnya didefinisakan sebagai satu gelas per hari untuk pria.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.