Sukses

5 Benda di Dapur Ini Harus Lebih Sering Anda Ganti, Bisa Jadi Sarang Kuman

Berikut ini beberapa benda di dapur yang harus lebih sering Anda ganti

Liputan6.com, Jakarta Untuk menjaga dapur tetap bersih dan sehat, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) menawarkan tiga saran: Bersihkan, sanitasi, dan disinfeksi. Namun, meskipun Anda melakukan ketiga tugas ini secara teratur, mungkin ada bakteri yang berkembang biak di dapur Anda di tempat yang paling tidak Anda duga, kata Robin Murphy, pakar kebersihan dan pendiri layanan pembersihan perumahan ChirpChirp.

Dia mengungkapkan peralatan dapur yang harus Anda ganti lebih sering, dan beberapa benda tersebut di antaranya mungkin akan mengejutkan Anda. Apa saja benda tersebut? Dihimpun dari Bestlife, ini dia.

1. Spons

Seberapa sering Anda mengganti spons pencuci piring Anda? Meskipun membantu Anda membersihkan, mereka mungkin juga menyebarkan kuman. “Spons rentan terhadap pertumbuhan bakteri, antara lain karena strukturnya yang berpori dan seringnya kontak dengan kontaminan,” kata Murphy. Dia menyarankan untuk mengganti spons setiap minggu "dan pastinya tidak kurang dari setiap 2 minggu."

2. Talenan

Daging mentah, sayuran, roti, dan makanan acak lainnya biasanya akan tersangkut di talenan pada suatu waktu. Dan, menurut Murphy, pisau yang Anda gunakan menimbulkan goresan dan lekukan di dalamnya, "yang menjadi tempat berkembang biaknya bakteri. Aturannya adalah menggantinya setidaknya setiap tahun," katanya.

3. Nampan Es

Pernahkah Anda memperhatikan bahwa es Anda terasa sedikit aneh? “Bau freezer diserap oleh nampan dan dipindahkan ke es,” kata Murphy. Hal ini dapat memengaruhi rasa es, yang bergantung pada apa yang Anda simpan di dalam freezer, mungkin akan kurang memuaskan dahaga.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

4. Peralatan Kayu

Sendok kayu dan peralatan lainnya lebih keropos dibandingkan sendok yang terbuat dari bahan lain, jadi penting untuk menggantinya jika retak atau menimbulkan bau menyengat dan noda yang tidak dapat dihilangkan.

5. Pembuat Kopi

Banyak orang mengabaikan anjuran produsen untuk membersihkan mesin kopi secara rutin. Namun, jika Anda gagal melakukannya, Anda mungkin minum lebih banyak daripada kacang giling.

"Kalsium menumpuk dan jamur serta ragi dapat tumbuh di tangki air," kata Murphy. Selain membersihkan bagian luar pembuat kopi dan keranjang, jangan mengabaikan pembersihan tangki air, sesuatu yang “biasanya tidak cukup dibersihkan oleh orang-orang,” katanya.

3 dari 4 halaman

6 Zodiak yang Punya IQ Paling Tinggi, Kamu Termasuk?

Jika Anda percaya pada astrologi, maka Anda juga tahu bahwa tanda-tanda zodiak tertentu dikaitkan dengan ciri-ciri tertentu yang dianggap terkait dengan kecerdasan. Mereka memiliki IQ tinggi sesuai kepercayaan umum dan bisa diandalkan dalam hal-hal tertentu.

Ini dia beberapa zodiak yang memiliki IQ tinggi di antara zodiak lainnya, seperti melansir dari Times of India, Kamis (16/11/2023).

1. Aquarius

Aquarius sering dikaitkan dengan kecerdasan karena sifatnyya yang berpikiran maju dan inovatif. Individu dengan zodiak ini cenderung berpikiran terbuka, progresif dan suka mengeksplorasi ide-ide baru. Mereka juga sering dipandang sebagai visioner, berkontribusi terhadap kedalaman intelektualnya.

2. Virgo

Virgo dikenal karena pendekatan kehidupannya yang analitis dan berorientasi pada detail. Sifat teliti dan kemampuan untuk fokus pada presisi mungkin dikaitkan dengan sifat-sifat yang umumnya dikaitkan dengan kemampuan kognitif yang tinggi. Pemilik zodiak ini seringkali unggul dalam penyelesaian masalah.

Selengkapnya...

4 dari 4 halaman

Kenali Gejala Kanker Tiroid, Penyebab dan Cara Mengobatinya

Penyakit tiroid ganas bisa terjadi pada sekitar 5% kasus. Biasanya gejala ini bermanifestasi sebagai hipertrofi tiroid.

Terdapat beberapa bentuk kanker tiroid, di antaranya karsinoma folikular, karsinoma meduler, karsinoma anaplastik, limfoma dan kanker lainnya. Namun, karsinoma papiler tiroid menjadi yang paling umum terjadi.

Oleh karena itu, ketahui gejala, penyebab hingga cara mengobati kanker tiroid, seperti melansir dari Times of India, Kamis (16/11/2023).

Gejala kanker tiroid

Gejala khas kanker tiroid adalah pembengkakan pada leher. Biasanya, pembengkakan mungkin hanya ada satu atau beberapa. Ini mungkin berhubungan dengan perluasan kelenjar leher.

Individu yang mengidapkan akan mengalami penambahan berat badan, penurunan nafsu makan, penurunan keringat, sensitivitas dingin dan gejala hipotiroidisme terkait lainnya.

Selengkapnya...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.