Sukses

5 Cara Menurunkan Berat Badan dengan Cepat dan Aman Menurut Diet Coach

Berikut ini cara menurunkan berat badan dengan cepat menurut diet coach

Liputan6.com, Jakarta - Menurunkan berat badan dengan cepat mungkin tampak seperti tujuan yang menakutkan, terutama jika Anda ingin menghindari sesuatu yang tidak efektif seperti diet ketat. Namun hal itu mungkin saja terjadi, menurut Jenna Rizzo, seorang pelatih diet dan kebugaran.

Dalam video TikTok baru-baru ini, Rizzo membagikan lima poin rencananya tentang cara menurunkan berat badan dengan cepat, dengan mengatakan bahwa itu adalah serangkaian langkah yang akan dia ikuti jika dia ingin menurunkan berat badan dengan cepat namun aman.

Beberapa perubahan kecil dalam gaya hidup, dikombinasikan dengan kesengajaan yang jelas, dapat membawa manfaat besar. Berikut ini langkah-langkah tersebut menurutnya seperti dihimpun dari Bestlife.

1. Nyatakan niat Anda, dan tetapkan batasan

Sejak awal, Anda harus jelas mengenai tujuan dan niat Anda—tidak hanya bagi diri Anda sendiri, namun juga bagi orang-orang di sekitar Anda.

“Saya akan menyatakan komitmen saya kepada teman dan keluarga saya sejak awal,” kata Rizzo dalam videonya. "Jujur saja, kadang-kadang keluarga dan teman-teman kita bisa sangat tidak peka terhadap tujuan penurunan berat badan kita. Mereka cenderung sedikit melampaui batas, dengan mengatakan, 'Kami baik-baik saja apa adanya,' 'Satu gigitan tidak ada salahnya,' ' 'Satu minuman tidak akan membunuhmu'—saya yakin Anda pernah mendengarnya sebelumnya."

Ada manfaat lain dengan menyatakan niat Anda. Sebuah studi tahun 2022 yang diterbitkan di Frontiers in Psychology menunjukkan bahwa berolahraga dengan niat positif akan menghasilkan olahraga yang lebih efektif.

2. Pergi ke gym—dengan rencana

Rizzo mengatakan Anda harus pergi ke gym tiga hari seminggu untuk program latihan kekuatan terstruktur. Dia merekomendasikan "latihan kekuatan secara khusus karena ini membakar lebih banyak kalori daripada kardio saja" dan secara alami dapat meningkatkan metabolisme Anda. Sementara itu, program terstruktur bertujuan agar Anda mengetahui secara pasti tujuan Anda.

“Ketika Anda pergi ke gym tanpa rencana, Anda mempersiapkan diri untuk gagal,” kata Rizzo.

Seperti dilansir The New York Times, terdapat konsensus yang berkembang di kalangan peneliti kesehatan bahwa angkat beban adalah salah satu aktivitas terbaik yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan umur panjang.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

3. Berjalanlah secara harfiah dalam satu hari

Anda tidak perlu berjalan kaki selama satu jam setiap hari—bahkan, Rizzo menyarankan untuk tidak melakukan hal tersebut, semata-mata berdasarkan manajemen waktu yang efektif—tetapi dia menekankan bahwa jalan kaki setiap hari harus menjadi rutinitas wajib dalam gaya hidup Anda.

Satu atau dua kali jalan kaki sehari, selama 10 hingga 15 menit per jalan kaki, dapat membantu Anda menghindari duduk diam sepanjang hari, dengan setiap 10 menit jalan kaki kemungkinan akan menghasilkan sekitar 1.000 langkah. (Bonus: Berjalan kaki itu gratis!)

Anda mungkin pernah mendengar angka "10.000 langkah" yang mengacu pada seberapa banyak Anda harus berjalan kaki per hari, meskipun itu bukan statistik yang monolitik. Seperti yang ditunjukkan oleh Mayo Clinic, rata-rata orang Amerika melakukan sekitar 3.000 hingga 4.000 langkah per hari.

Jumlah yang harus Anda tuju tidak harus persis 10.000 langkah—setiap orang berbeda—tetapi mulailah dengan melihat apakah Anda dapat meningkatkan jumlah langkah harian sebanyak 1.000 atau 2.000 langkah, lalu tingkatkan dari sana.

 

3 dari 4 halaman

4. Perhatikan kalori dan protein

Untuk menurunkan berat badan dengan cepat, Anda tidak perlu melakukan banyak perhitungan, namun Rizzo mengatakan Anda harus melacak dua statistik: berapa banyak kalori yang Anda konsumsi dan berapa banyak protein yang Anda dapatkan.

Mengawasi kalori dapat membantu memastikan Anda tetap berada dalam defisit—dengan kata lain, "makan lebih sedikit dalam sehari daripada yang Anda bakar," kata Rizzo—sementara protein dapat membantu otot Anda pulih lebih cepat.

Pelacakan data ini relatif lancar saat ini. Aplikasi diet dan kebugaran populer seperti MyFitnessPal, yang tersedia di perangkat iPhone dan Android, memungkinkan Anda mengawasi asupan Anda.

 

4 dari 4 halaman

5. Tidur tujuh jam setiap malam

Tips penurunan berat badan cepat kelima dan terakhir dari Rizzo juga merupakan komitmen paling sederhana: tidur cukup setiap malam. Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) merekomendasikan orang dewasa untuk tidur antara tujuh hingga sembilan jam per malam.

Gagal mendapatkan tidur yang cukup dapat membatalkan upaya Anda menurunkan berat badan, mengurangi kemampuan tubuh Anda untuk membakar lemak, menurut Sleep Foundation.

Ada dua cara: Menurut Sleep Foundation, orang dewasa yang rutin berolahraga juga lebih mudah tertidur di malam hari. Rizzo menyimpulkannya: "Saya akan tidur tepat waktu setiap malam."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.