Sukses

Jangan Mudah Percaya, Ini 7 Hal yang Dikatakan Pasangan yang Selingkuh

Berikut ini beberapa hal yang dikatakan oleh seseorang yang selingkuh

Liputan6.com, Jakarta Perselingkuhan tidak selalu mudah untuk disembunyikan, karena kecurigaan, pertanyaan, dan kekhawatiran biasanya akan muncul ke permukaan pada akhirnya. Jadi, jika pasangan Anda mencoba untuk melakukan sesuatu yang cepat pada Anda, dia mungkin perlu bekerja lembur untuk memberikan alasan dan penjelasan untuk diberikan kepada Anda.

Menurut pakar hubungan, ada beberapa ungkapan tertentu yang biasanya keluar dari mulut seseorang yang selingkuh. Apa saja itu? Dihimpun dari Bestlife, ini dia.

1. "Kamu hanya paranoid."

Pasangan Anda mungkin mencoba membuat Anda mempertanyakan kewarasan Anda sendiri jika dia melakukan hal-hal mencurigakan di belakang Anda. Orang yang berselingkuh sering melakukan ini dengan mengatakan hal-hal seperti, "Kamu hanya bersikap paranoid," jika mereka khawatir kamu mengungkap kebohongan mereka. Demikian menurut Sanam Hafeez, PsyD, neuropsikolog yang berbasis di NYC dan direktur Comprehend the Mind.

“Mereka mungkin menggunakan [frasa] ini untuk membelokkan atau mengabaikan perasaan pasangannya ketika dihadapkan pada kecurigaan,” jelasnya.

2. "Saya tidak mengerti mengapa Anda mempermasalahkan hal ini."

Jika mereka tidak berusaha membuat Anda merasa gila, mereka mungkin berusaha meyakinkan Anda bahwa Anda terlalu emosional, tambah Hafeez. Komentar seperti "Saya tidak tahu mengapa Anda mempermasalahkan hal ini" biasanya digunakan untuk meminimalkan tindakan mereka atau bukti apa pun yang mungkin Anda miliki, menurut neuropsikolog.

“Dengan melakukan hal ini, orang yang selingkuh bisa membuat pasangannya merasa tidak masuk akal atau terlalu dramatis,” dia memperingatkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

3. "Mengapa kamu selalu menanyaiku?"

Pasangan yang berselingkuh mungkin juga mencoba menempatkan Anda di kursi panas dengan menuduh Anda "selalu" menanyai mereka, Jennifer Kelman, LCSW, seorang terapis dan pakar hubungan yang bekerja dengan JustAnswer, mengatakan kepada Best Life.

“Orang yang selingkuh ingin menyembunyikan perilakunya dan membalikkan keadaan dengan mengajukan pertanyaan agresif dan mencoba membuat pasangannya kesal,” katanya. "Mereka akan melakukan apa yang mereka bisa untuk menyembunyikan sesuatu dan merasa bahwa pasangannya tidak punya hak untuk mempertanyakan atau apa yang mereka katakan."

4. "Kami hanya berteman."

Jika Anda curiga dengan hubungan antara pasangan Anda dan orang lain, Anda mungkin akan mendengar rasionalisasi umum: "Kami hanya berteman." Meskipun hal ini benar, menurut Hafeez, ini adalah pembelaan yang sering digunakan oleh seseorang yang berselingkuh sebagai alasan untuk menyembunyikan kebohongan mereka.

“Dalam konteks perselingkuhan, ini mungkin digunakan untuk meremehkan sejauh mana suatu hubungan,” jelasnya.

 

3 dari 4 halaman

5. "Itu hanya urusan pekerjaan."

Perselingkuhan biasanya disembunyikan di balik kedok kehidupan kerja seseorang. Jadi seseorang yang berselingkuh mungkin akan mengatakan kalimat seperti "Itu hanya urusan pekerjaan" atau "Saya bekerja lembur" untuk menjelaskan ketidakhadiran mereka, jelas Hafeez. “Ini adalah alibi umum yang dengan mudah menutupi waktu yang dihabiskan bersama orang lain,” katanya.

6. "Mengapa kamu tidak percaya padaku?"

Kepercayaan adalah bagian penting dari hubungan apa pun. Jika pasangan Anda berselingkuh, dia mungkin mencoba meyakinkan Anda bahwa "masalah kepercayaan" Anda adalah masalah sebenarnya. “Mereka memproyeksikan hal ini kepada pasangannya dan menyalahkan pasangannya karena curiga,” kata Kelman.

Seperti yang dijelaskan lebih lanjut oleh Hafeez, mengajukan pertanyaan seperti "mengapa kamu tidak percaya padaku?" juga membantu penipu mengalihkan perhatian dari dirinya dan perselingkuhannya. “Membalikkan keadaan dan menunjukkan kurangnya kepercayaan Anda dapat mengalihkan perhatian dari tindakan mereka,” tambahnya.

 

4 dari 4 halaman

7. "Saya tidak bisa melakukan ini lagi."

Jika pasangan Anda takut kebohongannya terungkap, ia bahkan mungkin memberi isyarat bahwa ia akan putus dengan Anda, Kelman memperingatkan. Namun, alih-alih mengambil tanggung jawab, mereka justru akan membuat Anda merasa bahwa itu adalah kesalahan Anda dan bahwa "omelan Anda yang terus-menerus itu terlalu berlebihan," tambahnya.

“Mereka ingin menyembunyikan segala sesuatunya sehingga lebih mudah menyalahkan daripada mengambil tanggung jawab,” jelas Kelman. "Mereka menggunakan kalimat-kalimat yang mengancam seperti 'Saya tidak bisa melakukan ini lagi', yang mungkin menimbulkan ketakutan pada pasangannya dan membuat Anda mungkin mengalah."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.