Sukses

10 Negara Tertua di Dunia, Ternyata Salah Satunya Ada di Asia

Bumi dan peradaban manusia menua dengan berjalannya waktu, dengan lebih dari 190 negara di PBB, negara yang tertua sudah ada sejak 6000 SM. Yuk simak lebih lengkap detailnya!

Liputan6.com, Jakarta Apakah Anda mengetahui bahwa bukan hanya usia yang mengalami penuaan, tetapi juga bumi yang kita huni juga mengalami penuaan seiring berlalunya waktu. Terdapat lebih dari 190 negara yang tergabung dalam Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Dari negara-negara ini, yang dianggap sebagai yang tertua di dunia sudah ada sejak tahun 6000 SM jika kita merujuk pada catatan sejarahnya.

Dalam laporan yang diterbitkan oleh situs Oldest, masyarakat pada masa awal peradaban, yakni sekitar tahun 6500 SM, mulai meninggalkan gaya hidup nomaden mereka. Mereka mulai menetap di suatu wilayah dan mulai mengembangkannya. Hal ini merupakan awal dari pembentukan konsep negara.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 12 halaman

1. Mesir (6000 SM)

Negara dengan sejarah peradaban tertua di dunia adalah Mesir kuno. Pada tahun 6000 SM, para pemburu-pengumpul dikenal telah tinggal di Lembah Sungai Nil. Baru pada tahun 3100 SM, dinasti pertama Mesir mulai didirikan. Saat itu, dinasti Mesir dipimpin oleh Raja Narmer.

Di bawah kepemimpinannya, ia berhasil menguasai lalu lintas di Sungai Nil dan mendirikan ibu kota di dekat Kairo modern, yaitu Memphis. Peradaban Mesir modern kemudian muncul pada tahun 1953 setelah Revolusi Mesir pada tahun 1952.

3 dari 12 halaman

2. India (3300 SM)

India menjadi salah satu negara tertua berdasarkan sejarah peradabannya. Peradaban awal muncul di Lembah Indus pada sekitar tahun 3300 SM. Meskipun peradaban telah ada pada waktu itu, identitas bangsa India mulai terbentuk sepenuhnya selama periode Veda, yang berlangsung sekitar tahun 1500-600 SM.

Peradaban Veda membangun dasar bagi kepercayaan Hindu dengan teks-teks Veda kuno serta warisan budaya yang masih bertahan hingga saat ini di anak benua India. Pembentukan kerajaan pertama diketahui terjadi pada tahun 1200 SM dan berlangsung hingga akhir periode Veda.

4 dari 12 halaman

3. Afgahnistan (3000 SM)

Pada awal 3000 SM, tercatat bahwa Peradaban Lembah Indus sudah membentuk pemukiman di wilayah Afghanistan. Mereka mendirikan suatu kota yang berlokasi dekat dengan Kandahar yang kita kenal saat ini, dengan nama Mundigak.

Proses perkembangan peradaban di Afghanistan dimulai sejalan dengan kedatangan kelompok semi-nomaden dari Asia Tengah yang menetap di sana dan memperkaya budaya lokal.

5 dari 12 halaman

4. China (2070 SM)

Dinasti pertama di Tiongkok, yaitu Xia, ditemukan pada tahun 2070 SM dan berkuasa dari 2070 SM hingga 1600 SM. Tidak ada catatan sejarah yang dapat ditemukan mengenai Dinasti Xia, dan catatan sejarah tertulis mulai ada ketika Dinasti Shang (1600 SM-1046 SM) berkuasa.

Informasi mengenai Dinasti Xia diperoleh dari berbagai buku catatan sejarah, termasuk Bamboo Annals, the Classic of History, dan the Records of the Grand Historian. Sejarah Tiongkok terus berkembang hingga Dinasti Qing tahun 1912 sebelum negara memasuki era peradaban modern dengan berdirinya Republik Rakyat Tiongkok.

6 dari 12 halaman

5. Georgia (1500 SM)

Negara tertua di dunia selanjutnya adalah Georgia. Peradaban di negara tersebut dimulai pada 1500 SM saat periode Kerajaan Colchis dan Kerajaan Karlti/Iberia. Kedua kerajaan tersebut memegang peranan penting selama zaman Perunggu Eurasia. Keberadaan Kerajaan Colchis sering disebut-sebut dalam mitologi Yunani, tepatnya dalam kisah Bulu Domba Emas.

7 dari 12 halaman

6. Ethiopia (980 SM)

Australopithecus afarensis, yang merupakan makhluk purba, telah ditemukan sebagai penduduk awal di Ethiopia. Fosil manusia purba dengan ciri-ciri mirip kera ini telah ditemukan di wilayah tersebut jutaan tahun yang lalu.

Saat peradaban mulai berkembang, masyarakat mendirikan kerajaan pertama yang dikenal sebagai DÊ¿mt, yang berdiri dari tahun 980 SM hingga 400 SM. Orang-orang dalam kerajaan ini mengembangkan sistem irigasi, memanfaatkan alat bajak, menanam millet, serta membuat peralatan dan senjata dari besi.

Kemudian, Kerajaan Aksumite menggantikan Kerajaan DÊ¿mt pada sekitar tahun 100 M dan berakhir sekitar tahun 940 M.

8 dari 12 halaman

7. Yunani (800 SM)

Peradaban Yunani merupakan salah satu yang paling maju dalam sejarah. Perkembangan peradaban pertama dimulai sekitar tahun 800 SM setelah keluar dari masa Abad Kegelapan.

Orang-orang Yunani terkenal dengan kemajuan mereka di bidang seni, sastra, dan teknologi, tetapi yang paling signifikan selama periode ini adalah konsep polis, atau negara-kota. Athena, ibu kota Yunani, telah menjadi pusat penting sejak sekitar tahun 1000 SM.

Peradaban Yunani ini menjadi dasar bagi kebangkitan kekuatan-kekuatan seperti Romawi, Byzantium, dan Ottoman. Peradaban Yunani yang modern dimulai sekitar tahun 1821 setelah Revolusi Yunani.

9 dari 12 halaman

8. Jepang (660 SM)

Keyakinan masyarakat Jepang adalah bahwa negara Jepang mulai terbentuk ketika Kaisar Jimmu naik tahta pada tahun 660 SM. Namun, sejarawan memiliki keraguan terhadap kebenaran kisah tentang kaisar awal ini.

Mereka mencatat bahwa orang-orang pertama kali tiba di Jepang dari daratan Asia sekitar tahun 13000 SM. Meskipun kisah tentang Kaisar Jimmu kemungkinan besar merupakan mitos, Jepang merayakan Hari Yayasan Nasional pada tanggal 11 Februari 660 SM sebagai penghormatan terhadap kenaikan Kaisar Jimmu pada tahun tersebut.

10 dari 12 halaman

9. Iran (550 SM)

Iran kuno yang dikenal sebagai Persia didirikan sekitar 550 SM di bawah Kekaisaran Achaemenid. Cyrus II (Cyrus the Great) lah yang saat itu mendirikan Kekaisaran Persia setelah ia menaklukkan kerajaan Median, Lidia, dan Babilonia dan menguasai Iran.

Sebelum kemunculan kekaisaran tersebut, beberapa kelompok orang telah tinggal di daerah yang kemudian menjadi Iran. Baca juga: Begini Kehidupan Hewan Pertama di Bumi, Lawan Cuaca Paling Ekstrem

11 dari 12 halaman

10. San Marino (301 M)

Negara tertua di dunia berdasarkan peradaban selanjutnya adalah San Marino. San Marino juga sering disebut sebagai kota tertua di dunia karena telah menjadi negara berdaulat yang tidak pernah terputus sejak 301 M. Negara ini resmi didirikan pada 3 September 301 M ketika Saint Marinus membangun sebuah gereja di Monte Titano.

Negara ini sangat makmur dengan sektor perekonomian utamanya didukung oleh keuangan, pariwisata, jasa, dan industri. 

12 dari 12 halaman

Kalau Ada yang Tertua, di Mana Negara Termuda di Dunia? 

Negara itu adalah South Sudan atau Sudan Selatan, negara yang memiliki nama resmi 'Republic of South Sudan'. Negara ini berdaulat dengan memperoleh kemerdekaan dari Sudan pada 9 Juli 2011, menjadikannya negara termuda di dunia pada saat ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini