Sukses

6 Tanda Kamu Menempuh Pilihan Hidup yang Salah

Berikut ini beberapa tanda Anda menempuh jalan hidup yang salah

Liputan6.com, Jakarta Kita semua berusaha untuk menjalani kehidupan yang memuaskan, bukan? Namun terkadang, Anda merasa seperti baru saja membentur tembok bata.

Anda berusaha, bekerja keras, tapi apa hadiahnya? Seringkali… lebih banyak kebingungan, lebih banyak frustrasi.

Rasanya seperti Anda terhanyut tanpa tujuan, seperti Anda berada di jalan yang tidak menuju ke mana pun. Jika ini sesuai dengan Anda, percayalah, Anda tidak sendirian.

Banyak dari kita mengalami saat-saat di mana kita mempertanyakan apakah kita berada di jalan hidup yang benar. Namun ada sebuah pemikiran – mungkin Anda tidak tersesat seperti yang Anda kira. 

Tanda-tandanya mungkin tidak kentara dan mudah diabaikan. Berikut ini enam tanda yang dapat menunjukkan bahwa Anda sedang menempuh jalan yang salah dalam hidup seperti dihimpun dari Expert Editor.

1. Anda selalu tidak bahagia

Seringkah Anda bangun pagi dengan perasaan berat di dada? Kemudian Anda akan menyeret diri dari tempat tidur, menatap cermin dan bertanya, “Mengapa saya begitu tidak bahagia?”

Anda terus-menerus stres, selalu merasa seperti sedang berlari di atas treadmill, tidak kemana-mana dengan cepat. Jika Anda merasa seperti ini, bisa jadi itu pertanda Anda berada di jalan yang salah.

Hidup tidak selalu cerah dan pelangi, namun ketidakbahagiaan yang terus-menerus adalah tanda jelas bahwa ada sesuatu yang perlu diubah.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Anda mengkompromikan nilai-nilai Anda

Pernahkah Anda mengkompromikan nilai-nilai Anda? Misalnya, Anda berada dalam pekerjaan yang bergaji tinggi, namun bertentangan dengan apa yang Anda yakini.

Tanda jelas bahwa Anda mengambil jalan yang salah adalah ketika Anda terus-menerus mengkompromikan nilai-nilai Anda demi hal lain – baik itu uang, kenyamanan, atau ketakutan akan perubahan.

3. Anda kelelahan sepanjang waktu

Tahukah Anda bahwa stres kronis – jenis stres yang dikaitkan dengan rasa tidak puas atau tidak bahagia dalam kehidupan sehari-hari – dapat menyebabkan kelelahan fisik?

Ini bukan hanya tentang perasaan terkuras secara mental. Tubuh Anda benar-benar bisa lelah jika Anda terus-menerus memaksakan kecenderungan alami Anda.

Jadi, jika Anda selalu merasa lelah meski sudah cukup tidur, bisa jadi itu pertanda Anda salah jalan. Ini adalah cara tubuh Anda memberi tahu Anda bahwa ada sesuatu yang tidak beres.

 

3 dari 4 halaman

4. Anda merasa sendirian dalam perjalanan Anda

Ada jenis kesepian tertentu yang merembes ketika Anda berada di jalan yang salah, yang berbeda dari sekadar sendirian secara fisik. Ini adalah perasaan disalahpahami, merasa tidak ada orang yang benar-benar memahami apa yang Anda alami.

Itu terjadi ketika Anda melihat sekeliling dan merasa terputus dari orang lain karena Anda tidak berada di tempat yang Anda inginkan dalam hidup.

Hal ini bisa sangat mengasingkan dan menyakitkan, dan sering kali ini merupakan tanda bahwa Anda perlu menilai kembali arah Anda.

Ingat, kita semua saling terhubung dalam perjalanan yang disebut kehidupan ini, dan Anda harus bisa menemukan titik temu dengan orang-orang di sekitar Anda.

5. Anda mengabaikan minat Anda

Mengabaikan minat Anda adalah tanda pasti bahwa Anda sedang menuju ke jalan yang salah. Minat Anda adalah bagian dari diri Anda, dan mengabaikannya sama saja dengan mengabaikan bagian dari diri Anda.

 

4 dari 4 halaman

6. Terus-menerus membenarkan tindakan Anda

Jika Anda terus-menerus membenarkan tindakan Anda kepada diri sendiri dan orang lain, itu bisa menjadi tanda bahwa Anda tidak benar-benar puas dengan jalan yang Anda jalani.

Seolah-olah jauh di lubuk hati, Anda tahu ada sesuatu yang tidak beres, dan Anda mencoba meyakinkan diri sendiri sebaliknya.

Kesimpulannya, ingatlah bahwa jalan hidup Anda tidak ditentukan secara pasti. Jika tanda-tanda ini sesuai dengan Anda, jangan putus asa.

Tidak ada kata terlambat untuk mengubah arah. Dengarkan naluri Anda, hargai perasaan Anda, dan miliki keberanian untuk melakukan perubahan bila diperlukan.

Bagaimanapun, ini adalah perjalananmu. Jangan takut untuk mengambil kemudi dan mengarahkan diri Anda ke jalan yang dirasa tepat bagi Anda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.