Sukses

Peringati Hari Museum Indonesia, MCB Selenggarakan Lomba Video Kunjungan ke Museum

Dalam rangka peringati Hari Museum Indonesia, MCB selenggarakan lomba video kreatif lewat reels Instagram dengan mengangkat tema kunjungan di salah satu museum Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Dalam rangka merayakan Hari Museum Indonesia yang jatuh pada Kamis (12/10/2023), Museum dan Cagar Budaya (MCB) selenggarakan lomba Video Kreatif menggunakan tagar #TemuiDiMuseum lewat reels Instagram.

Lomba ini diciptakan sebagai wujud dari komitmen MCB untuk melakukan pelestarian, mendorong kolaborasi, dan memperkuat identitas budaya Indonesia. Kompetisi Video Kreatif tersebut akan berlangsung mulai Jum’at (13/10/2023) hingga Selasa (31/10/2023).

Lomba pembuatan konten reels #TemuiDiMuseum merupakan program inovatif yang bertujuan untuk mendukung pengembangan permuseuman sebagai sarana edukasi dan rekreasi yang terjangkau dan dapat diakses secara luas.

Titik Kurniawati selaku Koordinator Komunikasi, Kemitraan, Program, dan Pengembangan Bisnis MCB berharap masyarakat Indonesia dapat mengambil peran dalam pelestarian sejarah dan budaya negara dengan cara membagikan cerita menyenangkan ketika belajar sejarah di museum.

“Pelestarian sejarah dan budaya Indonesia merupakan tanggung jawab bersama, sehingga kami berharap masyarakat Indonesia dapat mengambil peran dalam melestarikan sejarah dan budaya Indonesia dengan membagikan cerita menyenangkan dan pengalaman mereka ketika belajar sejarah dan berekreasi di museum,” jelasnya.

Sementara itu, terdapat total 13 museum di Indonesia yang bisa menjadi objek pembuatan video lomba tersebut, diantaranya Galeri Nasional Indonesia, Museum Kebangkitan Nasional, Museum Sumpah Pemuda, Museum Perumusan Naskah Proklamasi, Museum Kepresidenan Balai Kirti, Museum Basoeki Abdullah, Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta, Museum Perjuangan Yogyakarta, Museum Sangiran, Museum Batik Indonesia, Museum Semedo, Museum Song Terus, dan Museum Islam Indonesia KH Hasyim Ashari.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Ketentuan Lomba Video #TemuiDiMuseum

1. Ciptakan konten dalam format reels di akun Instagram pribadi. Konten dapat berupa pengalaman kunjung, lanskap, museum, edukasi lokasi, atau ceritera lainnya.

2. Akun Instagram peserta tidak dikunci selama proses seleksi.

3. Peserta wajib follow dan tag Instagram unit museum yang dijadikan objek, serta menggunakan tagar #TemuiDiMuseum

4. Unit museum yang dapat dipilih sebagai objek:

  • Galeri Nasional Indonesia
  • Museum Kebangkitan Nasional
  • Museum Sumpah Pemuda
  • Museum Perumusan Naskah Proklamasi
  • Museum Kepresidenan RI Balai Kirti
  • Museum Basoeki Abdullah
  • Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta
  • Museum Manusia Purba Sangiran
  • Museum Batik Indonesia
  • Museum Semedo
  • Museum Song Terus
  • Museum Islam Indonesia K.H. Hasyim Asy’ari

Timeline Pendaftaran

- Periode Unggah:                     13 – 31 Oktober 2023

- Pengumuman Pemenang:       13 – 14 November 2023

Hadiah Pemenang

- 1,5 juta rupiah (di luar pajak) + cendera mata bagi 2 reels pilihan untuk masing-masing unit museum.

- Cendera mata bagi 10 reels dengan likes terbanyak untuk masing-masing unit museum

3 dari 3 halaman

Tentang BLU Museum dan Cagar Budaya

Badan Layanan Umum Museum dan Cagar Budaya (MCB) merupakan lembaga di bawah naungan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia yang saat ini bertanggung jawab atas pengelolaan 18 museum dan galeri serta 34 situs cagar budaya nasional di Indonesia.

Tempat ini diresmikan pada tahun 2022, MCB berambisi menjadi institusi yang bersifat kolaboratif dan mendorong daya cipta, perubahan sosial, serta pembangunan masyarakat yang berbudaya.

MCB mengedepankan peningkatan pelayanan yang berbasis perlindungan sebagai prioritas utama. Dengan merangkul kreativitas dan mengusung semangat kolaborasi yang inklusif, MCB bersama masyarakat dapat mendapat pemahaman dan memberikan apresiasi yang menyeluruh terhadap warisan budaya Indonesia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.