Sukses

7 Tips Tetap Nyaman Selama Penerbangan Jarak Jauh

Tahun ini jadi penerbangan panjang pertama Anda ke luar negeri? Setidaknya perhatikan beberapa hal berikut, ya.

Liputan6.com, Jakarta - Sudahkah Anda merencanakan liburan akhir tahun? Apakah ingin melakukannya sendiri atau bersama keluarga? Pergi ke luar negeri atau cukup keliling dalam kota saja?

Jika Anda ada rencana pergi ke luar negeri, pastinya perjalanan tidak cukup hanya satu-dua jam, karena bisa saja Anda akan menjalani penerbangan panjang atau long haul flight. Seperti misalnya delapan sampai belasan jam. Dalam rentang waktu yang cukup lama itu, bisa saja Anda akan terjebak dalam situasi yang kurang nyaman.

Memang berada dalam penerbangan yang panjang, rasanya tidak hanya membosankan, tapi juga melelahkan. Apalagi tidak banyak aktivitas yang bisa dilakukan selain duduk serta menikmati beberapa fasilitas yang sudah disediakan maskapai pesawat yang Anda pilih.

Maka dari itu, mempersiapkan penerbangan jarak jauh internasional harus diperhatikan dengan cukup matang. Terlebih jika ini adalah penerbangan pertama Anda atau bersama dengan seseorang yang belum pernah melakukan hal itu sebelumnya. Ada beberapa tips yang perlu diperhatikan untuk memastikan kenyamanan, keselamatan, serta kesejahteraan Anda selama perjalanan.

Dihimpun dari DailyO, Jumat (13/10/2023), selain memesan penerbangan Anda, termasuk memilih tempat duduk yang Anda sukai (di dekat jendela atau lorong atau mungkin di tengah), menyebutkan preferensi makanan Anda, dan menyimpan semua dokumen perjalanan yang diperlukan dengan aman di bagasi jinjing Anda, membuat perjalanan Anda bebas stres juga memerlukan kehati-hatian. 

Inilah beberapa tips untuk membantu Anda mempersiapkan diri dan memastikan penerbangan Anda terasa menyenangkan. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Kenakan pakaian yang nyaman

Hal pertama yang penting, tapi sering luput diperhatikan yaitu memakai pakaian yang nyaman. Kenakan pakaian longgar dan nyaman yang sesuai dengan suhu penerbangan dan iklim di tujuan Anda.

Anda bisa mengenakan pakaian berlapis atau mengenakan kaus atau jaket tambahan adalah ide yang bagus karena suhu di pesawat dapat bervariasi dan biasanya lebih dingin.

2. Jangan sampai dehidrasi

Kita tidak bisa cukup menekankan fakta bahwa minum air dan tetap terhidrasi adalah tips perjalanan utama saat berada di pesawat. Selama penerbangan, banyak minum air putih dan tetap terhidrasi. Sebaiknya hindari alkohol karena dapat membuat Anda dehidrasi.

Penelitian menunjukkan bahwa asupan air yang cukup saat Anda berada dalam penerbangan sangatlah penting karena dapat mencegah deep vein thrombosis (penggumpalan darah di kaki), emboli paru (penggumpalan darah di paru-paru) atau serangan jantung, terutama saat bepergian.

3 dari 4 halaman

3. Jangan bergantung pada fasilitas hiburan di pesawat

Meskipun sebagian besar penerbangan jarak jauh menawarkan hiburan dalam penerbangan, tapi  jika Anda ingin menonton film atau serial tertentu, Anda sebaiknya mengunduh film atau episode tersebut terlebih dahulu sehingga Anda dapat menontonnya dengan mudah dalam penerbangan.

Lalu, pernah terpikir tidak bagaimana jika sistem hiburan dalam penerbangan Anda tidak berfungsi? Untuk itu, Anda perlu menyimpan sesuatu akan memastikan Anda tidak bergantung pada sistem penerbangan. Contohnya membawa buku, majalah, menggunggah film atau lagu untuk menyibukkan diri dalam pesawat.

4. Kemasi beberapa makanan ringan

Siapkan beberapa camilan sehat seperti kacang-kacangan, granola, atau buah-buahan untuk membuat Anda tetap berenergi selama penerbangan. Anda mungkin merasa ingin mengunyah sesuatu setiap satu atau dua jam dan sebaiknya sediakan beberapa camilan sesuai keinginan Anda agar Anda tidak merasa lapar atau kesal.

Selain itu, makanan dalam penerbangan tidak dapat diprediksi, jadi mengonsumsi makanan ringan adalah pilihan yang aman.

4 dari 4 halaman

5. Bawalah bantal leher dan selimut

Bantal leher dapat memberikan kenyamanan yang sangat dibutuhkan untuk tidur, dan selimut kecil dapat membantu Anda tetap hangat. Meskipun penerbangan internasional sebenernya menyediakan selimut bagi penumpang.

Akan tetapi, agar lebih aman dan jika Anda memiliki ruang di tas atau ransel, coba masukkan selimut kecil. Jika Anda tidak memiliki bantal leher, Anda selalu dapat membelinya di bandara.

6. Jalan kaki atau lakukan sedikit peregangan

Lakukan peregangan dan berjalanlah di sekitar kabin secara berkala dan jika Anda diperbolehkan melakukannya, saat tanda sabuk pengaman dimatikan. Hal ini untuk mencegah kekakuan dan Deep Vein Thrombosis (DVT).

Anda bisa berjalan mondar-mandir di lorong dan jika masih ada ruang, Anda bisa melakukan sedikit peregangan di kursi tanpa membuat sesama penumpang atau orang lain merasa tidak nyaman.

7. Siapkan obat-obatan

Jika Anda mempunyai kondisi medis apa pun, konsultasikan dengan dokter Anda sebelum penerbangan dan bawalah obat-obatan yang diperlukan. Selain itu, pertimbangkan untuk memakai kaus kaki kompresi untuk mencegah pembengkakan di kaki Anda.

Anda harus membawa semua obat-obatan dasar yang dapat membantu Anda merasa lebih baik jika Anda sakit perut, sakit kepala, mual, demam atau reaksi alergi. Disarankan juga untuk menyimpan obat-obatan untuk sakit maag, ketidaknyamanan perut atau gangguan pencernaan.

Jika Anda termasuk orang yang sangat memperhatikan rutinitas perawatan kulit dan suka membawa masker wajah, penutup mata, sheetmask, dan serum, melakukan hal ini juga dapat membuat Anda merasa gembira dan relaks selama penerbangan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.