Sukses

Rekomendasi 5 Aplikasi Audiobook Terbaik 2023, Koleksinya Lengkap

Berkembangnya zaman, kini orang-orang sudah tidak perlu lagi membaca buku dalam bentuk teks, kini saatnya beralih ke audiobook, di mana kita bisa mendapatkan ilmu dari buku lewat suara. Inilah 5 rekomendasi aplikasi audiobook yang bisa kamu coba!

Liputan6.com, Jakarta - Kebiasaan membaca selalu dianggap 'keren'. Bahkan dengan istilah urban seperti ‘culun’ atau ‘kutu buku’, tren membaca tidak pernah hilang begitu saja. Legenda mengatakan jika Anda pernah memiliki kebiasaan membaca, tidak ada jalan untuk kembali.

Hal ini berlaku untuk setiap usia, topik dan medianya bisa bermacam-macam tapi kebiasaannya tetap sama. Tentu saja, ketika Anda memulai suatu kebiasaan, Anda hanya ingin mengeksplornya lebih jauh.

Dalam kebiasaan membaca, lingkungan dalam dan luar dapat ditingkatkan. Anda memerlukan ruangan sendiri saat melatih kebiasaan membaca. Media membaca yang mendukung akan menjadi pelengkapnya.

Membawa semua buku saat bepergian dalam rutinitas harian bukanlah pilihan yang tepat. Untuk menjadikan pengalaman tersebut lebih baik, pengenalan format PDF, Djvu, atau Epub ada di pilihan yang lebih baik, sedangkan buku dalam bentuk audio tidak mendapat posisi kedua.

Keuntungan buku audio semacam itu adalah seseorang dapat menambahkan banyak buku di satu tempat dan mendengarkannya sambil melakukan pekerjaan lain. Dalam kehidupan yang serba cepat, hal ini merupakan sebuah lompatan besar. Anda dapat melupakan opsi bahwa mendengarkanadalah sesuatu yang membosankan.

Jika Anda lihat, sebagian besar pembacaan cerita dimulai dalam hidup kita dengan fenomena mendengarkan dari mulut orang yang lebih tua. Jadi, kehadiran buku audio di perangkat seluler adalah stimulator serupa yang lebih baik.

Merangkum dari Pink Villa, berikut beberapa aplikasi buku audio terbaik yang dapat memberikanmu pengalaman mendapatkan buku favorit dalam bentuk audio.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

5 Aplikasi Buku Audio Terbaik

1. Audible

Pada aplikasi Audible, Anda bisa menemukan buku dan podcast dari beberapa genre serta konten khusus untuk aplikasi saja. Audible juga menambahkan beberapa materi ke aplikasinya. Itu bisa berupa buku audio atau podcast.

Ini dikenal sebagai Audible Originals. Hal tersebut dapat membawa pengalaman baru bagi para pecinta buku. Untuk menumbuhkan minat, aplikasi Audible memperbarui perpustakaannya setiap minggu. Di antara genre yang tersedia, Anda bisa menemukan misteri, thriller, romantis, mitos, dan lain-lain.

Selain itu, Anda dapat mengunduh materi untuk didengarkan secara offline. Dengan ini, Anda bisa menghubungkan akun ke Apple Watch. Anda juga dapat melampirkan akun dengan CarPlay.

Opsi putar-lanjutkan juga tersedia dengan cara berlangganan pada aplikasi. Selain itu, Audible memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan.

Kelebihan yang ditawarkannya, seperti koleksi buku, podcast yang banyak, dapat didengarkan secara offline, dan bisa mengatur waktu tidur. Namun, ada satu kekurangan, yaitu terdapat beberapa masalah pada bug.

3 dari 6 halaman

2. Spotify

Jika Anda seorang yang senang mendengarkan musik, Spotify pasti tidak asing lagi, bukan? Menilai pengalaman buku audio, Anda akan menemukan beberapa genre dalam kualitas buku dalam format audio.

Di Spotify, Anda akan menemukan beberapa buku audio berbasis bahasa, serta file-file tersebut dapat diputar di seluruh perangkat dan hanya satu akun yang dapat digunakan untuk memutar buku audio ini.

Berdasarkan popularitasnya, Anda akan menemukan beberapa biaya berlangganan di aplikasi ini, seperti contoh paket berlangganan yang tersedia untuk pelajar.

Aplikasi Spotify telah mengumpulkan beberapa perpustakaan khusus podcast dan buku audio. Hal ini dapat membantu pembelajaran bagi siswa. Selain itu, playlist yang disesuaikan dapat dibuat dalam aplikasi.

Anda dapat mengunduh buku audio untuk didengarkan secara offline dan dapat mendengarkannya kapan saja. Bagi pengguna iOS, Apple Watch dapat disinkronkan pada aplikasi ini.

Sama halnya dengan aplikasi sebelumnya, Spotify juga memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan, di antaranya basis yang besar, banyak konten yang tersedia, dan isi yang dapat disesuaikan. Untuk kekurangannya yaitu, adanya iklan yang sering muncul, serta kurangnya buku audio jika dibandingkan platform lain.

4 dari 6 halaman

3. Google Play Books & Audiobooks

Aplikasi Google Play Books & Audiobooks tidak memerlukan langganan atau akun pribadi untuk memberikan akses ke perpustakaan. Artinya, aplikasi ini gratis, namun jika Anda ingin mengunduh judul dari perpustakaan ini, Anda perlu membelinya.

Sesuai buku audio yang tersedia, Anda dapat menikmati tombol ‘jeda’ dan ‘lanjutkan’ dalam pengaplikasian buku audio pada aplikasi ini. Anda bisa menghubungkan aplikasi Siri dengan Google Play Books & Audiobooks, jika ingin menggunakan perangkat iOS.

Jadi, atas perintahmu, Anda dapat mendengarkan dan menikmatinya di waktu kerja atau saat mengemudi. Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan poin sebagai kredit per bulan dengan setiap pembelian dalam aplikasi. Poin ini nantinya dapat digunakan untuk mendapatkan penawaran tambahan pada suatu pembelian.

Dengan segala manfaat yang ditawarkan, aplikasi ini juga memiliki sejumlah kelebihan, seperti Anda bisa menggunakannya dengan tanpa berlangganan serta memiliki akses pintasan yang dapat dibuat menggunakan aplikasi Siri.

Lalu, adapun kekurangannya yaitu, stok buku yang kurang variatif jika dibandingkan platform lainnya. Selain itu, pada beberapa buku, tidak tersedia versi lengkapnya.

5 dari 6 halaman

4. Scribd

Aplikasi Scribd telah menangani eBook dalam beberapa format dan laporan dari berbagai sudut. Anda dapat menemukan daftar panjang koleksi lembaran musik dari berbagai penjuru. Dengan semua koleksi berharga ini, Anda bisa menemukan beberapa buku audio dalam aplikasi ini.

Selain itu, beberapa genre dan buku audio juga tersedia dari buku-buku lama di aplikasi ini. Anda dapat mengubah kecepatan narasi sesuai pilihan dan bisa menjadikannya pengalaman yang berkesan, di sini Anda juga dapat menyetel pengatur waktu.

Karena aplikasi Scribd memiliki koleksi lembaran musik yang bagus, Anda dapat menikmati streaming musik selama mendengarkan buku audio. Anda juga dapat mengunduh buku audio di aplikasi dan mendengarkannya nanti dalam mode offline. Bahkan dengan semua spesifikasi tersebut, aplikasi Scribd lebih dikenal sebagai sumber e-book.

Kelebihan Scribd yaitu, tersedia beberapa buku audio dalam beberapa genre, kecepatan narasi atau dikte bisa kamu atur sesuai keinginan, terakhir buku audio dapat diunduh sehingga bisa diputar secara offline.

Untuk kekurangannya, ia memiliki dua kekurangan yaitu, bukan merupakan aplikasi buku audio khusus seperti platform-platform sebelumnya, serta buku audio hanya dapat diakses oleh seseorang yang berlangganan.

6 dari 6 halaman

5. Kobo Books

Pernahkah Anda menemukan bagian bernama buku audio yang akan mengubah hidupmu atau buku audio yang menjadi hidup melalui aplikasi buku audio? Faktanya, Anda dapat menemukannya di aplikasi Kobo Books.

Di sini Anda dapat menemukan beberapa genre buku dan genre yang inovatif. Agar tidak tersesat saat membaca, aplikasi Kobo Books telah menambahkan sistem pengatur waktu. Anda bisa mengatur waktunya sesuai pilihan, dan setelah waktu habis, Anda akan mendapat notifikasi atau peringatan atas seberapa lama kamu mendengarkannya.

Dalam aplikasi Kobo Books, Anda dapat membagikan atau menilai buku tertentu, dam membaca ulasan orang lain tentang buku tersebut. Ini dapat menentukan pilihanmu terhadap buku tertentu. Bahasa audionya banyak, dan Anda akan terpesona setelah melihat nomor bahasa tersebut di aplikasi ini.

Kelebihan yang dapat Anda rasakan saat mengaplikasikan platform tersebut di antaranya, terdapat pengatur waktu yang bisa disesuaikan, adanya resensi buku sehingga memudahkan calon pendengar, serta banyak genre menarik yang tersedia. Kekurangannya yaitu, pengguna android kurang disarankan karena kurangnya pengembangan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.