Sukses

Ingin Mudah Dapat Teman di Tempat Baru? Yuk Lakukan 8 Strategi Ini

Terdapat delapan strategi yang bisa kamu lakukan untuk membentuk pertemanan di lingkungan baru.

Liputan6.com, Jakarta - Pindah ke kota yang baru sebenarnya bisa menjadi petualangan yang mengasyikkan, tetapi juga memberikan tantangan untuk membangun lingkaran sosial dari awal kembali. Apapun alasan pindahnya, seperti karena kerja, sekolah, atau alasan pribadi, berteman di kota baru sangat penting untuk menciptakan rasa memiliki dan menikmati kehidupan yang memuaskan.

Namun, tenang, kamu dapat melakukan berbagai strategi untuk menavigasikan perjalanan dan mengembangkan keterampilan sosial yang penting, mengubah orang asing menjadi teman, dan mengubah lingkungan baru kamu menjadi tempat yang penuh dengan persahabatan dan berbagi pengalaman.

Salah satu cara efektif untuk memperluas kehidupan sosial kamu adalah dengan memanfaatkan jaringan yang ada. Apabila kamu memiliki teman yang sama di kota tersebut, pertimbangkan untuk berhubungan kembali dengan mereka dan mencari peluang sosial dalam lingkaran mereka. 

Selain itu, berpartisipasi dalam acara komunitas, seperti kelas olahraga atau pertemuan sosial, seperti volunteer juga bisa menjadi cara yang baik untuk bertemu orang-orang keren yang mungkin memiliki minat yang sama denganmu. Melakukan langkah-langkah ini, dapat membantu kamu membangun landasan yang kokoh dalam membentuk hubungan pertemanan dan berpotensi menemukan mitra yang setia untuk diajak berhubungan baik. Tentu, hal ini dapat meningkatkan pengalaman kamu secara menyeluruh selama berada di tempat baru.

Lantas, strategi seperti apa yang cocok dilakukan untuk menciptakan pertemanan di lingkungan baru? Berikut ulasannya, seperti yang dilansir dari halaman Pink Villa.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Terlibat dalam Komunitas Relawan

Apabila kamu memiliki hasrat untuk memberi sesuatu, akan mudah rasanya untuk terhubung dengan orang-orang yang berpikiran sama dan memiliki antusiasme yang sama pula. Cobalah untuk mendedikasikan dirimu minimal satu kali dalam sebulan untuk menjadi relawan yang bermanfaat bagi organisasi atau komunitas pilihanmu. 

Pada usia 20-an ini sudah saatnya kamu jelajahi tujuan-tujuan penting, seperti hak asasi manusia dan advokasi, isu anak-anak dan remaja, kesejahteraan hewan, seni dan budaya, pendidikan dan literasi, serta bantuan bencana alam.

2. Berpartisipasi dalam Komunitas Olahraga

Terlepas dari kehebatan kamu dibidang atletik, kamu bisa mengikuti berbagai liga olahraga yang bisa kamu lakukan, seperti softball, badminton, football, basket dan sebagainya. Kegiatan ini menawarkan peluang luar biasa untuk bertemu dengan teman baru di kota atau lingkunganmu yang baru.

Tidak hanya itu, kamu juga bisa tergabung dengan kegiatan gym karena kegiatan ini bukan sekadar membantu kamu tetap sehat dan bugar, ini juga memberikan jalur sosial yang baru. Tingkatkanlah pengalaman gym kamu dengan mengikuti kelas olahraga secara rutin sehingga berpotensi mengarah pada persahabatan di luar gym.

3. Terlibat dengan Kelompok Bisnis

Apabila kamu seorang pemiliki bisnis atau mau memulai bisnis, cobalah untuk bergabung dengan komunitas bisnis setempat yang efektif untuk memperluas lingkaran sosial kamu dan menghasilkan referensi. Hubungan yang dibentuk melalui jaringan profesional dapat berkembang menjadi persahabatan jangka panjang.

Perlu diketahui bahwa semangat di antara pemilik bisnis dan profesional yang berdedikasi sangatlah menular. Bahkan, bila kamu tidak memiliki bisnis, acara pertemuan tetap menjadi metode terbaik untuk terhubung dengan orang lain yang memiliki semangat yang sama dengan kamu.

3 dari 4 halaman

4. Berpartisipasi dalam Kegiatan Keagamaan

Membangun hubungan pertemanan melalui kecintaan yang sama terhadap agama atau budaya bisa sangat bermanfaat bagi kamu yang sering berpindah-pindah kota. Hal ini dikarenakan cara ini merupakan cara terbaik untuk bisa bertemu dengan orang baru.

Keterlibatan aktif dalam kegiatan pengajian, seperti remaja masjid akan memastikan hubungan kamu dengan orang-orang yang berpikiran sama dan saling memberi dukungan dapat berjalan dengan baik. Apabila kamu merasa kegiatan agama tidak sejalan dengan keyakinan kamu, coba pertimbangkan untuk bergabung dengan kegiatan setempat yang mewakili latar belakang budaya kamu.

5. Bergabung dalam Komunitas Pegiat Literasi

Menjadi anggota dalam komunitas buku atau literasi di kota baru kamu tidak hanya menawarkan kesempatan untuk mendapatkan teman baru, tetapi juga memberikan kontribusi signifikan terhadap kesejahteraan mental dan emosional kamu. Komunitas ini memberikan panduan unik antara interaksi sosial dan stimulasi intelektual.

Terlibat dalam diskusi buku dan literasi dengan orang-orang yang berpikiran sama, memungkinkan terciptanya hubungan yang bermakna dan memperkaya percakapan. Selain itu, membaca dan berpartisipasi dalam diskusi dapat menjadi terapi, menumbuhkan kesejahteraan emosional dan rasa memiliki terhadap komunitas baru yang kamu ikuti.

4 dari 4 halaman

6. Menikmati Aktivitas Air

Mungkin kamu tipe individu yang sangat suka sekali menimati ketenangan air, seperti pantai atau danau. Baik ketika kamu bersantai sambil membaca buku di tepi perairan yang tenang, ikut serta dalam permainan voli pantai, atau menikmati petualangan berbasis air, seperti selancar, ini merupakan jalan terbaik untuk menjalin persahabatan baru dengan mereka yang satu hobi dengan kamu. 

Suasana alam ini memberikan perasaan santai dan mengundang kamu untuk memulai percakapan, berbagi pengalaman, dan menjalin ikatan atas kepentingan bersama. Hal ini juga dapat menjadi strategi yang ideal untuk membangun koneksi dan memperluas lingkaran sosial kamu sambil menikmati keindahan alam.

7. Menghadiri Festival Musik dan Seni Lokal

Festival merupakan acara komunal dan menyenangkan yang menawarkan banyak kesempatan untuk bertemu dengan teman baru. Mereka seringkali menyatu melalui kegiatan kelompok, permainan, kompetisi, dan demonstrasi. Cobalah untuk datangi festival musik terdekat dari tempat barumu.

8. Menghadiri Acara Sosial

Salah satu cara tercepat untuk bertemu orang baru adalah dengan menghadiri acara sosial dan pertemuan yang sesuai dengan minat kamu. Kamu dapat menemukan pertemuan sejenis ini di berbagai media sosial. Berpartisipasi dalam komunitas sosial yang kamu sukai adalah cara terbaik untuk bertemu dengan orang-orang baru. Cobalah untuk menghadiri acara tersebut secara teratur setiap bulannya untuk membangun komunikasi.

Itulah delapan strategi yang bisa dilakukan dan yang terpenting percaya pada kemampuan kamu untuk mampu terhubung secara otentik dengan orang lain. Tetap jujur pada diri sendiri dan bersikap apa adanya karena keaslian bersifat magnetis yang dapat mendekatkan hubunganmu dengan orang baru. Kamu juga harus tetap berpikiran terbuka dan terlibat dalam aktivitas dan komunitas lokal yang selaras dengan minat kamu serta membina hubungan dengan orang-orang yang memiliki minat yang sama itu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.