Sukses

Deretan Tanda Hubungan Anda dengan Pasangan Tidak Berhasil Menurut Pakar

Seorang terapis seks dan hubungan telah mengungkapkan tanda-tanda suatu hubungan mungkin berada di ujung tanduk.

Liputan6.com, Jakarta Seorang terapis seks dan hubungan telah mengungkapkan tanda-tanda suatu hubungan mungkin berada di ujung tanduk. Lauren Consul, telah mengungkapkan lima tanda sebuah hubungan akan berakhir termasuk tidak menjaga rasa ingin tahu tentang pasangan Anda dan perkataan serta tindakan yang tidak selaras.

Dia mengatakan bahwa beberapa pasangan mungkin merasa seperti teman karena mereka “kehilangan rasa ingin tahu dan berhenti bertanya”. Lauren mengatakan banyak pasangan terjebak pada isi argumen saat berdebat, dibandingkan membicarakan makna mendasar yang lebih dalam dari argumen tersebut.

Dia mengatakan sikap tidak mau bertanggung jawab atas pertengkaran tersebut dan berasumsi bahwa Anda saling kenal karena sudah lama bersama dapat menyebabkan rusaknya hubungan asmara Anda.

Pakar tersebut juga mengatakan tidak mendukung pasangan Anda dapat menambah akhir suatu hubungan. Dia menambahkan bahwa Anda dapat bangkit dari keterpurukan dengan menunjukkan kepada pasangan Anda bahwa Anda bersedia berubah dan menunjukkan kesadaran akan masalah dalam hubungan tersebut.

Lauren yang berasal dari Los Angeles, California, mengatakan, “Kuncinya adalah kembali dan bekerja sama sebagai sebuah tim untuk menyelesaikan masalah apa pun. Selalu mudah untuk berpisah dan lebih sulit untuk kembali bersama,” katanya dilansir dari Independent, Sabtu (23/9/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Perbedaan sudut pandang bisa jadi penyebab pertengkaran

Lauren mengatakan kegagalan melihat sudut pandang pasangan dapat menyebabkan masalah dalam suatu hubungan, terutama saat bertengkar. Dia menambahkan, “Dua orang dapat mengalami hal yang sama tetapi merasakan hal yang sangat berbeda. Jika kita terjebak dalam 'pandangan yang benar', kita mengatakan bahwa pengalaman seseorang valid dan pengalaman orang lain tidak.”

“Cara terbaik untuk mengatasi hal ini adalah jika kita bisa berhenti sejenak dan merenungkan apa yang kita dengar dari mitra kita dan memvalidasinya. Hal ini memberi tahu mitra kami bahwa kami mendengarkan dan apa yang mereka katakan masuk akal, menunjukkan bahwa kami berada di tim yang sama.”

“Kuncinya adalah kembali dan bekerja sama sebagai sebuah tim untuk menyelesaikan masalah, berpisah itu mudah, tetapi lebih sulit untuk kembali bersama,” tambahnya.

 

3 dari 4 halaman

Kehilangan rasa ingin tahu juga bisa jadi penyebab pertengkaran

Lauren mengatakan tanda lain hubungan Anda bisa memburuk adalah jika Anda dan pasangan tidak terus ingin tahu satu sama lain. Dia memperingatkan pasangan bisa merasa seperti teman sekamar karena mereka kehilangan rasa ingin tahu dan berhenti bertanya.

Dia berkata, “Ketika Anda dan pasangan mulai berkencan, Anda mengajukan banyak pertanyaan dan tertarik satu sama lain, tetapi seiring waktu Anda lupa atau mulai berasumsi dan berhenti menanyakan pertanyaan kepada pasangan.”

Lauren mengatakan suatu hubungan adalah tentang kolaborasi, pemahaman dan kesadaran bahwa Anda harus bekerja sama.

“Hal umum yang saya lihat adalah bahwa salah satu pasangan akan memihak ibu atau ayah atau bahkan saudara kandungnya daripada pasangannya dan itu sangat menyakitkan bagi orang-orang karena hal tersebut menunjukkan bahwa Anda bukan keluarga inti saya.”

“Ini adalah transisi dari 'kita bersama-sama' - ini tentang bersatu dan memahami perasaan Anda tentang hal ini dan bagaimana kita dapat mengatasinya.”

“Jika Anda berhasil mencapainya, Anda dapat berkolaborasi dan menemukan solusi untuk memperbaiki masalah ini.”

4 dari 4 halaman

Langkah yang bisa dilakukan agar hubungan tak berakhir

Lauren berkata bahwa Anda bisa bangkit dari keterpurukan dengan menunjukkan kepada pasangan Anda bahwa Anda bersedia berubah dan menunjukkan kesadaran akan masalah dalam hubungan.

“Langkah pertama adalah kesadaran tapi itu saja tidak cukup, kita harus punya motivasi. Kita harus mulai mengenali bagaimana hal-hal ini muncul dalam hubungan dan mengapa hal itu muncul dan kemudian kita dapat mengubahnya.”

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.