Sukses

Viral, Kisah Nenek di Flores Kembali Pulang Setelah Hilang 47 Tahun

Baru-baru ini viral sebuah video yang menunjukkan seorang nenek akhirnya kembali pulang ke rumahnya setelah hilang selama 47 tahun.

Liputan6.com, Jakarta Baru-baru ini viral sebuah video yang menunjukkan seorang nenek akhirnya kembali pulang ke rumahnya setelah hilang selama 47 tahun. Video tersebut diunggah oleh akun tiktok @fitriaelda. Dalam video tersebut, terlihat seorang nenek mengenakan baju dan jilbab biru hendak pulang ke rumahnya dan disambut dengan ritual adat. 

“Setelah hilang 47 tahun lalu, nenek Petronela Lela akhirnya tiba di Goka, Matalono,” tulis keterangan video tersebut. 

Pada unggahan lain, sang pemilik akun mengunggah video ketika nenek Nela atau yang kini juga memiliki nama nenek Siti bertemu dengan sang ayah. Dalam keterangan video tersebut juga diceritakan kronologi hilangnya nenek Nela 47 tahun lalu saat dirinya berusia 20 tahunan.  

“Nenek Siti (nama sekarang) atau nama gadisnya Petronela Lela, putri tunggal dari bapa Yosep koa asli Doka Mataloko. Hilang di pasar Maumbawa tahun 1970-an saat berusia sekitar 20 atau 22 tahun. Saat itu Oma Nela berjualan hasil bumi bersama tantenya, selesai berjualan Oma Nela berpamitan untuk membeli pisang setelah itu hilang,” tulis sang pemilik akun dikutip Citizen6-Liputan6.com, Sabtu (23/9/2023).

Lebih lanjut diceritakan bahwa selama 6 tahun pertama hilangnya nenek Nela keluarga terus mencari di berbagai tempat. Segala usaha pun dilakukan, namun tidak membuahkan hasil. Akhirnya keluarga pun memutuskan untuk mendatangi “orang pintar”. 

“Sampai titik dimana orang pintar mengatakan "Mama Nela masih hidup, di masa depan nanti cucunya sendiri yang akan datang dirumah kita" dan berpegang pada kata-kata itu bapa Yosep Koa dan keluarga percaya anak gadisnya akan pulang.”

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kronologi Akhirnya Nenek Nela Pulang Setelah 47 Tahun Hilang

Lalu pada bulan Agustus 2023 lalu, Wilda yang merupakan cucu pertama nenek Nela melakukan KKN di Mataloko. Wilda sempat ditolak di beberapa desa namun akhirnya dia diterima jam 11 malam di Doka Rumah Opa Kanis, adik kandung nenek Nela. 

Bahasa tubuh Wilda membuat Opa Kanis teringat dengan kakanya, hal itu membuat dirinya mulai bertanya tentang asal usul Wilda dan meminta foto nenek Nela, dari foto tersebut keluarga yakin itulah nenek Nela yang hilang. 

“Kemudian Wilda menelpon mamanya bertanya "Ma kita org apa”, mamanya bilang kita orang bajo mungkin mereka salah orang. Opa Kanis dan keluarga bersikeras untuk bertemu Oma Nela sampai 2x ke rumah Wilda untuk meminta mamanya tunjuk jalan ke longos untuk memastikan firasat mrka.”

Akhirnya pihak keluarga pun memutuskan untuk memastikan apakah benar nenek Wilda adalah nenek Nela. Mereka pun membawa petunjuk berupa ciri pada tubuh nenek Nela. 

“Ketika di longos berbekal pesan dari bapak Oma Nela bahwa dia memiliki luka bakar di kaki, tahi lalat sekitar mata, dan jempol kaki besar dan miring kedalam yang menjadi ciri khas Oma Nela dan saudaranya serta kemampuannya bermain suling, makan sirih dengan tembakau semua itu ada pada neneknya Wilda. Kenapa Oma Nela tak mengingat asal usulnya karena memori Oma Nela Telah hilang tentang kehidupan masa kecil dan di longos anak Oma Nela juga tidak mengetahui asal usul mereka. Akhirnya 16 September 2023 Oma Nela pulang ke kampung Doka disambut dengan ritual adat.”

3 dari 4 halaman

Pertemuan dengan Sang Ayah yang Setia Menunggu Selama 47 Tahun

Dalam video terlihat bagaimana pertemuan nenek Nela dan sang ayah yang selalu setia menunggunya untuk pulang 47 tahun. Sang ayah terlihat terharu menyambut anak tercintanya. Tak hanya sang ayah, keluarga juga turut terharu dengan kepulangan nenek Nela. 

“Hal yang bikin terharu keluarga tetap melihat Oma Nela sebagai anak gadis mereka, bagaimana mereka mencubit pipi Oma Nela, memegang dagunya, berpelukan, gemas sesuatu yang biasa kita lihat hanya pada anak kecil benar-benar bikin kita tersenyum bahagia. Tentang Bapa Oma Nela yang selalu menanti anaknya pulang. Semua ini karena kehendak Tuhan dan keluarga yang tidak putus asa dalam mencari,” kata keterangan video tersebut.

4 dari 4 halaman

Buat Warganet Ikut Terharu

Tak hanya keluarga, rupanya kisah nenek Nela juga membuat para warganet terharu. Hal ini terlihat dalam kolom komentar, tak sedikit yang mengaku ikut senang melihat nenek Nela kembali ke keluarganya setelah 47 tahun hilang.

“Allah masih mempertemukan mereka di sisa umur ayahnya semoga sehat dan bahgia bersama bapak tua dan anak cucunya amin,” tulis akun @aminkdts10.

“Alasan Allah panjang kan umur bapaknya mungkin ini biar bisa ktmu dlu sama anaknya yang hilang,” timpal akun @euis_glamshinepwk. 

“Soiii siapa yang naroh bawang di mata saya😭😭😭 ,sehat-sehat bapak tua,” komentar akun @nuraini_judas.

“Pagi pagi menetes airmataku liat beginian🥺Alhamdulillah bisa berkumpul lg dg keluarga🥰,” kata @pipinjuicer.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.