Sukses

5 Rekomendasi Buku yang Enggak Kalah Seru Sama Drakornya

Beberapa buku ini muncul dalam scene di drakor, lho!

Liputan6.com, Jakarta - Siapa yang tidak pernah lepas dari menonton drakor ketika memiliki waktu luang? Rasanya hampir semua dari Anda pasti terhipnotis dengan jalan cerita dari drama Korea yang mungkin memiliki tema yang tidak biasa.

Bukan sekadar romance, tapi juga ada juga tema luar angkasa, kehidupan di masa lalu, dan juga fantasi. Memang tidak bisa dipungkiri kalau produksi drakor selalu kelihatan unggul. Mereka tidak hanya terfokus pada casting, tapi juga chemistry para pemeran utama, plot, musik, dan sinematografi juga dipikirkan matang-matang.

Selain itu, ada juga detail-detail kecil seperti referensi sastra atau buku-buku fiksi yang muncul di salah satu adegan. 

Ya, buku memang memainkan peran besar dalam beberapa drakor. Misalnya, jika profesi salah satu pemeran utama berkaitan dengan sastra, banyak referensi buku yang dibuat seperti di My Romance is a Bonus Book atau Romance is A Bonus Book.

Terkadang, mereka membantu mengembangkan atau membangun karakter seperti yang terlihat di Our Beloved Summer atau bahkan menjadi kekuatan pendorong di balik cerita seperti di I'm Not a Robot atau Hotel del Luna.

Butuh bacaan yang bagus? Dilansir dari TatlerAsia, Senin (11/9/2023), berikut beberapa rekomendasi buku yang sempat muncul di drakor. 

1. Love in the Time of Cholera oleh Gabriela Garcia Marquez

Love in the Time of Cholera oleh Gabriela Garcia Marquez mengisahkan kisah cinta dari Florentino Ariza dan Fermina Daza. Keduanya saling mencintai meski berbeda kekayaan dan status. Ketika ayah Fermina ikut campur dalam hubungan mereka, dia akhirnya memutuskan untuk menikah dengan seorang dokter kaya.

Hal ini membuat Florentino patah hati tetapi bertekad untuk mendapatkan Fermina kembali. Dia meningkat dalam kariernya dan menyimpan hatinya untuk Fermina. Ketika suaminya meninggal, Florentino menyatakan cintanya sekali lagi.

Buku ini muncul dalam drama: My Roommate is a Gumiho (2021)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

2. To Room Nineteen oleh Doris Lessing

Rekomendasi buku kedua diambil dari salah satu peran yang dimainkan oleh Lee Min-ki. Apakah itu?

Jawabannya adalah To Room Nineteen yang ditulis oleh peraih Hadiah Nobel Sastra, Doris Lessing dan merupakan kumpulan cerita pendek.

Salah satunya adalah cerita pendek eponymous yang menceritakan tentang pernikahan kelas menengah. Sementara yang lainnya, A Woman on the Roof mengikuti seorang pria yang terobsesi dengan seorang wanita yang suka berjemur.

Ada yang tahu buku ini muncul di episode berapa?

Buku ini muncul dalam drama: Because This is My First Life (2017)

3 dari 5 halaman

2. The Happy Prince oleh Oscar Wilde

Tahukah Anda, kalau buku karya Oscar Wilde pun tidak pun menjadi referensi pada drama Korea yang sudah tayang, lho. Judul bukunya pun menjadi judul film drama biografi tahun 2018 tentang Oscar Wilde, yang ditulis, disutradarai dan dibintangi oleh Rupert Everett. Ada yang tahu apakah judulnya?

Judulnya yaitu The Happy Prince yang bercerita tentang patung berlapis emas dan Swallow yang sedang dalam perjalanan ke Mesir. Mengalami kesulitan dalam perjalanannya, ia berlindung di kaki patung emas seorang pangeran.

Atas permintaan sang pangeran, Swallow mulai membawakan potongan-potongan undang-undang tersebut kepada mereka yang kurang beruntung.

Buku ini muncul dalam drama: My Absolute Boyfriend (2019)

4 dari 5 halaman

3. A Midsummer Night’s Dream oleh William Shakespeare

Buku lain yang muncul dalam drakor yang rilis tahun lalu di Netflix dan dimainkan oleh Kim Da-mi dan Choi Woo-shik adalah A Midsummer Night’s Dream.

Ditulis oleh William Shakespeare, A Midsummer Night’s Dream menggambarkan peristiwa yang terjadi saat mempersiapkan pernikahan Duke of Athens.

Di dalam hutan, Raja dan Ratu para peri mengendalikan sekelompok aktor. Dalam cerita ini, kita juga akan mengikuti empat pemuda Athena yang terlibat dalam hubungan cinta yang rumit.

Buku ini muncul dalam drama: Our Beloved Summer (2022)

4.  Like Water for Chocolate oleh Laure Esquivel

Selain A Midsummer Night’s Dream, Like Water for Chocolate juga muncul dalam drama Our Beloved Summer.

Like Water for Chocolate berkisah tentang keluarga De La Garza yang semuanya perempuan. Putri bungsunya, Tita, dilarang menikah demi menjaga ibunya.

Namun, Tita akhirnya jatuh cinta pada Pedro. Mengetahui dirinya tidak akan pernah bisa menikahi Tita, ia memutuskan untuk menikahi adiknya, Rosaura agar tetap bisa dekat dengan Tita.

5 dari 5 halaman

5. The Wind in the Willows oleh Kenneth Grahame

Buku terakhir yang muncul di drakor dan bisa menjadi rekomendasi buku lainnya yaitu berasal dari drama tahun 2020 yang dibintangi oleh Park Min-young dan Seo Kang-joon. Drama serial ini berdasarkan novel tahun 2018 dengan judul sama karya Lee Do-woo.

The Wind in the Willows yang ditulis oleh Kenneth Grahame mungkin merupakan buku anak-anak tetapi masih layak untuk dibaca untuk berbagai kalangan usia. Ceritanya berfokus pada empat hewan: tikus tanah, tikus, katak, dan musang. Mereka semua tinggal di Inggris versi pastoral selama era Edwardian.

Buku ini muncul dalam drama: When the Weather Is Fine (2020)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Drakor adalah singkatan dari drama korea, acara televisi yang diproduksi di rumah pertelevisian di Korea.

    drakor

  • Buku fiksi ditulis berdasarkan imajinasi sehingga isi dari jenis buku ini lebih banyak berupa cerita yang menghibur dan membangkitkan emosi.
    Buku fiksi ditulis berdasarkan imajinasi sehingga isi dari jenis buku ini lebih banyak berupa cerita yang menghibur dan membangkitkan emosi.

    Buku Fiksi

  • Our Beloved Summer adalah drakor Korea Selatan (Korsel) bergenre komedi, membahas tentang mantan pasangan yang putus dengan cara buruk.

    Our Beloved Summer

  • Drama korea atau sering disingkat drakor di Indonesia, acara televisi yang diproduksi di rumah pertelevisian di Korea.

    drama Korea

  • rekomendasi buku

  • Fantasi