Sukses

Pria juga Perlu Perawatan, Ini 4 Langkah Skincare Pemula untuk Pria

Kebanyakan masyarakat menilai bahwa seorang pria tidak perlu menggunakan perawatan kulit, hal ini tentu salah besar. Pelajari alasan mengapa kulit pria juga memerlukan skincare!

Liputan6.com, Jakarta - Sebagian besar orang, terutama pria, menilai bahwa dirinya tidak perlu memakai skincare atau perawatan kulit lainnya. Hal ini memang masih dianggap tabu, terutama oleh masyarakat Indonesia. padahal, masalah kulit wanita juga bisa ditemukan pada kulit seorang pria, seperti masalah jerawat, flek, atau bahkan beruntusan.

Tidak ada kata terlambat untuk memulai rutinitas perawatan kulit terbaik untuk pria, atau mengembangkan rutinitas perawatan kulit yang Anda miliki. Melakukan hal ini adalah investasi pada kesehatan dan kepercayaan diri Anda. Namun seperti yang telah saya pelajari melalui banyak percakapan, rutinitas perawatan kulit untuk pria sering kali terasa seperti perburuan harta karun tanpa akhir, dengan peta yang tidak mungkin diuraikan.

Ini seperti olahraga setiap hari untuk kulit Anda, sama seperti Anda makan makanan sehat, tetap terhidrasi, berolahraga secara teratur, dan banyak tidur. Bagaimanapun, ini adalah rutinitas perawatan kulit, dan ini adalah kebiasaan yang Anda bangun karena itu baik untuk Anda, bukan karena Anda akan secara ajaib terlihat seperti Lee Pace atau Henry Golding ketika semuanya sudah dikatakan dan dilakukan.

Semoga artikel ini dapat membantu Anda mengetahui rutinitas perawatan kulit terbaik untuk Anda, dengan menjelaskan langkah-langkah terbaik yang harus diikuti serta beberapa bahan utama yang harus diperhatikan selama prosesnya. Inilah rutinitas perawatan kulit terbaik untuk pria—jika hal seperti itu ada.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Basic Skincare untuk Pria

1. Face Wash. Gunakan pembersih wajah terlebih dahulu di pagi hari, untuk membersihkan produk apa pun yang digunakan pada malam sebelumnya, serta keringat dan bakteri yang Anda kumpulkan di malam hari. Kemudian bersihkan di malam hari, untuk memulai rutinitas tidur Anda.

2. Toner: Sederhananya, toner membantu menyeimbangkan tingkat pH kulit Anda, sehingga kulit tidak menjadi terlalu kering dan teriritasi sekaligus mengurangi produksi sebum alami. Anda dapat menggunakannya setelah face wash.

3. Serum: Meskipun ada banyak jenis serum di luar sana, yang paling penting adalah serum yang menghidrasi—khususnya dengan asam hialuronat yang membuat kulit kenyal. Anda akan mengaplikasikan produk ini setelah membersihkan dan sebelum melembabkan.

4. Pelembab. Pelembab terdengar seperti produk proaktif, namun sebenarnya produk ini kurang aktif dalam menghidrasi wajah Anda, melainkan menjaga tingkat kelembapan alami kulit, dan menghilangkan segala ancaman terhadap fungsi pelindung kulit. Kami menyarankan untuk mengonsumsinya di pagi hari, dengan SPF untuk melindungi dari sinar UV yang menyebabkan penuaan kulit.

3 dari 3 halaman

3 Alasan Mengapa Pria Membutuhkan Rutinitas Perawatan Kulit

Membersihkan dan Meminimalkan Jerawat serta Bakteri

Jika Anda menggunakan sabun batangan yang sama untuk membersihkan tubuh dan wajah Anda, Anda tidak memberikan manfaat apa pun pada kulit Anda. Kebanyakan sabun batangan memiliki pH tinggi, artinya sabun ini dapat menghilangkan kotoran, namun seringkali juga menghilangkan minyak alami. Hentikan kerusakan dengan membuang sabun batangan dan beralih ke pembersih yang seimbang.

Perawatan kulit tingkat medis memastikan Anda membersihkan wajah dengan benar sekaligus menjaga kelembapannya. Setelah Anda merasakan bagaimana rasanya kulit dibersihkan dengan benar, Anda tidak akan pernah kembali ke kebiasaan lama Anda.

Melawan Kerusakan Sel Akibat Polusi

Mengingat pilihan-pilihan ini bertujuan untuk melembutkan kerutan dan menghaluskan kekasaran, dapat dikatakan bahwa membatasi jenis masalah kulit tersebut akan lebih baik untuk mengobatinya. Karena sebagian besar pria menghabiskan sebagian besar waktunya di kota-kota yang polusinya tinggi, terutama emisi kendaraan bermotor, maka melindungi kulit dari radikal bebas yang berbahaya merupakan hal yang masuk akal.

Menambahkan serum pelindung ke rutinitas harian Anda setelah bercukur dapat membantu menangkis hal-hal buruk ini dan menjaga kulit Anda terlihat dan terasa lebih sehat.

Gunakan Produk Anti Penuaan

Tanyakan kepada dokter kulit mana pun tentang rekomendasi nomor satu mengenai perlindungan dan penuaan kulit, dan jawabannya akan selalu tabir surya. Kebanyakan orang tidak cukup memakainya, dan pria, sayangnya, cenderung melewatkannya hampir seluruhnya.

Tabir surya tidak memberikan hasil langsung yang terlihat atau membuat Anda merasa sangat dimanjakan, tetapi jangan gunakan sekarang juga, dan Anda akan menanggung akibatnya dalam jangka panjang dalam bentuk kerusakan akibat sinar matahari, kerutan, dan kemungkinan kanker kulit.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.