Sukses

Studi: Hewan Peliharaan Bisa Jadi Sarana Terapi untuk Kesehatan Mental

Menurut sebuah survei tahun 2010 oleh Petplan, sembilan dari 10 orang Inggris merasa berada di sekitar hewan peliharaan mereka adalah terapi.

Liputan6.com, Jakarta Setelah seharian bekerja keras, siapa yang Anda cari untuk melepas penat? Pasangan Anda, atau hewan peliharaan Anda? Jika Anda lebih suka berpelukan dengan teman berbulu daripada sesama manusia, Anda tidak sendiri. 

Faktanya, hampir setengah dari orang Inggris menemukan lebih banyak kenyamanan pada hewan peliharaan mereka daripada pasangan mereka, dan 53% orang menganggap hewan peliharaan mereka lebih intuitif daripada pasangan mereka.

Dilansir dari Women’s Health, Minggu (20/8/2023), menurut sebuah survei terhadap orang-orang tahun 2010 oleh Petplan, sembilan dari 10 orang Inggris merasa berada di sekitar hewan peliharaan mereka adalah terapi. Tetapi sementara 58% responden ingin hewan peliharaan mereka ada saat mereka cemas, banyak juga yang menginginkan hewan peliharaan mereka saat saat-saat yang lebih menyenangkan dalam hidup.

Lebih dari separuh orang mengatakan bahwa pada saat-saat paling bahagia dalam hidup mereka, mereka ingin merayakannya dengan hewan peliharaan mereka. 

Tidak mengherankan, anjing dan anak anjing dinilai oleh responden sebagai hewan peliharaan yang paling mungkin memberikan kenyamanan emosional, diikuti oleh kucing dan anak kucing. 

14% orang berpikir kuda paling mungkin menawarkan kenyamanan, dan ular, kura-kura, dan kadal mendapat dukungan dari 6% orang yang merasa teman yang tidak terlalu berbulu ini menawarkan kenyamanan emosional yang kuat.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Hewan peliharaan dapat menawarkan dukungan emosional

Tapi bagaimana hewan peliharaan menawarkan dukungan emosional? Pemilik hewan peliharaan mengatakan bahwa hewan mereka menunjukkan cinta dengan senang melihat mereka, menyenggol mereka, dan meletakkan kepala mereka di pangkuan mereka. Cara lain termasuk hewan peliharaan tetap di sisinya saat mereka sakit atau rendah, dan mengistirahatkan kaki mereka.

Menurut Mental Health Foundation, hewan peliharaan dapat mendukung kesehatan mental Anda dengan memberi Anda rasa aman dan seseorang untuk berbagi hari. Persahabatan mereka juga dapat mengurangi kecemasan dan meningkatkan kepercayaan diri Anda karena mereka menawarkan 'cinta tanpa syarat' dan tidak akan mengkritik Anda.

Sementara itu, Institut Kesehatan Nasional AS mengatakan bahwa berinteraksi dengan hewan telah terbukti menurunkan kadar kortisol, hormon yang berhubungan dengan stres. Pada dasarnya, berada di dekat hewan peliharaan benar-benar dapat memengaruhi suasana hati Anda. 

3 dari 3 halaman

Penelitian menunjukkan bahwa anjing terapi membantu mahasiswa yang stres

Faktanya, penelitian telah menunjukkan bahwa anjing terapi membantu mahasiswa yang stres, dan penelitian tahun 2021 menunjukkan bahwa hewan peliharaan tampaknya meningkatkan kesehatan mental dan kesejahteraan selama isolasi.

Dengan mengingat hal ini, tidak heran jika 71% orang yang disurvei mengatakan hewan peliharaan mereka telah membantu mereka melewati masa terberat dalam hidup mereka, dan lebih dari setengahnya menganggap hewan peliharaan mereka sebagai orang yang paling berempati dalam hidup mereka. Satu hal yang pasti cinta hewan peliharaan jelas tidak bisa diremehkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.